BeasiswaMahasiswaPojok #UNYu

Perkuat Lagi Mimpimu dan Kenalan dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia!

Halo, Sobat UNYu! Semoga selalu sehat lahir batin, ya!

Kalau dipikir-pikir, beasiswa itu ada ragamnya, tapi banyak juga persyaratannya. Saat ada beasiswa yang cocok untuk dicoba, eh ternyata seleksinya super ketat, ditambah pesaingnya yang banyak. Ada aja rintangannya.

foto : beasiswa.kemdikbud.go.id/

Memang, inilah ranah perjuangan yang sebenarnya baru akan Sobat UNYu mulai. Sebagai salah satu fasilitas yang akan mempermudah jalan pendidikan, beasiswa pasti diburu oleh banyak orang. Banyak tahapan seleksi yang diterapkan oleh pihak penyelenggara untuk menjaring para calon awardee (penerima beasiswa) yang berkualitas. Namun, perjuangan yang sebenarnya tak hanya dilalui dengan persiapan berkas-berkas dan wawancara saja, melainkan juga doa-doa yang terus dirapal tiap waktu dan restu keluarga yang menemani proses perjuangan ini. Jadi, tetaplah berjuang mewujudkan mimpi. Jika satu jalan tertutup, masih ada jalan lain. Jika kemarin pernah jatuh, bangkitlah segera dan perbaiki strateginya.

Anyway, apa Sobat UNYu sudah pernah dengar Beasiswa Pendidikan Indonesia? Beasiswa ini memang masih berusia seumur jagung dan wajar jika belum banyak diketahui para calon mahasiswa/mahasiswa. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah salah satu jenis beasiswa yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek.

Dikutip dari buku pedoman yang ada di laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id/, Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia yang merupakan program kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. BPI Kemendikbudristek terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Semua jenis program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 untuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek. BPI Kemendikbudristek telah diluncurkan pada tanggal 22 April 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim, sebagai episode ke-10 dari Kebijakan Merdeka Belajar.

Baca Juga  Untukmu Ladies yang Sedang Mempersiapkan Hari Lebaran

Pendaftaran BPI Kemendikbudristek dibuka hanya sekali, untuk semester ganjil tahun akademik 2022/ 2023, dengan jadwal kegiatan sebagai berikut.

Timeline Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022 (sumber: https://beasiswa.kemdikbud.go.id/)

Jenis-Jenis Beasiswa Pendidikan Indonesia

  • Beasiswa S-1/D-4

Beasiswa S-1/D-4 Calon Guru SMK (Dalam Negeri)

Beasiswa S-1 Pelaku Budaya (Dalam Negeri)

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) (Dalam dan Luar Negeri) coming soon

  • Beasiswa S-2

Beasiswa S-2 (PTA) Perguruan Tinggi Akademik PTA (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

Beasiswa S-2 (PTA) Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Double Degree

Beasiswa S-2 (PTV) Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)

Beasiswa S-2 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dalam Luar Negeri)

Beasiswa S-2 Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

Beasiswa Indonesia Maju (Dalam Negeri dan Luar Negeri) coming soon

  • Beasiswa S3
Baca Juga  Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan

Beasiswa S-3 (PTA) Perguruan Tinggi Akademik (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

Beasiswa S-3 (PTA) Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Dual Degree (Dalam Negeri)

Beasiswa S-3 (PTV) Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)

Beasiswa S-3 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dalam Negeri)

Beasiswa S-3 Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (Luar Negeri)

Beasiswa S-3 Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

Beasiswa S-3 University of Oxford coming soon

Menarik sekali ya BPI ini. Jenis beasiswa ini sangat membuka kesempatan lebar untuk para calon generasi Indonesia mewujudkan mimpinya. Sebagai langkah penyempurnaan, ada beberapa jenis BPI yang masih berstatus cooming soon. Sobat UNYu bisa terus pantau laman resmi BPI agar tahu informasi terbaru. Gimana, masih optimis untuk raih mimpi, kan? Langsung saja cari tahu informasi lengkapnya dengan mengunduh buku panduan di laman resmi https://beasiswa.kemdikbud.go.id/informasi/.

Ingat Sobat UNYu, selalu rapalkan doa serta minta restu dari orang-orang terkasih agar Tuhan menyertai perjuangan kalian. Jangan lupa juga, jika sudah menjadi awardee, manfaatkan rezeki beasiswa yang kalian dapat dengan sebaik-baiknya. Semoga sukses, para pejuang mimpi!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X