Kabar KampusPojok #UNYu

UNY Raih Klaster 1 Perguruan Tinggi 2020

Halo sobat #UNYu, ada kabar gembira nih buat Universitas Negeri Yogyakarta. Berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia oleh Dirjen Dikti, UNY berhasil meraih klaster 1 bersama dengan 15 Perguruan Tinggi lainnya. Secara peringkat, UNY menduduki peringkat 12 dari 2.136 Perguruan Tinggi (PT) yang berada dibawah naungan Kemdikbud. UNY mendapatkan jumlah skor dari 4 indikator sebesar 2,908.

Hasil tersebut membawa UNY masuk lagi Peringkat 1 diraih oleh Institut Pertanian Bogor dengan skor 3.648. Adapun hasil keseluruhan untuk UNY yaitu Indikator Input 3.381, Proses 3.722, Output 2.401, Outcome 2.336. Pengecekan dapat dilakukan di website http://klasterisasi-pt.kemdikbud.go.id/ dengan memasukkan kode Perguruan Tinggi. Klasterisasi ini bertujuan untuk memetakan kinerja perguruan tinggi yang berada dibawah Kemdikbud. Selain itu, fungsi lain klasterisasi untuk pengambilan kebijakan, peningkatan kualitas tridharma pendidikan, serta menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kinerja PT. Dikutip dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/direktorat-jenderal-pendidikan-tinggi-umumkan-klasterisasi-perguruan-tinggi-indonesia-tahun-2020, Direktur Ditjen Dikti Nizam menyatakan klasterisasi bukanlah pemeringkatan, akan tetapi pengelompokkan berdasarkan level perkembangannya. “Klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan namun pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya. Klasterisasi ini jangan disalah maknai sebagai pemeringkatan “

Pemetaan tersebut dibagi dalam 5 klaster. Klaster 1 dengan 15 perguruan tinggi, klaster 2 dengan 34 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 97 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 400 perguruan tinggi dan klaster 5 dengan 1.590 perguruan tinggi. Terdapat penambahan 2 perguruan tinggi dalam klaster 1, yang sebelumnya hanya berjumlah 13 perguruan tinggi. Adapun indikator penilaian terhadap kinerja PT terdiri dari:

  1. Mutu Sumber Daya Manusia dan Mahasiswa (input)
  2. Pengelolaan Kelembagaan Perguruan Tinggi (proses)
  3. Capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output)
  4. Capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome)
Baca Juga  Kamu Harus Bersyukur Ketika Tidak Diterima di Kampus Impianmu

Pencapaian ini bukanlah sesuatu yang mudah, butuh sinergitas antar civitas akademik UNY. Semangat kolaborasi serta fokus pada tujuan untuk mewujudkan World Class University. Kita semua berharap, UNY semakin maju dan bisa bersaing dengan universitas kelas dunia lainnya.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X