Pojok #UNYuTips

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa

Untuk menuju dunia kerja, biasanya perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang di suatu lembaga yang linear dengan jurusan yang diambil. Mahasiswa bisa memilih tempat magang yang ia inginkan, tentunya dengan memperhatikan bebrapa syarat bahkan ada juga yang memberlakukan sistem seleksi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih  tempat magang, antara lain:

  1. Sesuai dengan Kriteria dari Dosen Pembimbing

Cermati arahan dari dosen pembimbing agar tempat magang yang kamu pilih tidak salah sasaran atau tidak sesuai dengan arahan dari dosen pembimbing. Konsultasikan tempat magang yang kamu bidik kepada dosen pembimbing agar dosen pembimbing dapat memberikan masukan apakah tempat magang tujuanmu sudah sesuai atau belum atau minta rekomendasi dari dosen pembimbing berkaitan dengan tempat magang.

  1. Profil Tempat Magang

Carilah informasi mengenai tempat magang yang akan kamu tuju, lihat bagaimana profilnya apakah sesuai dengan kriteria magangmu. Kamu bisa mencari profil lembaga di internet atau langsung datang ke lokasi. Profil tempat magang ini penting karena kamu bisa mengetahui bagaimana visi dan misi dari suatu lembaga tersebut dan apakah sesuai dengan tempat magang yang kamu cari.

  1. Syarat dan Ketentuan dari Tempat Magang

Biasanya, instansi tempat magang mempunyai syarat dan ketentuan jika ingin magang di tempat tersebut. Tanyakan atau cari informasi berkaitan dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan di tempat magang tujuanmu. Syarat dan ketentuan yang diberlakukan biasanya bermacam-macam, contohnya mengajukan proposal dan menggunakan tes tertentu.

  1. Benefit yang Diperoleh

Benefit atau keuntungan kamu magang di tempat tersebut juga bisa menjadi pertimbangan lho. Kamu bisa mencari tahu, kira-kira apa saja manfaat dan fasilitas yang akan kamu peroleh ketika magang di tempat tersebut. Hal ini berkaitan dengan output yang akan kamu terima setelah selesai magang.

  1. Jarak Tempat Magang

Jarak juga menjadi pertimbangan kamu untuk magang, kalau kamu masih memiliki tanggungan SKS lain pada semester tersebut, biasanya dosen menyarankan kamu untuk magang di tempat yang dekat saja dari kampus. Jika sudah terbebas dari tanggungan SKS lain biasanya kamu diperbolehkan untuk magang ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Jarak juga berkaitan dengn biaya yang akan kamu keluarkan selama magang lho.

  1. Tanyakan Pengalaman Kakak Tingkat

Pengalaman adalah guru terbaik. Kamu bisa mengorek informasi dari kakak tingkatmu perihal tempat magang yang tentunya mereka telah lebih dulu merasakan, siapa tahu tempat magang kakak tingkatmu dulu cocok dengan kriteria tujuan magangmu.

Baca Juga  5 Tantangan Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X