Kabar Kampus

UNY Terima Caterpillar Articulated Dump Truck

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mendapat hibah alat berat dari PT Thiess Contractor Indonesia. Alat yang didonasikan PT THIESS Contractor Indonesia kepada FT UNY adalah Caterpillar 740 Articulated Dump Truck. Seremoni Serah Terima dilaksanakan berbarengan dengan International Conference on Vocational Education and Training (ICVET) 2016 di Hotel Sheraton (15/09).

ft-uny-terima-caterpillar-articulated-dump-truck

Penyerahan dari PT. Thiess diwakili oleh General Manager, Mr. Supriyanto untuk diserahkan langsung secara simbolis berupa replika kunci kepada Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. didampingi Dekan FT UNY, Dr. Widarto, Direktur Pascasarjana, Dr. Bruri Triyono, Manager Training PT Thiess, Tony Borkett serta disaksikan Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, Dr. Paristiyanti Nurwadani,

Dimensi Caterpillar 740 Articulated Dump Truck yang dihibahkan PT. Thiess ke FT UNY memiliki panjang 10 meter, lebar 3,5 meter, serta tinggi 4 meter dan berat 32,840 kg. Truk ini senilai $ 35,000.

PT Thiess Contractor Indonesia berharap bahwa donasi yang diberikan ini dapat membantu peningkatan aktivitas pembelajaran di UNY. Hibah ini sebagai wujud kepedulian dari PT Thiess untuk turut berperan dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Baca Juga  AFOMA, Mesin Pelipat Baju

Dalam kesempatan berbeda, Dekan FT UNY, Dr. Widarto mengatakan bahwa alat-alat berat ini diproyeksikan untuk Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dimana kedepan akan dibuka paket konsentrasi alat berat pada jurusan tersebut.

Alat-alat yang didonasikan sangat besar dan memerlukan space yang cukup luas sehingga salah satu area parkir kendaraan FT UNY yang terletak di halaman timur dialih fungsikan untuk menampung hibah dari PT Thiess.

“Kerjasama antara FT UNY dengan PT Thiess sendiri sudah berjalan cukup lama dan sangat produktif, sebelum ini juga ada program magang bagi mahasiswa kami untuk mengajar di Tranning Centre PT Thiess dan hasilnya sangat baik sehingga ini sudah masuk tahun ketiga dalam pengiriman mahasiswa untuk mengajar disana,” ujarnya.

“Bahkan program magang tersebut juga meluas hingga pengiriman mahasiswa dari Pendidikan Bahasa Inggris untuk mengajar disana pula. Selain program magang, kami juga mengirimkan staf pengajar FT UNY, untuk mengikuti pelatihan alat berat di Thiess selama 2 minggu pada Oktober tahun lalu, yaitu Darmono, M.T., dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Achmad Arifin, M.Eng., Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Tafakur, M.Pd., Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Eko Priyanto, M.Eng., dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro,”papar Dekan FT UNY.

Baca Juga  Mahasiswa Dengan IP Tertinggi, Lulus Tercepat, Dan Usia Termuda di wisuda UNY Periode Febuari 2015

Pelaksanaan pelatihan ini berdasarkan komitmen FT UNY yang akan merealisasikan pendirian paket konsentrasi alat berat di Jurusan Pendidikan Otomotif. Hal tersebut akan diawali dengan penyelenggaraan kelas kerjasama industri sehingga perlunya peningkatan kompetensi staf pengajar yang akan mengelola kelas tersebut.

Perwakilan PT Thiess secara intensif juga melakukan diskusi dan pendampingan di FT UNY untuk sinergi penyusunan kurikulum dan perangkat pembelajaran paket konsentrasi alat berat,” imbuh Dr. Widarto.

“Pendidikan vokasi adalah concern kami (FT UNY) sehingga kolaborasi dan kedekatan dengan industri jelas menjadi lini yang sangat vital untuk terus digalakkan,” tutup Dekan FT UNY.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X