Artikel

Resep Bumbu Ayam Bakar Yang Mudah Dan Lezat

Ayam bakar adalah salah satu makanan favorit rakyat Indonesia. Tidak heran jika ayam bakar menjadi makanan yang banyak dicari dan juga dijual. Namun ayam bakar tidak memiliki resep atau bumbu yang sama. Setiap penjual ayam bakar mempunyai ciri khas sendiri. Sehingga dangan mereka laku dan enak untuk dimakan dan banyak pembelinya. Namun jika anda ingin mencoba membuat sendiri bumbu ayam bakar. Mudah aja dibuat di rumah. Anda tinggal mengikuti berbagai resep bumbu ayam bakar berikut ini.

  1. Resep Ayam Bakar Dengan Bumbu Lengkap

Resep pertama bumbu ayam bakar lengkap bisa anda coba di rumah. Anda cukup menyiapkan bumbu lengkap seperti bawang merah 5 buah, bawnag putih 3 buah, kunyit sebanyak 3 buah, ketumbar 1 sendok teh, merica setengah sendok teh, jahe 2 cm, kemiri 4 buah, lengkuas 1 cm, 4 buah batang sereh, garam, gula, dan minyak. Siapkan ayam 1 kilogram saja.

Cara pertama dalam membuat ayam bakar bumbu lengkap adalah dengan menghaluskan semua bahan yaitu haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, jahe, lengkuas, sereh, dan juga kunyit. Kemudian anda tumis menggunakan sedikit minyak sayur. Tumis hingga matang. Lalu anda masukkan ayam yang sudah anda bersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya anda tambahkan air hingga ayamnya tenggelam. Lalu tambahkan garam 1 sendok makan, dan gula 1 setengah sendok maka. Anda masak hinga airnya surut jadi bumbu meresap. Lalu anda siapkan panggangan, anda panggang ayam hingga matang. Jika anda menggunakan panggangan teflon, anda beri sedikit saja minyak diolesi di seluruh wajan.

  1. Resep Ayam Bakar Kecap
Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi 4ICU Juli 2018

Resep bumbu ayam bakar berikut ini mungkin lebih sederhana. Sehingga anda mudah saja mengikutinya. Bahan-bahan yang disiapkan juga tidak banyak. Anda hanya perlu menyiapkan ayam kampung 1 ekor yang sudah dipotong-potong. Selanjutnya anda siapan juga bawang merah 3 buah, bawnag putih 1 buah, 3 buah kunyit, garam, dan minyak. Tentunya anda siapkan juga kecap manis merek favorit anda.

Cara memasak ayam bakar kecap ini, anda rebus dahulu ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang dan kunyit. Jangan lupa ketika merebus, tambahkan garam. Lalu setelag ayam empuk dan matang. Anda berikan kecap manis. Lalu dipanggang di panggangan ayam. Saat memanggang, anda juga berikan kecap. Lalu panggang hingga matang. Untuk bumbunya, anda bisa makan dengan sambal dabu-dabu.

  1. Resep Ayam Bakar Madu
Baca Juga  Mengenal SPOTS ‘Aplikasi Kasir ‘ Jaman Now Untuk Bantu Usahamu !

Ayam bakar madu sekarang ini sedang banyak dicari karena memiliki rasa yang khas. Perpaduan antara rasa guris dan manis. Ayam bakar madu mampu memberikan sensasi makan yang berbeda. Jika anda tertarik untuk membuat ayam bakar madu. Anda siapkan bahan-bahannya. Siapkan 1 kilogram ayam, madu asli, garam, madu, kunyit, bawang merah dan putih, ketumbar secukupnya.

Untuk membuat ayam bakar ini mudah saja. Tentu anda harus membuat halus bumbunya untuk merebus ayam. Anda bisa menghaluskan dengan blender bumbu. Setelah anda menghaluskan bawang emrah, bawang putih, kunyit, dan ketumbar. Langsung saja anda menumis bumbunya. Kemudian taruh ayam di dalamnya. Aduk hingga bumbu terkena ke semua ayam. Selanjutnya berikan air lumayan banyak hingga terendamnya ayam. Setelah matang ayamnya. Anda tiriskan. Lalu bakar ayam. Ketika setengah proses pembakaran, anda oleskan madu di seluruh ayam. Lalau sajikan sengan sambal.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X