Punya 12 Gedung Baru, UNY Diminta Tingkatkan Kualitas | UNY COMMUNITY
Monday , 22 April 2019
Home / Kabar Kampus / Punya 12 Gedung Baru, UNY Diminta Tingkatkan Kualitas

Punya 12 Gedung Baru, UNY Diminta Tingkatkan Kualitas

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meresmikan 12 gedung baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (2/2/2019). Sebanyak 12 gedung baru tersebut merupakan bantuan Islamic Development Bank (IsDB).

Nasir mengungkapkan pada era Revolusi Industri 4.0, dunia telah berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah membentuk kembali ekonomi dengan 50% dari pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi.

Pergeseran ini niscaya menuntut sistem pendidikan untuk turut berevolusi menyesuaikan diri. “Sebagai upaya transformasi digital, saya yakin UNY telah memulainya. Tahun lalu telah dibangun infrastruktur seperti digital library serta e-learning untuk menyediakan sumber informasi dan pengetahuan berbasis digital, juga sekaligus memperluas misi pelayanan UNY kepada masyarakat. Semoga dapat semakin memperkuat eksistensi UNY dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yang berdaya saing di tingkat lokal, nasional, dan internasional,” ucap Nasir.

Baca Juga  34 Dalang Cilik Beradu Kebolehan dan Kreativitas di Museum Pendidikan UNY
pic : instagram.com/unyofficial/

Menurut dia UNY harus terus meningkatkan kapasitas penelitian dan publikasi yang dihasilkan. “Dalam hal publikasi Internasional, data Scopus per Selasa (30/1), UNY telah menghasilkan 611 dokumen publikasi. Peringkat ke-33 di Indonesia,” ucapnya.

Dengan bertambahnya sarana dan prasarana baru, maka harus berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Karena itu UNY harus terkareditasi baik dan menerapkan budaya mutu secara berkelanjutan.

“Dengan berakrediasi institusi A, dan dari 102 prodi yang terakreditasi BAN-PT 2019, tercatat 62 prodi terakreditasi A dan 40 prodi terakreditasi B. Harapannya, UNY terus meningkatkan mutunya sehingga semakin banyak prodi terakreditasi A dan mempunyai mutu yang diakui secara internasional,” ujarnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang diwakili Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X mengharapkan keberadaan gedung-gedung baru proyek IsDB. UNY akan lebih maju dan berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus akan mendukung koridor Jawa dalam membangun industri dan jasa nasional.

Baca Juga  Mahasiswa PJKR UNY Sumbang Medali Emas di SEA Games 2017 Malaysia

“Saya berharap, dengan keberadaan gedung baru ini, UNY mampu mewujudkan kinerja yang lebih baik, mampu mempertahankan julukan sebagai kampus favorit, kampus pendidikan, kampus merakyat, kampus agamis, mewujudkan sebagai green campus, serta kampus penelitian tiada henti,” ucapnya.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan pembangunan berupa 12 gedung seluas 32.434 dengan sumber dana loan IsDB. “Fungsi gedung adalah sembilan gedung laboratorium, satu gedung perkuliahan umum, satu gedung pertunjukan, dan satu gedung pusat layanan kesehatan dan olahraga,” kata Rektor.

Dia berharap dengan penambahan gedung baru dari Proyek IsDB 7 in 1 UNY tersebut bisa mempercepat UNY menjadi Universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berdasarkan pada ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

sumber : jogjapolitan.harianjogja.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

GERAKAN MENULIS (GELIS)

👥 HIMA PGSD Kampus II FIP UNY 👥 mempersembahkan ✒✏ GERAKAN MENULIS (GELIS) ✏✒ Gelis …

X