Suka Duka Menjadi Mahasiswa Asing | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Suka Duka Menjadi Mahasiswa Jurusan Bahasa Asing

Suka Duka Menjadi Mahasiswa Jurusan Bahasa Asing

Guten Morgen. Bonjour. Danke. Arigatto. Gomawo. Ich liebe dich.

Ada yang tahu artinya?

pic : wovgo.com

Yang tahu artinya berarti cocok untuk berkunjung dan menempuh pendidikan ke negara pemilik bahasa tersebut. Selamat ya bagi kamu yang sudah berhasil memasuki jurusan bahasa terutama bahasa asing yang notabenenya bukan merupakan bahasa ibu. Berbagai motif tentu saja melatarbelakangi para mahasiswa yang memilih jurusan tersebut. Lantas bagaimana kira-kira kisah suka dan duka mereka selama kegiatan perkuliahan?

  1. Wah, kamu pasti pinter banget bahasa asing, ajarin dong !

Ekspresi ini seringkali ‘menodong’ para mahasiswa manakala telah diterima di salah satu perguruan tinggi. Ada semacam rasa bangga karena mereka mampu ngomong cas-cis-cus melalui bahasa asing. Ada yang beranggapan bahwa mahasiswa jurusan bahasa asing memang ahli dalam bahasa tertentu. Namun siapa sangka bahwa ketertarikan akan suatu bahasa justru baru muncul ketika hendak mendaftar di salah satu perguruan tinggi. Tidak ada yang salah. Yang ada adalah semangat untuk mengayakan diri dengan ilmu.

  1. Udah sampai halaman berapa?

Pertanyaan ini seringkali ‘membobol’ pertahanan bacaan para mahasiswa bahasa asing. Boro-boro sampai halaman berapa, satu paragraf saja belum tentu paham maknanya. Haha. Bahasa asing memang tidak mudah bagi para penutur bahasa asing. Hal ini disebabkan banyak faktor seperti kemampuan competence dan performance tiap individu yang berbeda-beda yang dikemukakan oleh seorang ahli bahasa. Apasih competence dan performance? Coba baca buku yang berbahasa asing, terutama bahasa Inggris biar paham maknanya. Hehe.

  1. Kamu pasti udah lolos TOEFL ya, kasih tips dong!

TOEFL? Sejenis apakah itu? Itu-loh tes yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan berbahasa asing, khususon bahasa Inggris. Mahasiswa bahasa Inggris biasanya diperlakukan spesial yaitu harus memiliki skor TOEFL melebihi rata-rata mahasiswa jurusan lain. Yang perlu diingat mahasiswa bahasa Inggris juga masih manusia, jadi kamu tidak bisa serta merta menebak bahwa All of the English students have been succeed in their TOEFL test.

  1. Revisi paper berapa kali?

Ini adalah ungkapan paling nyesek yang sering dilontarkan seorang teman dari jurusan lain biasanya. Hehe, teman kok suka gitu ya? Well, secara logika grammar yang diaplikasikan dalam bahasa asing sudah barang tentu berbeda dengan grammar bahasa ibu seseorang.  Dari struktur syntax, semantics, morphology, phonology, dan lain-lainnya itu tidak sepenuhnya sama, meskipun ada beberapa yang masih berada dalam family trees yang sama. Family trees apaan sih, Kak? Family trees itu rumpun, Dik. Kalau kurang jelas coba tanyakan sahaja ke ‘rumpun yang bergoyang’. Jadi keliru dalam penulisan yang menyebabkan revisi paper beberapa kali itu, I think it is acceptable. You just need to learn, learn, and learn again. Never lose your sense of wonder.

  1. Kalau sudah lulus bisa kuliah ke luar negeri dong?

Siapa yang tidak mau kuliah ke luar negeri? Sudah barang tentu tertarik dong. Nah, beruntungnya mahasiswa bahasa asing sudah mulai akrab dengan bahasa yang digunakan oleh negara tertentu. Setidaknya mereka sudah punya background knowledge tentang budaya suatu negara tersebut. Thus, they just need to action. Yuk, mulai wujudkan mimpi kamu untuk kuliah ke luar negeri. Sebab berdiam di kandang sendiri tidaklah selamanya memerdekakan diri. Lakukanlah perjalanan di muka bumi dan belajarlah dari perjalananmu itu.

Baca Juga  3 Alasan Klasik Mahasiswa Menunda Tugas Kuliah

Okay, that’s all about the life of foreign language takers. Suka itu bisa jadi duka, dan duka itu juga bisa jadi suka. People are not in your shoes, just keep holding on.

Good things take time, dear. Fighting !!

About Retna Ikawati

Pengagum Bau Hujan, Se-Bar Nada-Nada dan Aroma Buku Baru

Check Also

Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan

What’s up guys? Menjadi mahasiswa adalah sebuah niscaya untuk menjadi anak kost-kostan terutama kamu para …