Pojok #UNYuTips

Siap Wisuda Online? Lakukan Tips Berikut Agar Wisuda Online-mu Berkesan!

Halo, Sahabat UNYu!

Di situasi pandemi COVID-19 seperti ini, terjadi perombakan di sistem pendidikan. Mahasiswa yang akan melakukan wisuda tahun 2020 ini juga mengalami dampaknya. Impian merayakan wisuda tatap muka yang meriah dan memakai toga kebanggaan ternyata harus pupus. Semua harus dilakukan secara daring (online), termasuk prosesi wisuda.

Sumber: voaindonesia.com

Untuk sahabat UNYu yang akan merayakan wisudanya di tahun 2020 jangan bersedih ya. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar memori kelulusanmu tetap mengesankan walaupun dilakukan di rumah aja 😉

  1. Persiapkan acara wisuda online-mu dengan sebaik mungkin

Sebelum prosesi wisuda online dari kampus dilaksanakan, cermati peraturan yang telah dibuat oleh pihak kampus. Jangan lupa juga pastikan perangkat keras yang digunakan dalam kondisi baik dan jaringan internet stabil. Jangan sampai ya prosesi wisuda online-mu berjalan tidak lancar hanya karena persiapan teknis yang kurang matang.

  1. Dekor sebagian ruang dari rumahmu sebagai background untuk sesi foto bersama orang tersayang

Beberapa minggu yang lalu, di media sosial Instagram ramai tagar #WisudaLDR2020. Gagasan ini dicetuskan oleh Najwa Shihab yang ingin menghibur para mahasiswa yang tahun ini tak bisa merayakan wisuda seperti tahun-tahun sebelumnya. Najwa Shihab mengajak para mahasiswa di Indonesia melakukan video call bersama untuk merayakan kelulusan mereka. Sebelum acara berlangsung, para mahasiswa tersebut dibebaskan untuk mendekor sebagian ruang di rumahnya sekreatif dan semenarik mungkin. Mereka juga disilakan untuk memakai busana wisuda/kebaya agar bisa merasakan euforia layaknya acara wisuda pada tahun-tahun sebelumnya.

Nah, Sahabat UNYu juga bisa meniru nih dengan menghias sebagian ruang sekreatif mungkin untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang. Tak perlu biaya mahal, kamu bisa memanfaatkan gorden atau lampu kerlip yang ada di rumah. Sebagai pemanis, bisa juga menambahkan beberapa balon dan tulisan estetik “Happy Graduation” sesuai kreativitas kamu. Setelah proses dekorasi selesai, jangan lupa abadikan momen dengan orang-orang tersayang ya! Jika misalkan kamu udah terlanjur beli kebaya atau busana wisuda, ngga perlu kecewa. Kamu bisa pakai busana itu untuk berfoto ria dengan orang tersayang di ruang yang telah kamu dekor tadi!

  1. Rayakan kelulusan kamu bersama teman-teman secara virtual

Walau situasi pandemi COVID-19 membuat kamu tak bisa bertemu teman-teman secara langsung, kamu tetap bisa merayakan kelulusan kamu secara virtual lho. Ada banyak fasilitas video call yang bisa dimanfaatkan, seperti Zoom, Google Meet, atau fasilitas video call di WhatsApp. Izinkan teman-teman kamu menyaksikan wajah bahagia kamu yang telah diwisuda online.

  1. Susun rencanamu jika pandemi ini telah usai

Sebagai mahasiswa, momen wisuda memang sangatlah menggembirakan. Namun, jangan lupa buat list/daftar yang akan kamu lakukan setelah resmi mendapatkan gelar dari almamater. Kamu dapat merencanakan sesuatu yang ingin kamu lakukan, misalnya menjadi freelancer, mencoba membuka usaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Baca Juga  Pendidikan Matematika UNY ? Bukan Sekadar Hitung-Hitung, Berikut 11 Faktanya

Nah, berikut adalah tips supaya kamu dapat merayakan wisuda online meski harus di rumah aja. Janganlah bersedih jika perayaan kelulusan hanya dilakukan di rumah, tanpa euforia yang meriah nan megah. Kamu telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik. Kamu juga sangat tangguh untuk melalui setiap tantangan selama kuliah. Selamat atas kelulusanmu ya!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017

Related Articles

Back to top button
Close
X