intip JurusanPojok #UNYu

Kamu Suka Hal-Hal Berbau Otomatisasi? Kuliah di Teknik Mekatronika UNY Saja

Halo, Sobat #UNYu di mana pun kalian berada! Gimana kabarnya hari ini? Masih semangat kan untuk menjalani hari? Harus selalu semangat dong…

By the way, sebagai seorang mahasiswa/calon mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta, kalian tahu ngga sih, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki beberapa prodi yang berfokus dalam hal keteknikan. Salah satu prodi yang berfokus kepada keteknikan tepatnya otomatisasi di kampus biru ini adalah Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika. Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik ini sudah berakreditasi A serta pada dasarnya prodi ini punya lapangan kerja yang luas banget lho. Jadi, prodi ini bisa banget kamu jadiin referensi buat kamu yang masih bingung buat nentuin jurusan kuliah kamu ke depannya. Namun selain hal itu, sebelum masuk ke prodi ini, ada beberapa informasi atau fakta tambahan yang bisa makin memperkuatkan tekadmu buat masuk ke prodi ini.

foto : dokument pribadi

Dan daripada penasaran, yuk simak beberapa fakta tentang Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika di UNY.

  • Prodi ini cocok buat kamu yang suka dengan hal yang berbau otomatisasi

Fakta pertama dari prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik ini yaitu prodi ini bakal cocok banget buat kamu yang suka atau minat dengan hal-hal yang berbau otomatisasi atau  hal- hal yang berbau robotic. Dalam prodi ini kalian bakal belajar mulai dari apa aja sih sensor yang digunain dalam otomatisasi sebuah robot atau otomatisasi dalam sebuah industri. Gimana sih sistem kendali dalam sebuah otomatisasi itu. Gimana sih sistem logika berbasis kendali mikroprosesor itu serta ilmu-ilmu berbau otomatisasi atau robotic lainnya.

  • Lapangan kerja untuk lulusan di prodi ini cukup luas
Baca Juga  5 Atmosfer dari FBS UNY yang boleh kamu yakini kebenarannya

Fakta kedua dari Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika ini adalah lapangan kerja buat lulusan ini yang cukup luas. Meskipun berada di bawah naungan pendidikan, namun lulusan dari prodi ini ngga melulu jadi seorang guru. Banyak juga lulusan dari prodi ini yang bekerja di industri-industri besar di Indonesia maupun mencoba buat berwirausaha. Hal ini karena ngga terlepas dari sebuah fakta di era 4.0 ini otomatisasi dalam sebuah industri sedang gencar-gencarnya digalakkan. Oleh karena itu, selain dalam hal pendidikan, lulusan prodi ini juga memiliki masa depan atau prospek kerja yang cerah ke depannya dalam sebuah dunia industri.

  • Prodi ini cocok buat kamu yang suka dengan pelajaran praktik

Fakta ketiga dari prodi ini adalah karena prodi ini berada dalam naungan Fakultas Teknik. Tentu saja sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa prodi ini lebih banyak mempelajari pelajaran praktikum dibandingkan dengan pelajaran teori. Jika kamu masuk ke dalam prodi ini, kamu bakal ngalamin praktik-praktik yang pasti seru banget buat dijalanin seperti praktik pemrograman, praktik elektronika, dan praktik-praktik seru lainnya. So, buat kamu yang emang di sekolah punya antusiasme yang lebih atau lebih seneng dengan mata pelajaran praktikum, Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika ini bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan buat kamu dalami.

  • Prodi ini ngga melulu mempelajari tentang elektro
Baca Juga  Permudah Penyusunan Artikel Ilmiah dengan Tool Berikut Ini

Fakta terakhir dari prodi yang berada dalam Fakultas Teknik ini, meskipun berada di bawah naungan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika di UNY ini ngga hanya melulu mempelajari tentang elektro. Dalam prodi ini kamu juga bakal diajarin mengenai bagaimana sih pemrograman dasar, ilmu kecerdasan buatan (AI), dan ilmu-ilmu lainnya yang berhubungan dengan robot dan otomatisasi yang pasti bakal berguna banget buat ke depannya.

Jadi, itu dia beberapa fakta mengenai Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika di UNY. Prodi ini bisa banget kamu jadiin tujuan buat rekomendasi jurusan perkuliahanmu, Karena selain prodi ini udah berakreditasi A, prodi ini juga punya lapangan kerja yang luas ke depannya. Jadi, tunggu apalagi, mantapkan dirimu dan tekadmu buat coba mendalami prodi ini di perkuliahan. Akhir kata, jangan pernah berhenti bermimpi dan janganlah takut untuk mencoba. Karena tanpa adanya suatu usaha, maka suatu mimpi akan sukar untuk dapat terwujud.

Related Articles

Back to top button
X