UNY Wisuda 983 Lulusan, 349 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude | UNY COMMUNITY
Friday , 21 September 2018
Home / Kabar Kampus / UNY Wisuda 983 Lulusan, 349 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

UNY Wisuda 983 Lulusan, 349 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

Untuk menghadapi era MEA tidak ada kata lain selain kita harus menyiapkan diri memenangkan persaingan dalam tingkat nasional, regional, dan internasional. Dalam era global dituntut tersedianya SDM yang berkulitas dan handal untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetitif. Perubahan tatanan sosial menuntut penyesuaian kualitas SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (disebut  knowledge-based society). Demikian sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dalam wisuda lulusan Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor periode Mei di GOR UNY Sabtu 20 Mei 2017.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa Indonesia yang saat ini menempati posisi ke-16 sebagai negara dengan ekonomi terbesar, di tahun 2030 akan termasuk ke dalam jajaran 7 negara dengan ekonomi terbesar, seiring dengan peningkatan jumlah kelas menengah baru dengan laju mencapai 300.000 jiwa per tahun. “Prasyarat bagi terpenuhinya proyeksi positif ini adalah jika kita bisa meningkatkan tenaga kerja terampil, berkualitas  dan profesional  untuk bersaing di tingkat global” kata Sutrisna Wibawa “Tantangan pada para wisudawan adalah jangan berorientasi kepada job seeker (pencari kerja), tetapi harus sebagai job creator (pencipta lapangan  kerja dan berjiwa kewirausahaan)”. Para wisudawan harus memiliki kreativitas dan daya juang yang tinggi dengan mengutamakan orientasi kecepatan menciptakan lapangan pekerjaan, daripada kesiapan mendapatkan lapangan pekerjaan. “Saya perlu mengingatkan kepada para wisudawan, agar tidak saja sebagai lulusan yang berpengetahuan dan mempunyai keterampilan yang akan membuat para wisudawan memperoleh pekerjaan yang baik dan sukes secara profesional, tetapi juga harus sebagai lulusan yang lebih memahami permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia” ungkap Rektor.

Baca Juga  Mahasiswa UNY ciptakan APELO (Alat Pengasap Lele Otomatis)

Peserta wisuda periode ini sebanyak 983 orang dengan rincian 10 orang program Doktoral (S3), 152 orang program Magister Pendidikan (S2), 637 orang S1-Kependidikan, 159 orang S1 Non-Kependidikan dan 25 orang Diploma 3 Non-Kependidikan. Sebaran para wisudawan/wisudawati periode ini,  di antaranya: PPs sebanyak 162 orang, FIP sebanyak 126 orang, FBS sebanyak 159  orang, FMIPA sebanyak 141  orang, FIS sebanyak 76 orang, FT sebanyak 140 orang, FIK sebanyak 80  orang, dan FE sebanyak 99 orang. Di antara para wisudawan/wisudawati yang meraih predikat Cum laude sebanyak 349 orang,  yang terdiri atas: wisudawan dari PPs sebanyak 31 orang, FIP sebanyak 62 orang, FBS sebanyak 34 orang, FMIPA sebanyak 74 orang, FIS sebanyak 27 orang, FT sebanyak 42 orang,  FIK sebanyak 32 orang, dan FE sebanyak 47 orang.

Baca Juga  UNY Wisuda 996 Lulusan, 237 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

Adapun nilai Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi diraih oleh (1) Sdri. Dr. Umi Rochayati, dengan IPK 3,90, wisudawan program S3, program studi  Pendidikan Teknologi dan Kejuruan; (2) Sdri. Dika Agustina Indrati, M.Pd., dengan IPK 4,00, dari program Magister pendidikan Biologi; (3) Sdri. Nita Lestari, S.Pd. dengan IPK 3,89, jenjang S1, program studi Pendidikan Akuntansi,  dan  (4) Sdri. Badriatus Soleha, A.Md. Pas. dengan IPK 3,86, jenjang D3,  program studi  Pemasaran.

Lulusan tercepat diperoleh (1) Sdri. Dr. Umi Rochayati, dengan IPK 3,90, jenjang S3, program studi  Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, selama 3 tahun 6 bulan, (2) Sdr. Adhan Efendi, M.Pd., dengan IPK 3,92, jenjang S2, program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, selama 1 tahun 7 bulan; (3) Sdri. Tiyas Dwi Setiawan, S.Pd., dengan IPK 3,60, jenjang S1, program studi Pendidikan Teknik Mesin, selama 3 tahun 6 bulan, dan (4) Sdri. Tiara Ramadania, A.Md.T, dengan IPK 3,65, jenjang D3, program studi Tata Rias dan Kecantikan D3,  selama 2 tahun 8 bulan.

Predikat lulusan termuda diraih oleh (1) Sdri. Dr. Nurlaila, dengan IPK 3,86, dengan predikat sangat memuaskan, jenjang S3, program studi Pendidikan Bahasa, berumur 37 tahun 5 bulan, (2) Sdri. Arifah Putri Kurniawati, M.Pd., dengan IPK 3,94, dengan predikat dengan pujian (Cum Laude),  jenjang S2, program studi Pendidikan Sains, berumur 23 tahun 6 bulan, (3) Sdri. Septi Puji Rahayu, S.Pd., dengan IPK 3,82,  dengan predikat Dengan Pujian (Cum Laude), jenjang S1, program studi Pendidikan Matematika, berumur  20 tahun 8 bulan, dan (4) Sdri. Fefbi Maharani Putri, A. Md.Pas, dengan predikat dengan pujian (Cum Laude), jenjang D3, program studi Pemasaran, berumur 20 tahun 3 bulan.

Baca Juga  Mahasiswa FMIPA UNY Meneliti Bioplastik Dari Selulosa Alang-Alang

Sambutan perwakilan wisudawan disampaikan oleh Dika Agustia Indrati, M.Pd dari prodi Pendidikan Biologi S2 Pascasarjana UNY yang mengatakan bahwa IPK bukan segalanya karena dalam realita kehidupan khususnya dunia kerja perlu juga keahlian, kompetensi, kecerdasan, keuletan dan ketrampilan baik itu softskill atau hardskill. “Harapannya, apa yang kita dapatkan di UNY bukan hanya sekedar gelar karena kita hadir ditengah masyarakat juga untuk mengabdi dan menjadi problem solver atas tantangan global saat ini” tutup Dika.

sumber : uny.ac.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Malam puncak Dinamika #2

📽HIMA IPA UNY proudly present📽 Malam puncak Dies Natalis Pendidikan IPA UNY 2018 ke-11Dinamika #2 …