Kabar KampusPrestasi

ROSEMERY UNY Kembali Raih Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia 2020 Regional II

YOGYAKARTA – Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional tahun 2020 telah dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan Budaya dan Institut Teknologi Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Akan tetapi Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan kondisi pandemic ini mengharuskan setiap masyarakat menjaga jarak sehingga Kontes Robot Indonesia harus diselenggarakan melalui online di tempat masing-masing.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Mengajukan empat tim di kontes ini, yaitu Tim Mobo-Evo dalam Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia, Tim Gareng Punk dalam Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, Tim Al-‘Adiyaat dalam Kontes Robot Sepak Bola Humanoid Indonesia, dan Tim Rosemery dalam Kontes Robot Seni Tari Indonesia.

 

Tim Rosemery terdiri dari dua buah robot kembar yang lihai menari sesuai dengan tema Kontes Robot Seni Tari Indonesi (KRSTI) tahun ini, yaitu Tari Enggang yang berasal dari tarian Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur.

Perjuangan yang dihadapi Rosemery selama kontes berlangsung tidaklah mudah dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Masalah-masalah beruntun tersebut dihadapi ketika Rosemery berada pada babak-babak sebelimnya, seperti kurang serasinya gerakan, terjatuhnya robot, hingga masalah hardware yang tiada ujungnya. Sedangkan tim dari beberapa Perguruan Tinggi lainnya berusaha untuk menampilkan yang terbaik, seperti UGM, PENS, ITS yang difavoritkan juara. Setelah melalui perjalanan yang cukup berat akhirnya semua kendala yang terjadi dapat teratasi dengan baik, semua itu berkat kekuatan tim dan do’a dari semua pendukung termasuk civitas akademika UNY. Perjuangan Tim Rosemery terbayar dengan berhasil meraih juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) Regional II yang dibacakan oleh Dewan Juri Prof. Dr. Benyamin Kusumoputro Guru Besar Universitas Indonesia, dengan mendapatkan nilai tertinggi dari 17 tim yang berasal dari 17 universitas berbeda seluruh indonesia. “Alhamdulilah akhirnya kita bisa kembali juara lagi walaupun masih ditingkat wilayah tapi serasa nasional. perjuangan kami belum selesai kami harus bisa menjuarai juga ditingkat nasional mengingat tim2 lain pasti mempersiapkan strategi baru nya dan kita juga harus bisa mempertahankan nya. mohon doa dan support nya”, pungkas Julizar selaku ketua Tim Rosemery.

Baca Juga  UNY Wisuda 996 Lulusan, 237 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

Dari 17 tim tersebut di ambil juara 1, 2, 3 dan juara harapan untuk melaju ke Kontes Robot Seni Tari Indonesia dalam Tingkat Naional, dan hasil dari lomba Kontes Robot Seni Tari Indonesia tingkat regional II yaitu : Juara 1 di menangkan oleh Tim Rosemery Universits Negeri Yogyakarta, Juara 2 di menangkan oleh Tim Erisa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Juara 3 di menangkan oleh Tim Viros Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Juara Harapan dimenangkan oleh Tim Alfan Universitas Gajah Mada. Dari hasil tersebut maka ke empat tim berhak maju ke Kontes Robot Seni Tari Indonesia Tingkat Nasional dan akan bertemu Tim juara 1, 2, 3 dan juara harapan dari Regional 1. (Al-Fina Khusnaini )

Baca Juga  Pengumuman Cuti Bersama Idul Fitri 2017 UNY

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X