Wow! Ini 3 Keuntungan Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Join Organisasi | UNY COMMUNITY
Monday , 22 April 2019
Home / Pojok #UNYu / Wow! Ini 3 Keuntungan Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Join Organisasi

Wow! Ini 3 Keuntungan Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Join Organisasi

Sebagai mahasiswa baru, terkadang kita bingung harus ikut kegiatan apa saja di kampus. Mungkin tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengikuti sebuah organisasi. Lebih-lebih jika kamu semenjak di SMP dan atau SMA,  sudah sering ikut organisasi. Berikut adalah beberapa keuntungan bagi kamu yang pengin lanjut atau bahkan ingin mencicipi rasanya berorganisasi. Let’s check it out.

  1. Melatih leadership, kemampuan ini akan sangat bermanfaat untukmu!

Dalam sebuah organasisi tentu ada struktur kepengurusan beserta jobdesc masing-masing. Struktur inti biasanya berupa Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Adapun yang lain biasanya divisi PSDM, Jaringan, Minat Bakat,Seni dsb. Masing-masing anggota dapat mengembangkan diri lewat berbagai event yang telah dirancang dalam program kerja. Dan pastinya dalam masing-masing divisi  pasti kita bakalan ketemu sama banyak orang dengan karakter masing-masing. Ada yang bawel, suka ceplas-ceplos, baperan, dan barangkali juga ada yang lemah lembut. Apapun itu, yang jelas kamu harus pintar-pintar untuk menjalin interaksi dengan mereka. Sebab kesuksesanmu berinteraksi akan menentukan kesuksesanmu dalam bertahan di sebuah organisasi selama periode kepengurusan.

Baca Juga  Renungan Masal: Sudah adakah PW buat Wisuda Besok?

Makanya, dengan beroganisasi kita dapat melatih kemampuan leadership kita. Leadership bukan hanya sekadar menjadi pemimpin sebuah event loh. Namun, leadership adalah tentang bagaimana kamu dan anggota lainnya dapat saling berterima. Leadership adalah bagaimana kamu dapat memberikan ruang kepada orang lain tanpa mengkerdilkan diri. So, segera gabung organisasi yang kamu minati ya!

  1. Mengikuti Organisasi Akan Membuatmu Belajar Time Management. Kamu Pun Jadi Lebih Bisa Menghargai Waktu

Sebuah organisasi pasti akan sering mengadakan kegiatan tertentu. Lebih-lebih lagi jika misal kegiatan tersebut berkenaan dengan moment penting bagi sebuah universitas. Dalam hal ini, buat kamu yang ikut lebih dari satu organisasi hendaknya bisa mengatur waktu, agar tidak tabrakan dengan jadwal kuliah, ataupun agenda lain yang sudah direncanakan. Tenang, dengan ikut berbagai kegiatan,justru kita punya kesempatan untuk membuat schedule pribadi kita. So, waktu yang kamu miliki dapat kamu gunakan seoptimal mungkin untuk tetap kuliah sembari mengembangkan diri.

 

Time management ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur waktu selama mengikuti kegiatan, namun akan menjadi suatu pola yang bisa kamu gunakan untuk meraih kesuksesanmu. So, gak rugi deh buat gabung organisasi, because time flies so fast !

  1. Punya Banyak Temen Itu Artinya Kamu Punya Koneksi Yang Luas. Kalau Sudah Begini Rasanya Kesuksesan Pun Makin Terasa Dekat!
Baca Juga  Suka Pemrograman dan TIK? Mungkin Prodi Pendidikan Teknik Informatika UNY Adalah Jodohmu

Dalam sebuah organisasi pastinya banyak orang dari asal yang berbeda-beda. Terlebih jika kamu mengikuti organisasi lintas jurusan dan atau lintas fakultas. Kamu bakalan ketemu banyak temen baru yang siapa tahu bisa jadi konco kenthelmu dan atau malahan gebetan kamu. Eits, tapi luruskan niat yaa, hehe. Nah, berteman dengan banyak orang juga akan memberikan kita wahana baru dengan pengalaman masing-masing. Dan ketika kamu ada masalah, kamu bisa curhat sama temen kamu di organisasi, tentu saja temen whom you believe ya, jangan asal temen. Susah seneng bakalan kamu alamin, mulai dari ngeliat siapa yang suka jail, suka jajanin temen, dan atau bahkan suka ngorok kalau tidur. Nah, tunggu apalagi, let’s be friends.

About Retna Ikawati

Pengagum Bau Hujan, Se-Bar Nada-Nada dan Aroma Buku Baru

Check Also

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Menilik transformasi dari IKIP Yogyakarta menjadi UNY, fakultas hingga jurusan di bawah naungan universitas ini …

X