Tips Hadapi Pertanyaan Nylekit Saat Lebaran | UNY COMMUNITY
Wednesday , 19 September 2018
Home / Pojok #UNYu / Tips Hadapi Pertanyaan Nylekit Saat Lebaran

Tips Hadapi Pertanyaan Nylekit Saat Lebaran

Lebaran menjadi sarana untuk berkumpul dan silaturahim dengan keluarga dan saudara-saudara di kampung halaman.  Tentunya ada saja yang bisa menjadi bahan pembicaraan saat berkumpul di waktu lebaran.  Banyak pertanyaan yang sering terlontar ketika lebaran,  ada pertanyaan yang nylekit dan bisa buat kamu bingung jawabnya.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika lebaran beserta tipsnya.

Mau nerusin kemana?  Kok belum dapet tempat kuliah?

Bagi yang baru aja lulus sekolah, pertanyaan tentang studi lanjut pastinya bakal bertebaran.  Banyak yang nanya “mau nerusin kemana?” hal ini akan terjawab mudah bagi yang sudah dapat universitas atau sudah dapat pekerjaan.  Tapi lain halnya dengan mereka yang masih berjuang. Tenang saja, hal ini bukanlah suatu hal yang berat dan harus ditutupi. Jangan hanya diam sambil senyum-senyum doang tapi jawab jujur dan yakin kalau Tuhan akan beri yang terbaik buat kamu.  Tetap semangat berjuang.

Baca Juga  Suka Duka KKN-PPL

Jurusannya apa?  nanti bisa jadi apa?

Bagi yang sudah kuliah biasanya ditanya kuliah dimana dan jurusannya apa,  jangan khawatir kalau jurusan kuliah kamu kurang familiar dan akan ditanya lagi nantinya bisa jadi apa. Jangan berprasangka buruk dulu ketika ada yang bertanya demikian bisa jadi mereka memang belum paham jurusanmu fokus ke bidang apa dan prospek kerjanya bagaimana.  Jelaskan secara singkat dan jelas dan sampaikan secara yakin.  Jika kamu yakin menjawab bagaimana prospek jurusanmu minimal mereka tidak meremehkan jurusanmu.

Kapan punya pacar?

Pertanyaan ini sering dilontarkan kepada kalian-kalian yang dari dulu terkenal jomblo, kalau kenyataannya belum juga punya pacar jangan takut berkata jujur ya. Belum punya pacar bukan berarti kamu tidak laku tapi Tuhan tidak mau kamu kehilangan fokusmu.

Baca Juga  9 Hal Yang Bikin ‘Krispi’ Antara Gamer dan Pasangannya

Kapan Wisuda?

“Kapan wisuda?” salah satu pertanyaan sensitif yang membuat mahasiswa tingkat akhir lumayan tersentil.  Terlebih mereka yang seharusnya sudah lulus namun belum juga wisuda.  Kita tidak pernah tau bagaimana nasib seseorang yang akan datang.  Belum juga lulus bukan berarti dia tidak pintar, bisa jadi ada alasan yang membuatnya belum juga wisuda.  Pertanyaan inu bisa juga menjadi pengingat agar semangat menyelesaikan skripsi jangan malah membuat patah semangat dan minder.  Kalau memang belum ada rencana wisuda bilang saja ke penanya “minta doanya saja” atau jawab dengan caramu sendiri.

Kapan kerja?

Ketika sudah menyelesaikan studi dan mendapat gelar tentunya akan ditanya kapan kerja? kerja di mana?  dan sebagainya. Jika belum mendapat pekerjaan jangan takut untuk mengatakan karena kita tidak pernah tahu rencana rencana Tuhan. Yang penting kita sudah berusaha dan tidak berhenti berdoa.

Baca Juga  Hai Anak Kost; 4 Masjid di sekitaran UNY Ini Memberikan Buka Puasa Gratis Loh!

Kapan kurus?

Bagi teman-teman yang punya bentuk tubuh kurang ideal dan tidak ada perubahan tiap tahunnya, biasanya banyak yang nanya “kapan kurus?”. Kalau kita sudah berusaha tapi nggak kurus-kurus ya mau gimana lagi.  Jawab dengan nada bercanda aja dan jangan dimasukin hati ya.

Kapan nikah?

Pertanyaan yang sulit dijawab kalau emang kita nggak tau kapan kita nikah,  calon aja belum ada ya kan.  Jawaban “nggak tau” mungkin bisa diganti dengan jawaban lain yang intinya sama sih misalnya “sedang berusaha”, “doakan ya” dan jawaban lainnya.

Apapun pertanyaannya,  siapkan jawaban yang meyakinkan dan tetap tenang jangan dimasukin hati ya.  Semoga tips-tips di atas bisa membantu ya. Selamat hari raya idulfitri, mohon maaf lahir batin

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Keren! Mahasiswa UNY Kini Bisa Akses Informasi Akademik Melalui Aplikasi Telegram

Di zaman yang serba online tentunya semua lapisan masyarakat ikut berinovasi agar tidak ketinggalan zaman. …