Tipe-tipe Mahasiswa yang Ingin Segera Skripsi | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Tipe-tipe Mahasiswa yang Ingin Segera Skripsi

Tipe-tipe Mahasiswa yang Ingin Segera Skripsi

Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa yang wajib dikerjakan demi tercapainya gelar sarjana. Ada yang bilang kalau skripsi itu mudah dikerjakan, ada pula yang bilang kalau skripsi itu susah dikerjakan. Banyak revisi. Banyak coretan dari dosen pembimbing. Banyak derita katanya. Itu sih pengalaman dari kakak tingkat yang kemungkinan belum bisa menyikapi skripsi dengan baik. Dari pengalaman kakak tingkat tersebut, biasanya dosen memberikan petuah kepada mahasiswa yang belum pada tahap penulisan skripsi. Sehingga mahasiswa yang bisa dikategorikan adik tingkat yang belum pada tahap penulisan skripsi memiliki gambaran tentang skripsi sehingga bisa mempersiapkannya dengan matang. Dan pengalaman pahit kakak tingkat tersebut agar tidak terjadi pada dirinya. Sehingga ada pula sebenarnya mahasiswa yang ingin segera skripsi dan merasakan bagaimana skripsi itu. Berikut tipe-tipe mahasiswa yang ingin segera skripsi.

1. Datang ke perpustakaan dan baca skripsi kakak tingkat

Datang ke perpustakaan dan baca skripsi kakak tingkat

Karena ingin segera skripsi, maka si mahasiswa memulai langkah dari awal yaitu mencoba membaca skripsi kakak tingkat. Biasanya si mahasiswa mulai terkagum-kagum dengan skripsi yang tebel, berat, nilainya A pula. Hal ini bisa menjadi dorongan si mahasiswa agar mencontoh kakak tingkatnya. Dimulai dengan baca Bab I, Bab II, hingga Bab selanjutnya, maka dengan seringnya si mahasiswa membaca skripsi kakak tingkat, ia semakin tahu pula bagaimana urutan penulisan skripsi, misalnya mulai dari latar belakang, kajian teori, pembahasan, hingga kesimpulan. Selain itu si mahasiswa juga semakin banyak referensi tentang contoh kasus yang sudah ada.

Baca Juga  Semalam Bersama Bu Sumirah

2. Mulai terpikirkan kasus apa yang ingin dibahas di skripsinya kelak

Mulai terpikirkan kasus apa yang ingin dibahas di skripsinya kelak

Dosen biasanya memberi petuah agar tidak membuat skripsi yang sudah sering dibahas oleh orang lain. Usahakan untuk mencari kasus yang belum pernah dibahas orang lain atau paling tidak penelitian tentang kasus tersebut masih terhitung sedikit. Si mahasiswa yang ingin segera skripsi tersebut selalu mencamkan petuah dari dosennya bahwa katanya kalau skripsi yang sudah sering dibahas itu akan terasa membosankan bagi dosen pembimbing, dan pula juga akan sulit mendapat nilai sempurna karena kasusnya sudah sering dibahas. Maka si mahasiswa akan berusaha keras untuk mencari kasus-kasus yang unik. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari ada peristiwa yang secara tidak sadar bisa dijadikan kasus pada skripsinya. Karena biasanya ide-ide itu muncul bahkan di saat yang tidak terduga.

Baca Juga  Pilihan Rasional Mahasiswi UNY Dalam Berpakaian

3. Mulai mencari buku referensi

buku referensi

Misalnya si mahasiswa sudah mendapatkan ide mengenai kasus apa yang ingin dibahas. Maka disaat waktu luangnya ia mulai mencari buku-buku yang ia perlukan. Ya walaupun sekadar ingin masih baca-baca saja, setidaknya kasus yang ingin dia teliti juga sudah ada buku referensinya, sehingga nantinya tidak akan bingung mau pakai buku referensi apa saja.

baca juga :

Masih Galau Tentang Skripsimu, Coba Lakukan Tips ini !

Haruskah, Nama Pasangan Ada di Halaman Persembahan Skripsi?

4. Mulai berfikir tentang dosen pembimbing

dosen pembimbing

Ada yang bilang kalau dosen pembimbingnya baik hati, maka skripsinya pun juga cepat kelar. Mahasiswa yang ingin segera skripsi ia juga mulai berfikir tentang siapa dosen pembimbingnya. Mulai membuat daftar dosen yang kira-kira baik untuk mahasiswa. Selalu berharap dan berdoa agar mendapatkan dosen pembimbing sesuai yang diinginkan hihi.

Baca Juga  Lagu Pop Indonesia Setelah Sephia yang Berwarna Sephia yang Lain

5. Mulai mencoba membuat skripsi

skripsi

Nah karena sudah tahu bagaimana susunan skripsi, maka si mahasiswa mulai mencoba membuat skripsi. Seadainya masih bingung mengenai apa yang harus dibahas, maka si mahasiswa mulai menyicil dari hal-hal yang sederhana dulu. Misalnya membuat kata pengantar, pendahuluan, atau halaman persembahan. Kan nggak papa gengs walau belum menyicil sampai pembahasan, karena semakin berjalannya waktu pasti akan mendapat ide lagi mengenai kasus yang ingin dibahas. Jadi ya nyicil mengerjakan yang ringan-ringan dulu nggak papa.

Untuk kalian yang belum pada tahap penulisan skripsi, bisa lho kegiatan di atas diaplikasikan di kehidupan kuliah kalian. Yuk kita mempersiapkan diri untuk skripsi kita kelak. Agar kita mahasiswa Indonesia bisa lulus cepat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan juga mempersiapkan diri untuk masa depan kita yang cerah. Aamiin.

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …