Terobosan Baru Penyembuhan Luka pada Kulit: ABIS MACA | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Terobosan Baru Penyembuhan Luka pada Kulit: ABIS MACA

Terobosan Baru Penyembuhan Luka pada Kulit: ABIS MACA

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang terkenal dengan keanekaragaman tanamannya yang dapat digunakan sebagai obat. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kersen. Tanaman kersen atau biasanya disebut tanaman talok ternyata mempunyai banyak khasiat walaupun merupakan sebuah tanaman liar. Saat ini masyarakat lebih tertarik pada pengobatan herbal karena dinilai lebih aman dan tanpa efek samping. Selain harganya yang terjangkau, obat herbal juga mengandung lebih sedikit bahan kimia sehingga mengurangi resiko penyakit lebih lanjut.

Di lingkungan masyarakat sendiri, luka pada kulit sangat rawan terjadi. Entah itu di lingkungan anak-anak, kerja ataupun di rumah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti antibiotik adalah pemanfaatan bahan alam tumbuhan, misalnya daun kersen (Muntingia calabura) yang memiliki kandungan senyawa tanin, flavonoid dan saponin sebagai senyawa antibakteri (Prawira,2013). Pengganti antibiotik tersebut telah mendapat terobosan baru.

Baca Juga  APESAT, Alat Pendeteksi Saluran Air Tertutup

ABIS MACA adalah Antiseptik Bio-Sprayer Muntingia Calabura yang dibuat dari bahan-bahan herbal dengan bahan utama Daun Kersen. Daun kersen mempunyai kandungan flavonoid yang mampu menghambat penyebaran bakteri dan dapat mempercepat penyembuhan luka.

Terobosan ini dibuat oleh kelompok penelitian FMIPA UNY yaitu Fajar Meirani (Pend. Matematika 2016), Intania Betari Miranda (Pend.kimia 2015), Ashma Nur Hanifah (Pend.Matematika 2016), Listika Wibawaning Putri (Pend.kimia 2016) untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar dan untuk menyelamatkan umat. Produk ini tidak hanya herbal tetapi juga praktis dan dapat dibawa kemanapun saat bepergian. Tidak perlu dioles memakai tangan, hanya tinggal disemprot dan kebersihannya terjamin. Penggunaan Bio-Sprayer dengan bahan baku daun kersen diharapkan dapat menciptakan inovasi antiseptik berupa cairan herbal melalui bahan alami yang belum termanfaatkan secara optimal. (Fajar Meirani)

Baca Juga  Pratiwi Adhiati, Sumbang Emas Dalam PON 2016 Bandung

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

FOOD, FASHION, AND BEAUTY TRAINING

HIMAGANA Fakultas Teknik UNYdengan rendah hati mempersembahkan  💅🏻 FOOD, FASHION, AND BEAUTY TRAINING💅🏻 🏢 : KPLT …