Pojok #UNYuTips

Wajib Cek! Biar Nggak Kena Tipu Jual Beli Online

Akhir-akhir ini memang marak penipuan pada transaksi jual beli. Tidak hanya itu banyak modus yang digunakan nggak hanya pas belanja online saja, tapi penipuan give away pun ada lho.  Buat UNYu nih yang suka belanja online atau bahkan sedang berjualan  atau pemburu give away, kamu bisa cek and richek dulu, sebelum kena tipu!

1. Cek adakah yang mencurigakan

Berhubung banyaknya modus penipuan, nggak cuma modus pas PDKT. Ternyata modus penipuan sekarang ngggak hanya cuma sebatas mama minta pulsa aja lho. Misalnya kamu sedang beli barang dengan harga di bawah pasaran. Kamu perlu curiga nih, jangan hanya tergiur barang yang murah aja.

2. Hindari Permintaan Jika di luar proses order

Ini bisa kamu lakuin ketika posisi kamu jadi penjual. Akhir-akhir ini juga marak terutama di Facebook tentang penipuan yang terjadi karena menuruti di luar proses order. Modusnya adalah memesan makanan kemudian customer titip untuk dibelikan pulsa. Setelah makanan diantar ke lokasi ternyata orderan palsu, nomer HP di block, uang pun melayang untuk beli pulsa, dan cuma zonk. Jadi tetap berhati-hati ya..

Baca Juga  Solusi Anti Jomblo buat kamu para jomblowan

3. Cek No Hp di Get Contact

Aplikasi ini wajib kamu punya, baik ketika kamu jadi penjual atau pembeli nih UNYu~. Selain aplikasi ini bisa cari tau kamu dinamain apa di kontak orang lain, bisa juga loh menghindari kamu dari penipuan. Nggak percaya? udah deh simak dulu artikel ini sampai akhir. Nih tutorialnya dan buktinya nyiduk penipu lewat Get Contact. Jadi caranya tuh gini~

Buka play store-download get contact-login-simpan no yang kamu mau cek-klik ikon kontak-pilih nomer yang mau kamu cek.

Setelah itu liat deh hasilnya. Nih buktinya

4.  Penipuan di Instragram

Buat kamu pengguna instagram dan ingin belanja online, pastika akun penjual sudah kamu cek. Langkah yang bisa kamu ambil adalah cek pada profil instagram, lalu klik ikon titik 3 pada kanan atas. Klik tentang akun, akan muncul informasi tentang akun tersebut.  Salah satunya informasi berapa banyak ganti nama. Akun penipu biasanya sering berganti nama  begitu sering untuk menjebak target baru dan menghilangkan jejak pada orang yang menjadi korban sebelumnya.

Baca Juga  Bagaimana Menjadi Guru yang Tidak Biasa?

5. Penipuan Give Away

Salah satu trend konten saat ini adalah adanya give away dengan berbagai hal. Salah satu adalah give away iPhone yang marak terjadi. Hmm walaupun begitu, sekarang ini penipu sering melancarkan dengan berbagi modus, jadi bagi kamu pejuang give away tetap berhati-hati ya UNYu. Ketika kamu memenangkan give away dengan hadiah yang lumanyan kamu juga perlu cek lagi, kecuali yang mengadakan memang akun yang terverifikasi atau terpercaya. Jika kamu memenangkan give away dan diburu-buru untuk segera transfer biaya kirim, kamu perlu berhati-hati. Karena itulah salah satu yang modusnya.

6. Cek Rekening Sebelum Transfer

Yups cek rekening sebelum transfer itu wajib ya UNYu. Apalagi di jaman sekarang bisa di cari tahu. Caranya kamu bisa langsung berjelajah di google dengan ketik “cekrekening.id”, setelah itu kamu bisa masukan nomer rekening yang akan kamu lacak. Apakah rekening itu pernah dilaporkan sebagai rekening yang pernah menipu atau tidak.

Segitu dulu nih infonya, jadi buat UNYu tetap berhati-hati.

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X