intip JurusanPojok #UNYu

4 Prospek Ketika Memilih Kuliah Jurusan Vokasi

Setelah lulus jenjang sekolah atas, tentu akan ada beberapa orang yang mengalami kebimbangan dalam mengambil pilihan bagi yang ingin masuk di perguruan tinggi. Hal itu ada di antara dua pilihan, memilih mengambil Sarjana atau Vokasi. Nah, di sini kita akan lebih fokus dalam membahas apa saja sih keuntungan jika memilih mengambil Jurusan Vokasi.

Sebelum sampai kepada pokok bahasan mengenai apa saja prospek ketika memilih Jurusan Vokasi, saya akan memberikan pengetahuan pengantar sedikit mengenai apa sih Jurusan Vokasi itu? Jurusan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang penguasaan keahlian terapan tertentu. Jadi, teman-teman ketika memilih Jurusan Vokasi akan benar-benar difokuskan untuk belajar keahlian yang diambil tersebut. Adapun gelar yang diperoleh nantinya jika mengambil Jurusan Vokasi adalah Sarjana Terapan, seperti Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T) dan Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Tat).

Berikut 4 prospek ketika memilih Jurusan Vokasi.

1.Portofolio lebih utama

Saat ini, banyak sekali lowongan pekerjaan beredar dan menyebutkan harus ada persyaratan minimal lulusan D3 ataupun S1. Hal itu hampir setiap perusahaan melakukan pencarian SDM dengan cara itu. Namun, bagi beberapa perusahaan juga akan melakukan seleksi calon pekerja dengan memperhatikan portofolio yang dimiliki oleh calon pekerja. Nah, di sini akan sedikit lebih diunggulka bagi yang memilih Jurusan Vokasi.

Baca Juga  Tips Jitu Buat Cepet Move ON

Tentu pada Jurusan Vokasi lebih berfokus pada praktik secara langsung, berbeda dengan Sarjana yang mungkin dominan dengan teori dan pemahaman materi. Nah, Jurusan Vokasi akan memfokuskan dengan pengusaan skills, keberanian melakukan percobaan secaea langsung, dan menemui tantangan ketika melakukan percobaan langsung.

2.Ilmu lapangan harus benar-benar menguasai

Sebagai seseorang yang kuliah di Jurusan Vokasi harus benar-benar bisa menguasai ilmu yang harus diterapkan di lapangan. Tentu lulusan Vokasi juga dibentuk untuk menjadi seorang ahli dalam ilmu-ilmu terapan yang telah dipelajari, menjadi teknisi yang akan terjun langsung di lapangan. Harus menjadi seorang yang percaya diri dan berani mengambil keputusan cepat ketika sedang melakukan mekanik.

Baca Juga  Diskusi Penulisan Kreatif Dan Pengenalan Sosial Media Kontributor UNY Community 2019 di Nomadic Workspace

3.Dirancang untuk menjadi pekerja lapangan

Semenjak masih kuliah di Jurusan Vokasi, mereka yang memilih jurusan tersebut akan lebih sering berinteraksi dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada di lapangan. Kemungkinan juga mereka akan diuji dengan mengikuti magang-magang di perusahaan secara tidak langsung diterjunkan di dunia kerja lapangan agar bisa belajar dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ilmu yang sedang mereka pelajari.

4. Lowongan kerja yang sangat luas

Lulusan Jurusan Vokasi biasanya akan disalurkan kepada perusahaan sesuai dengan kemampuan, jurusan, dan relasi oleh universitas. Nah, perusahaan-perusahaan yang mengutamakan basis pekerja lapangan dengan pengalaman dan keberanian akan menerima dengan baik para lulusan Jurusan Vokasi ini untuk membantu penanganan teknis yang dilakukan oleh perusahaan yang sedang membutuhkan ahli di bidang yang dibutuhkan.

Related Articles

Back to top button
X