PMB UNYPojok #UNYu

PMB Pasca UNY 2020 Sudah Dibuka, Ini Jadwalnya

Halo calon mahasiswa baru, pendaftaran mahasiswa baru UNY telah dibuka loh. Udah gak sabar kan pengen masuk salah satu universitas favorit di Jogja ini. Perasaan senang, juga bercampur deg-degan jangan sampai gak lolos seleksi. Buat kamu yang ingin melanjutkan pada jenjang S2 dan S3 (Program Pascasarjana) bisa simak informasi berikut. Seleksi untuk program S1 memiliki perbedaan dengan S2/S3 (Program Pascasarjana). Secara umum seleksi mahasiswa S2 dan S3 memiliki 2 basis penerimaan yaitu Portofolio dan Ujian Tulis.

Didalamnya memiliki beberapa jalur yaitu Jalur Kuliah (by Course), Penelitian (by Research), Jalur Mix. Bagi yang ingin mengikuti seleksi berbasis portofolio harus melengkapi dan mengunggah dokumen seperti Skor TOEFL, TPA, dan lainnya sesuai perysaratan yang ada. Untuk jalur tulis peserta harus mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dengan materi tes yaitu Tes Potensi Akademik dan Kemampuan Bahasa Inggris. Selain itu ada juga berbasis kerja sama atau biasa disebut dengan Seleksi Mahasiswa PPs Kerja Sama dengan kuota diatur tersendiri.

Besaran biaya pendaftaran untuk Seleksi Mahasiswa Pascasarjana UNY yaitu S2 sebesar Rp. 450.000 atau S3 Rp. 700.000. Jadwal penerimaan sendiri sudah dibuka untuk gelombang pertama yaitu 07 Januari – 14 Maret 2020. Gelombang kedua pada 16 Maret – 13 Juni 2020. Gelombang ketiga pada 22 Juni – 25 Juli 2020. Pastikan dirimu pantau terus jadwalnya agar tidak terlewat di link http://pmb.uny.ac.id/jadwal-pmb-uny-2019/pascasarjana-s2-s3

Selain berbagi tentang info penerimaan mahasiswa baru, kami ingin berbagi tips persiapan ikut seleksi penerimaan mahasiswa baru. Check this out:

  1. Luangkan waktu belajar

Terdengar sangat umum tipsnya, akan tetapi ini merupakan bagian terpenting karena untuk masuk Perguruan Tinggi melalui tes. Tahun lalu 2 macam tes yang diujikan yaitu TPA dan Pro TEFL. Untuk tips mengerjakan 2 jenis soal tersebut banyak beredar diinternet. Saran yang bisa kami berikan yaitu menambah jam belajar mengenai 2 materi tersebut, latihan soal, jika perlu melakukan try out untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita.

  1. Persiapkan berkas baik dalam bentuk hard dan soft copy

Dalam proses pendaftaran ada beberapa berkas yang dibutuhkan seperti, Ijazah, Transkrip nilai, pas foto dan lain-lain untuk di upload pada situs pendaftaran mahasiswa baru. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, selalu siapkan soft copy (berupa file) dalam laptop atau perangkat penyimpananmu. Jika sewaktu-waktu berkas aslinya hilang kamu masih memiliki back-up nya di perangkat penyimpanan.

  1. Jaga kesehatan

Kamu gak mau kan pada saat ujian malah drop karena aktifitas yang tidak bermanfaat? Atau saat waktu masih banyak untuk mengerjakan soal, tiba-tiba lemas, akhirnya gak konsentrasi lagi mengerjakan soal. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga pola makan tetap teratur, istirahat yang cukup agar kondisi tetap fit saat ujian.

  1. Berkabar kepada teman atau keluarga di kota tujuan

Tentu ini akan sangat membantu, apalagi bagi seorang yang baru pertama kali merantau. Jika kita memiliki teman atau keluarga di tempat kita ujian maka hal tersebut akan membantu ketika mencari tempat tinggal sementara, lokasi kampus, tempat ujian bahkan membantu untuk mencari keperluan selama di tempat ujian.

  1. Persiapan sebelum Ujian

Manfaatkan waktu sehari sebelum tes untuk melihat lokasi ujian. Jangan sampai ketika datang waktu ujian malah sibuk mencari ruangan. Selain itu, berusaha untuk datang lebih awal ke lokasi ujian. Jangan lupa sarapan secukupnya. Kemudian periksa kembali perlengkapan ujian seperti kartu identitas, Kartu Ujian, alat tulis menulis atau yang disyaratkan ketika ujian

7. Berdoa

Jangan lupa, iringi setiap aktifitas dengan berdoa agar kita dimudahkan dalam menjalaninya.

Calon mahasiswa baru dapat mengakses informasi terkait PMB UNY di halaman resmi yaitu http://pmb.uny.ac.id/ . Didalamnya terdapat informasi mengenai Pola dan Prosedur pendaftaran, animo dan daya tampung, jadwal pendaftaran, publikasi serta informasi mengenai pendaftaran mahasiswa Internasional. Untuk informasi mengenai Pascasarjana UNY baik dari Program Studi, Akreditasi dan lainnya dapat berkunjung ke situs http://pps.uny.ac.id/

Baca Juga  Daftar Calon Mahasiswa Lulus Seleksi Mandiri UNY 2019

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X