Pojok #UNYuTips

Selain Rebahan, inilah Kegiatan Positif Untukmu Selama di Rumah Saja

Kalian pasti dengar kan istilah tersebut, “kalau kamu bermimpi menjadi pahlawan, mungkin ini saatnya “ atau “ Sekarang gak perlu lagi berperang, cukup dengan rebahan dirumah saja kita menjadi pahlawan “. Menjadi pahlawan dengan rebahan, apakah bisa? Terus bagaimana dengan mereka yang berada di garda terdepan untuk menangani virus Covid-19. Seperti para dokter, perawat, petugas keamanan dan lainnya. Apakah dengan rebahan saja cukup? Bukannya dengan banyak rebahan makin menurunkan kebugaran? Mungkin ini beberapa pertanyaan sebelum kita menganggap bahwa hanya dengan rebahan kita sudah menjadi pahlawan. Padahal diluar sana banyak orang yang sedang berjuang untuk melawan corona, kita tidak bisa rebahan saja.

Memang saat ini dianjurkan untuk dirumah saja, namun bukan berarti kita hanya rebahan atau bermalas-malasan. Bukankan kita telah merasakannya, setelah menjalani masa isolasi beberapa hari keadaan makin mengkhawatirkan. Kasus positif Covid 19 makin bertambah, ekonomi memburuk, para pekerja harus mencari tambahan pemasukan dengan cara lain karena tempat bekerja ditutup. Kekhawatiran dengan keluarga, sahabat, teman-teman dan orang-orang yang kita cintai. Masihkan kita menganggap dengan rebahan sudah cukup?

Baca Juga  Nurul, Anak Buruh Bangunan Peraih IPK 4.0 di UNY

Tentu saja tidak, masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Meski dari rumah, kita bisa ikut kontribusi untuk memperbaiki keadaan yang ada. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Solidaritas

Kenyataan sekarang adalah banyak korban jatuh dari tenaga kesehatan, pekerja kehilangan mata pencaharian dan berbagai macam dampak akibat Covid-19. Tentu saja ini tidak bisa diselesaikan satu dua orang saja, atau pemerintah, atau tenaga kesehatan. Kita semua bisa berpartisipasi, minimal meringankan pekerjaan yang ada. Misalnya dengan gotong royong, donasi, memberikan atmosfir optimisme bahwa kita akan melewati semua ini secara bersama-sama.

  1. Mendukung satu sama lain

Kesepian, kesendirian, kebosanan musuh terberat saat ini. Melawan hal tersebut sama dengan melawan kemungkinan virus masuk ke tubuh kita. Dampak dari stress bisa menurunkan imunitas, hal tersebut harus dicegah. Menelpon keluarga, teman, video call, bermain game agar kondisi batin kita tetap terjaga

  1. Mempelajari tentang Covid 19
Baca Juga  Keistimewaan Prodi D4 Administrasi Perkantoran

“ Logika mengalahkan kepanikan, pengetahuan mengalahkan ketakutan” (Drh. Indro). Mencari informasi mengenai Covid-19 akan membuat diri kita lebih berhati-hati dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Hal ini akan menurunkan resiko terjangkit virus. Beda rasanya jika kita tau dan paham, jika tidak yang terjadi adalah kepanikan dan ketakutan. Belajar tentang bagaimana cara penularan, cara mencegahnya, asupan yang bisa kita makan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa menghindarkan kita dari bahaya Covid-19.

Ketika semua usaha telah dilakukan, iringi dengan do’a, agar Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Penyayang memberikan jalan keluar untuk setiap musibah yang ada, mengakhiri musibah yang terjadi di Bumi.  Jadi masih berpikiran dengan rebahan bisa jadi pahlawan? Itu tidak cukup, masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk sama-sama melawan Covid-19.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X