WELTRON ; Wayang Elektronik Ciptaan Mahasiswa UNY | UNY COMMUNITY
Thursday , 25 May 2017
Home / Kabar Kampus / WELTRON ; Wayang Elektronik Ciptaan Mahasiswa UNY

WELTRON ; Wayang Elektronik Ciptaan Mahasiswa UNY

Wayang adalah salah satu peninggalan budaya di Indonesia. Peninggalan budaya yang diwariskan para leluhur memiliki nilai tinggi di mata Internasional. Wayang sudah diakui dalam dunia Internasional oleh UNESCO sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai inovasi terbaru dalam mengembangkan kreativitas terkait wayang yang bisa memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa dalam pergaulan dunia.

Inovasi terbaru yang dilakukan berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta Tahun 2017.

Muhammad Arbany Hafit Adhi Wijaya (Pend. Teknik Mekatonika) dari Fakultas Teknik UNY membuat inovasi wayang elektronik bersama tiga rekan temannya yaitu Eko Heriyanto Saputro (Pend. Teknik Mekatonika)  dari Fakultas Teknik UNY, Azka Fathia (Fisika) dari Fakultas MIPA UNY dan Kartika Permatasari (Pendiidkan Bahasa Ingggris) dari Fakultas Bahasa dan Seni yang berjudul “WELTRON ( Wayang Elektronik ) berbahan Printed Circuit Board dan Microcontroller Sebagai Inovasi Pelestarian Kesenian Wayang di Indonesia”. Tujuan dari pembuatan wayang elektronik ini adalah agar wayang tradisional dapat dikemas dalam bentuk lain agar kaum muda lebih tertarik dalam mempelajarinya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

WELTRON berbentuk seperti wayang pada umumnya dengan bahan dasar Printed Circuit Board dan akan dilengakapi dengan komponen elektronik di dalamnya. Komponen elektronik ini berfungsi sebagai piranti yang akan memproses variabel analog masukan sehingga wayang dapat berfungsi secara audio dan visual. Selain itu, wayang ini juga didesain khusus dengan motif-motif batik yang dipadu dengan rangkaian listrik yang tercetak diatas Printed Circuit Board.

Menurut Muhammad Arbany, menggabungkan budaya kesenian tradisional dengan kecanggihan teknologi di era modern ini, akan membuat anak- anak dan kaum muda lebih tertarik mempelajari kesenian wayang.

Harapan dari terciptanya Wayang Elektronik “WELTRON” ini diantaranya adalah mampu memotivasi generasi muda untuk mempelajari kesenian wayang, mampu mempertahankan nilai budaya tradisional melalui cara modern dengan memberikan kesan audio visual pada wayang ciptaan kami. (Azka Fathia)

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Daya Tampung SM UNY 2017

Berikut adalah daya tampung SM Universitas Negeri Yogyakarta 2017 yang telah kami rangkum dari data yang …