Tips Memilih Sewa Bus Terbaik | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / Artikel / Tips Memilih Sewa Bus Terbaik

Tips Memilih Sewa Bus Terbaik

Kenapa harus berpikir kritis sebelum menyewa bus? Itulah pertanyaan sepele tetapi mempunyai makna yang dalam karena berhubungan dengan nyawa dan kenyamanan saat di atas armada bus. Menentukan tempat sewa bus tidak semudah membeli bakso di pasar karena harus mempertimbangkan banyak hal. Jangan hanya berpikir harga murah itu cukup. Tidak, itu merupakan pemikiran orang zaman dahulu yang hanya berorientasi harga murah. Zaman sekarang banyak hal yang harus diperhitungkan dengan masak-masak dan jangan sampai meleset.

Tips Memilih Tempat Sewa Bus

Anda sebagai konsumen haruslah berpikir kritis dan kalau perlu banyaklah bertanya karena itu merupakan hak konsumen sebelum deal sewa supaya tidak dirugikan hingga menyesal. Ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut.

  1. Survey Terlebih Dahulu

Anda sebagai pelanggan sebaiknya meluangkan waktu untuk melakukan survey. Hal tersebut untuk mengetahui keadaan fisik bus yang mau di sewa. Konsumen harus melihat secara langsung kondisi bus dan jika diperlukan lakukan pengecekan hingga ke dalam isi bus untuk melihat fasilitas yang ada. Hal ini sangat diperlukan untuk mencocokan fasilitas yang ditawarkan tempat sewa bus dengan kenyataan yang ada di bus. Survey juga diperlukan untuk memastikan kalau armada bus dalam keadaan baik sehingga keselamatan tidak diragukan lagi.

  1. Periksa Kelengkapan Administrasi
Baca Juga  Tips Wisata Keluarga Yang Perlu kamu Ketahui

Salah satu tindakan pencegahan, tidak ada salahnya jika konsumen bertanya mengenai kelengkapan surat-surat misalnya saja STNK dan SIM sopir bus. Hal ini sangat penting supaya keamanan selama perjalanan terjamin. Dan jangan lupa menanyakan surat Kir bus yang menyatakan kalau bus layak jalan supaya tingkat keamanan terpenuhi dengan baik oleh pihak sewa bus. Kir merupakan ijin yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan jadi itu menjadi acuan kalau bus layak digunakan.

  1. Pilih Tempa Sewa Terpercaya

Sebaiknya melakukan sewa bus di tempat yang sudah dipercya dan mempunyai reputasi yang bagus. Perusahaan sewa yang baik akan lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan pelanggannya. Jadi Anda sebagai konsumen jangan pernah mementingkan harga saja. Bisa jadi dengan harga yang murah dan jauh di bawah harga pasaran ini tidak memperhitungkan keselamatan semua penumpang.

  1. Pilih yang Menyediakan Asuransi

Disarankan untuk memilih rental bus yang menyediakan asuransi. Dengan asuransi tersebut, konsumen terlindungi. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi kecemasan untuk biaya perawatan dan kehilangan. Pihak asuransi yang mengganti semua kehilangan dan kerusakan selama perjalanan. Memang betul konsumen harus membayar biaya yang lebih tetapi untuk ketenangan dan keamanan harga tersebut merupakan hal yang kecil dan tidak masalah.

  1. Fasilitas
Baca Juga  Ketika Aktivitas Mengumpulkan Pundi-pundi Rupiah dan Kuliah Mesti Diperjuangkan, Lakukan Langkah Arif Berikut

Sebaiknya konsumen bertanya terlebih dahulu mengenai fasilitas yang disediakan karena biasanya harga yang diberikan pihak rental bus sudah termasuk biaya operasional bus. Jangan sampai di perjalanan harus mengeluarkan biaya ekstra karena tidak mau bertanya. Pastikan semua fasilitas yang ada di dalam bus berfungsi dengan baik juga. Periksa AC, wifi, dan TV berfungsi dan tidak mengalami kerusakan mengingat perjalanan yang harus ditempuh jauh sehingga kenyamanan sangat penting agar tidak mudah bosan.

Memastikan semua fasilitas pada bus dengan baik merupakan hal utama yang perlu dilakukan konsumen sebelum melakukan sewa bus. Hal ini berhubungan erat dengan keselamatan penumpang selama perjalanan. Alangkah baiknya Anda menjalankan tips yang sudah dibagikan sebelumnya supaya tidak terjadi kesalahan dan menelan kerugian dengan memilih tempat sewa yang salah. Salah satu tempat sewa terpecaya adalah trac.astra.co.id.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi

Istirahat sejenak dari penat bisa menjadi salah satu cara kita menghimpun dan mengendalikan kembali energi …

X