Artikel

Tips Memilih Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Aman

Barang yang kita inginkan kini bisa didapatkan dengan sistem kredit. Saat kita ingin melakukan kredit atas suatu barang, biasanya memerlukan jaminan dan persyaratan yang cukup rumit. Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Angunan) menjadi solusi untuk melakukan kredit. Tidak hanya untuk membeli suatu barang, ketika kita ingin memperoleh pinjaman dana berbagai kebutuhan hingga modal usaha skala kecil hingga besar, hal ini bisa menjadi solusi untuk melancarkan usaha Anda.

KTA adalah pinjaman berupa kredit perorangan tanpa agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Produk ini memungkinkan nasabah untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah atau lainnya. Karena itu, produk ini sering disebut juga sebagai pinjaman tanpa agunan atau pinjaman tanpa jaminan.

Dalam memilih lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas ini tentunya kita perlu memperhatikan beberapa hal agar kita tidak salah memilih dan tentunya memilih yang sesuai dengan kriteria fasilitas dan ketentuan yang kita harapkan. Hal apa saja yang perlu diperhatikan? Mari kita simak beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pinjaman KTA yang aman.

Perhatikan Tingkat Kredibel Lembaga

Mencari tahu mengenai profil lembaga tentunya menjadi hal yang penting agar Anda merasa aman ke depannya. Biasanya, hampir setiap bank memiliki produk ini. Melalui fasilitas yang ditawarkan, Anda dapat memenuhi kebutuhan tanpa perlu memberikan jaminan atas pinjaman yang diterima. Perhatikan baik-baik ya apakah lembaga tersebut terpercaya atau tidak.

Baca Juga  Begini Manfaat dan Cara Memeriksa Tekanan Ban Kendaraan

Cermati Syarat yang Diminta

Dalam mengajukan biasanya ada beberapa syarat yang diminta, setiap lembaga tentunya memiliki kebijakan masing-masing mengenai syarat atau dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan dalam proses ini. Cek dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan kredit ini, biasanya diminta untuk menyertakan fotokopi KTP, KK, dan dokumen-dokumen lain sesuai dengan kebijakan lembaga keuangan.

Bandingkan Beberapa Lembaga Keuangan Penyedia

Lakukan observasi atau melihat beberapa lembaga penyedia Rerata bank menghabiskan proses verifikasi hingga pencairan minimal 3 sampai 5 hari kerja dan maksimal 14 sampai 21 hari kerja. Sementara, untuk jangka waktu pelunasan atau tenor, rata-rata bank menawarkan pembayaran selama 3 hingga 5 tahun.

KTA merupakan fasilitas kredit yang diberikan bank tanpa menggunakan agunan. Oleh karena itu batas plafoin kreditnya pun berbeda dengan produk bank lainnya yang menggunakan jaminan. Rerata bank menawarkan plafon pinjaman KTA mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Lembaga penyedia layanan ini tentunya memiliki kebijakan masing-masing. Anda bisa menentukan pilihan yang tepat dengan cara membandingkan beberapa lembaga penyedia pinjaman. Dalam membandingkan lembaga satu dengan lainnya bahkan dalam proses transaksinya sudah ada jasa secara online yang praktis untuk mempermudah memilih pinjaman yang terbaik.

Lihat Apa Saja Fasilitasnya

Setiap lembaga tentunya memberikan fasilitas, cermati fasilitas yang diberikan kepada peminjam. Fasilitas-fasilitas yang diberikan cukup beragam. Jangan khawatir pada saat membandingkan fasilitas atau hal yang lainnya Anda bisa menggunakan fasilitas dari situs untuk membandingkan beberapa lembaga keuangan dengan fasilitas pinjaman KTA.

Baca Juga  Kalender Akademik UNY 2019/2020

Pilih Suku Bunga yang Terbaik

Suku bunga Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan oleh lembaga perbankan besarannya beragam, tetapi biasanya berkisar di angka 10% hingga 23%. Lihat perbandingannya di CekAja.com. Namun suku bunga dalam KTA terbagi atas dua, yakni:

Suku bunga flat atau Suku bunga tetap (fixed rate)

Kredit bunga flat atau bunga tetap, plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara proposional sesuai dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga akan tetap sama setiap bulan, karena bunga dihitung dari prosentasi bunga dikalikan pokok pinjaman awal. Jadi jumlah pembayaran pokok + bunga setiap bulan akan sama besarnya.

Suku bunga efektif atau Suku bunga mengambang (floating rate)

Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya. Bunga dihitung berdasar nilai pokok yang belum dibayar. Jadi bunga per bulan akan berubah-ubah berdasar nilai pokok yang masih terutang. Nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil. Anda bisa memperkirakan suku bunga mana yang cocok untuk Anda dan bisa memilih yang terbaik agar proses kredit Anda lancar hingga akhir.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda dapat lebih cermat dan tepat dalam memilih pinjaman KTA yang aman untuk segala keperluan Anda mulai dari membeli barang hingga sebagai modal usaha Anda. Penasaran denganPinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) Cek selengkapnya di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan ya. Semoga bermanfaat.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X