Pojok #UNYuUNY Banget

Selamat Datang Bulan Januari 2020

Bulan desember akan segera berakhir, dimana orang-orang mulai bersiap untuk liburan diakhir tahun. Namun tidak dengan mahasiswa UNY, mereka masih disibukkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS).

Minggu tenang, rasanya tidak tenang karena masih berjibaku dengan tugas serta UAS. Ada dosen yang memberikan tugasnya di minggu tenang dan akan dikumpul pada bulan januari. Selain itu ada juga dosen yang memberikannya saat jadwal UAS tiba yaitu dibulan januari.

Tentu hal tersebut menjadi bahan pikiran mahasiswa. Ketika mereka ingin liburan, ternyata masih ada tugas yang mereka harus kerjakan. Ditambah dengan rasa rindu terhadap keluarga, membuat hati makin bergejolak.

Beruntung jika dosennya memberikan UAS sebelum minggu tenang atau sebelum akhir tahun. Jadi mahasiswanya memiliki kesempatan untuk berlibur atau pulang kampung menemui keluarga mereka.

Meski hanya beberapa minggu, karena mereka harus kembali pada bulan januari untuk mengikuti kuliah perdana.  Seperti sebuah koin dengan 2 sisi yang berbeda, begitu pun dengan bulan januari.

Disatu sisi ada kesempatan untuk berlibur, menikmati hari bersama dengan orang yang dicintai. Berkunjung dirumah keluarga, teman, tempat wisata, atau hanya ingin menikmati hari seorang diri.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dalam Berbagai Profesi Lulusan Jurusan Akuntansi

Tapi disisi lain, pelaksanaan UAS menunggu dan kita butuh persiapan dalam menghadapinya. Tentu kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik, terlebih bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa ada standar yang harus dipenuhi.

Situasi inilah yang akan menguji sikap serta prioritas dalam menentukan pilihan, yang akan berdampak pada kehidupan kita selanjutnya. Terlepas dari itu semua, hari-hari yang telah kita lalui baik secara mudah ataupun berat bahkan hari terburuk pun akan tetap kita lewati.

Tinggal menghitung hari kita akan memasuki tahun 2020, meninggalkan segala yang telah terjadi sepanjang tahun ini. Bagi mahasiswa baru, ini merupakan kesan pertama merasakan menjadi seorang mahasiswa, mempunyai teman baru, lingkungan baru serta merasakan jadi anak kos-kosan. Sedangkan bagi mahasiswa tingkat akhir, tahun ini adalah pengingat untuk segera bergegas menyelesaikan skripsi, jangan lagi menunda-nunda, keluarga menunggu berharap hasil yang terbaik.

Baca Juga  Pakaian mahasiswa PPL vs Pakaian Guru

Tidak hanya itu, perasaan senang, bahagia, sedih, kecewa, bahkan putus asa pernah menghampiri. Kejadian-kejadian tersebut merupakan sebuah realitas yang harus diterima, kita harus menyadari bahwa dinamika kehidupan akan menjadikan kita lebih dewasa. Kita tidak mungkin terus menerus hidup di masa lalu, padahal ada kehidupan saat ini yang harus dijalani. Ketika hari baru datang, yakinilah disitu terdapat harapan baru atas segala rasa putus asa yang kita alami.

Ada kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dibuat. Termasuk memaafkan serta melupakan keburukan-keburukan yang telah diperbuat oleh orang lain terhadap kita. Berharap tahun 2020 akan menjadi tahun terbaik bagi kita, dimana segala mimpi dan harapan yang telah kita rencanakan akan tercapai.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X