MotivasiPojok #UNYuTips

Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat Anti Nyesel

Dalam memilih perguruan tinggi, kita tidak boleh asal-asalan karena akan menentukan kemana arah hidup kita ke depannya. Biasanya kita terlalu takut tidak diterima di perguruan tinggi impian sehingga memilih perguran tinggi karena terpaksa atau tidak sesuai dengan keinginan. Lalu apa yang perlu kita persiapkan dalam memilih perguruan tinggi yang tepat dan nggak bakalan nyesel? Yuk simak tipsnya.

Cek profil perguruan tinggi

Penting untuk mengecek profil perguran tinggi sebelum memasukkannya ke dalam list pilihan perguruan tinggi. Kamu bisa menuju official website atau cek di pangkalan data Kemendikbud. Cari sumber yang terpercaya ya. Setelah memperoleh sumber yang terpercaya, kamu bisa cek akreditasi perguruan tinggi, fasilitas, kualitas tenaga pendidik, dan informasi-informasi lain yang ingin kamu ketahui.

Baca Juga  Ini Lho Keistimewaan Asrama UNY Wates !

Sesuaikan dengan Minat

Selain kualitas perguran tinggi, kamu juga perlu menyesuaikan pemilihan perguruan tinggi dengan minatmu. Pastikan bahwa ada prodi di perguruan tinggi tersebut ada yang sesuai dengan minatmu.

Jangan Hanya Ikut-ikutan

Pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Jangan sekali-kali hanya mengikuti teman lain. Belum tentu apa yang menurut teman kita cocok juga akan cocok dengan kita.

Konsultasi dengan Kakak Tingkat

Jika sudah menemukan beberapa opsi perguruan tinggi yang akan kamu tuju, maka jangan takut untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah lebih dahulu masuk ke perguruan tinggi tersebut.

Kamu bisa menanyakan bagaimana kondisi di area kampus, apa saja yang harus kamu persiapkan ketika masuk ke kampus tersebut, bagaimana kultur kampus dan masih banyak lagi yang bisa kamu gali.

Baca Juga  Antara Mie Instan dan Anak Kost

Bisa juga ertanya pada kakak alumni di sekolahmu atau bisa menghubungi mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi tersebut melalui media sosial.

Gimana? Setelah membaca tips-tips di atas apakah kamu masih bingung gimana cara memilih perguruan tinggi? Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu juga!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
X