Pojok #UNYuTips

Tips Siap Tempur Hadapi UAS Online #dirumahaja

Halo para cendikiawan. Gimana sudahkah kalian produktif selama Study From Home? Nggak kerasa bentar lagi kita bakal menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Genap yang sedikit berbeda dengan biasanya. Mungkin, UAS secara online sudah familiar buat para mahasiswa. Namun gimana kalau UAS online tersebut dilakukan di rumah masing-masing? Wah inovasi baru tuh. Bukan inovasi sih, situasi yang kurang mendukung seeprti saat ini memang seyogyanya kita tetap stay di rumah aja. Mau tidak mau hal itulah yang akan segera kita hadapi.

foto : florespos.co.id

Oke. Sedikit tips untuk siap bertempur mengahadapi UAS Online #dirumahaja supaya tetap mendapatkan vibes UAS dan tetap semangat pastinya.

1. Pastikan kamu punya paket data dan jaringan yang mumpuni
Benar sekali. Namanya juga online, paket data dan jaringan yang kuat dan stabil di tempat kalian masing-masing menjadi hal yang paling krusial. Karena ini merupakan senjata utama kita buat tetap fokus pada Ujian tanpa sibuk memikirkan kehabisan kuota atau tiba-tiba jaringan hilang laya doi. Kan nggak lucu. So, jangan sampai kelupaan.

Baca Juga  Kisah Seorang Putra TKI Asal SUL-BAR Yang Berhasil Lolos Jalur SM UNY

2. Bagun suasana yang mendukung
Di rumah, tidak dipungkuri kebanyakan akan lebih memilih bermalas-malasan atau rebahan aja di kamar seakan-akan nggak ada beban. Untuk menghindari hal itu kita perlu membuat suasana rumah atau kamar kita menhadi lebih menyenangkan buat belajar. Sehingga konsentrasi kita meningkat dan selalu semangat dong. Kalian bisa cari-cari room decor atau makeover kamar di Youtube supaya mood tetap oke.

3. Tidur yang cukup
Selama #dirumahaja kurang lebih tiga bulan ini, pasti membuat kebiasaan sehari-hari menjadi berubah total. Dari yang semula bangun tidur langsung mandi dan bersiap untuk ngampus, sekarang mungkin tinggal ambil laptop atau gadget kemudian bisa join kuliah sambil rebahan dan sarapan. Begitupun dengan waktu tidur. Kegabutan di rumah membuat kita mencari hiburan atau tontonan yang mengasikkan, seperti nonton Drama Korea, Film, atau Youtube sampai larut malam karena terlalu asik. Mulailah mengatur waktu tidur supaya bisa tetap bangun pagi keesokan harinya. Saat UAS pun tetap fresh dan tidak mengantuk.

Baca Juga  Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi!

4. Mengulang materi perkuliahan
Setelah mendapatkan mood dan suasana belajar yang diinginkan, sekarang waktunya untuk membuka kembali materi, modul atau video perkuliahan. Mulailah membuat resume dengan mencatat poin-poin yang dianggap penting sehingga dapat membantumu mengingat materi perkuliahan dengan cepat.

5. Komitmen dengan diri sendiri
Semua tips di atas sudah dilakukan. Hal terakhir yang wajib dilakukan dan tidak kalah penting adalah komitmen. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk disiplin menjalan rutinitas menghadapi UAS di atas yang juga menjadi kunci keberhasilan. Jadi nggak ada alasan lagi untuk menunda pekerjaan. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Yakinlah segala sesuatu yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh tidak akan menuai kekecewaan. Semangat UAS. Semoga berhasil.

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X