Artikel

Serba-Serbi Mengenai Quick Response

Saat  ingin membeli sesuatu di ritel swalayan sekarang ini kita bisa dibantu dengan melihat harga barang melaui cara scan kode. Di era millenial seperti sekarang ini pembayaran sering sudah dialihkan secara masif pada dasar-dasar server based, dompet elektronik, bahkan melalui sistem Quick Response.

Ada yang sudah akrab dengan Quick Response? Quick response atau biasa ditulis QR disebut-sebut mampu memangkas cara pembayaran sekaligus mendorong efisiensi perekonomian. Bahkan baru-baru ini Bank Indonesia telah meluncurukan QRIS (QR Indonesian Standart) sebagai upaya dukungan terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia.

Lalu apa saja serba-serbi mengenai kode QR ? Berikut ini ulasannya

  1. Apa itu Quick Response Code ?

Quick Response Code merupakan kode dalam bentuk-bentuk kotak besar dan kecil tidak beraturan. Salah satu jenis dari kode QR ialah kode batang dua dimensi berbentuk dua matriks yang dikembangkan oleh Danso Wave ,perusahaan asal Jepang

Dalam perspektif Bahasa Indonesia, QR dirtikan sebagai respon cepat yang digunakan untuk menyampaikan informasi pada kode dengan cepat.

  1. Kode QR ialah bukti perkembangan jaman

Pergerakan jaman yang kian maju, membuat Kode QR sebagai sebuah solusi dimana bisa digunakan untuk menyimpan informasi baik secara pengkodean vertical maupun horizontal  dengan kapasitas yang tinggi.

  1. Isi Kode Quick Response Code

Secara umum ,isi dalam sebuah Kode QR ialah data numerik kurang lebih mencapai 7.089 karakter ,data alphanumerik sebanyak 4.296 karakter bahkan bisa mencakup kode bineri sebanyak 2.844 byte. Selain itu, kode QR juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari kode batang. Wah rumit juga ya ternyata.

  1. Cara Kerja Kode QR

Cara untuk kerja Kode QR sendiri sangatlah beragam tergantung keinginan pengguna. Secara singkat kode QR ialah pintu lain dimana pengguna akan diarahkan melakukan pemindaian melalui perangkat elektroniknya tanpa perlu mencari dan mengetikan pemindaian.

  1. Cara Penggunaan Kode QR

Kode QR sendiri dapat digunakan pada ponsel yang memiliki akses internet untuk menghubungkan ponsel pada situs yang akan dituju atau juga bisa melalui aplikasi peramban  pembaca kode. Setelah program terbaca, pengguna mengarahkan kamera pada kode QR. Dan,selanjutnya akan secara otomatis pembaca kode akan menerjemahkan data dan informasi yang telah ditanam.

  1. Kelebihan Kode QR

Dalam banyak lini kehidupan yang terus berkembang dan terkoneksi dengan digitalisasi, Kode QR mampu menjadi solusi penyimpanan sistem data. Selain tahan terhadap kerusakan dan simbol kode QR rusak pun, tetap mampu menerjemahkan informasi sepanjang 360 derajat.

  1. Transaksi Lancar dengan Pemanfaatan Kode QR Standar !

Saat ini, Kode QR banyak berperan penting dalam ragam proses transaksi.Kode QR menjadi penghubung lain pada bagian pemasaran untuk mengefektifkan penulisan arah promosi misalnya “ Kunjungi Situs Kami untuk informasi lebih lanjut “. Melalui pemindaian, agen penjualan mampu melakukan arahan transaksi lebih sederhana.

Baca Juga  Keren, Mahasiswa Indonesia Rajai Lomba Mobil Hemat Energi

Melalui sisi-sisi pada Kode QR seperti maklumat versi, maklumat format, kekunci data dan zon senyap serta pola yang dikehendaki Anda dapat melakukan transaksi secara mudah.

Pada banyak aplikasi komersialpun sekarang sudah diorientasikan pada bentuk fungsionalitas utama berupa pemindai data yang dapat digunakan untuk mendapat informasi secara tepat dengan respons yang tepat pula.

Dalam banyak kepentingan komersial, desain QR bisa digunakan untuk memasukkan logo perusahaan bahkan video klip hingga foto tentunya tanpa menghilangkan substansi informasi apapun dari sumber yang dimasukkan.

Dalam transaksi pun, melalui kode QR para pelanggan bisa diarahkan langsung untuk mengunjungi situs penjualan.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X