OpiniPojok #UNYu

Arti di balik Emot :D

Hallo semua pembaca setia UNY Community! Sekarang di zaman serba maju sudah tentu kita akrab dengan IoT atau Internet of Think  kan? Dimana kita bisa terhubung secara virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Nah terutama komunikasi ini dan adanya internet kita bisa dengan mudah mengakses sosial media atau sosmed untuk terhubung secara daring (online). Tentunya sebagai generasi milenial sudah nggak asing lagi tuh yang namanya sosmed. Seperti instagram, Whatsapp, line, twitter, youtube, dan masih banyak lagi. Saat sedang asik main sosmed tentunya nggak asing lagi dong  dengan emoticon? Nggak hanya saat chatingan  dengan keluarga, sahabat, teman, pacar, gebetan, atau siapapun. Kini dengan berkembangnya sosial media, emoticon atau emot sering dijumpai saat kita memberi komentar pada status Instagram, youtube, atau membuat caption.

Nah coba perhatikan emot dibawah ini, mana nih emot kesukaan atau sering kamu pakai?

Diantara banyaknya emoticon salah satunya kita tidak asing dengan emot 😀 atau emot dengan senyum lebar. Disini kamu udah tau belum arti emot :D?. Nah emot ini bisa diartikan dengan beberapa arti. Penasaran apa aja artinya? Now here we go~

pic : freepix.com
  1. Lagi Bahagia/Senang

Saat orang mengirim emoticon 😀 artinya orang tersebut pengen senyum karena lagi bahagia atau senang. Senang karena mendapat pesan dari kamu, apalagi kamu adalah orang yang spesial. Pas kamu mendapatkan emot ini dari orang yang kamu senang saat berbalas chat atau komen dan artinya dia senang dan bahagia, wah auto hatimu juga ikut senang atau jantungmu berdetak kencang nih?. Selain itu, pas waktu orang mengirimkan emot ini bisa juga orang tersebut entah siapapun di hidup kamu, senang dengan pencapaianmu atau atas bantuan yang kamu tawarkan. Semisal saja ada yang mengirimkan pesan untukmu “Wah terima kasih atas bantuannya ya :D”, intinya emot 😀 mewakili perasaan senang/bahagia atau lagi ingin senyum.

  1. Biar Nggak Terkesan Kaku atau Cuek dan Menghargai Perasaan

Setuju atau enggak salah satu alasan kenapa orang menggunakan emoticon adalah agar terasa tidak kaku atau cuek. Nah emot 😀 salah satunya. Semisal nih, ada kabar bahagia dari seseorang dan mengirimkan kamu chat. Agar nggak terkesan kaku dan cuek kamu membalasnya dengan  menyertakan emot :D.  Emot 😀 juga bisa mewakili perasaan senang dengan kabar tersebut. Nah adanya emot 😀 jadi lebih berkesan dan kamu nggak pengen terkesan kaku atau cuek.

  1. Biar Nggak Marah

Adakalanya orang membalas chat lama atau sering slow respon. Nah, biasanya orang tersebut kadang menggunakan emot 😀 agar yang mengirimkan pesan tidak marah. Adanya emot tersenyum ini juga kadang dikirimkan saat belum bisa membalas secara lebih lanjut. Misalnya “Wah maaf ya, nanti aku balas  lebih lanjut ya 😀 atau “maaf udah slow respon tadi baru diluar nih:D”. Nah saat orang mengirimkan pesannya dengan emot 😀 saat sedang slow respon, orang tersebut nggak pengen yang mengirimkan pesan marah.

  1. Bingung Mau Balas Apa

Saat sedang asik chatingan ada saatnya bingung mau balas apa. Daripada merasa nggak enak pesanmu nggak dibalas, kadang orang mengirimkan emot untuk membalas. Bukan karena nggak mau usaha sih, cuma bingung aja. Alhasil menggunakan emot 😀 untuk membalas pesanmu.

Baca Juga  Ingin Kuliah di Ilmu Komunikasi UNY, Kamu Wajib Baca Ini!

5.  Ingin Mengakhiri Chat atau Males Chating Sama Kamu

Makna emot 😀 juga bisa ketika orang ingin mengakhiri chat atau malas chatingan. Beda dengan kalau semisal balas chat satu kata atau dua kata itu maknanya cewek ketika lagi marah balasnya singkat-singkat  wkwkw. Oke back to topic ya, nah saat orang ingin mengakhiri chat biasanya di balas dengan emot 😀 apalagi kalau cuma di balas wkwkkw :D. Nah bisa jadi tuh ingin mengakhiri chat. Atau bisa juga diartiin males chating sama kamu. Misalnya saat ada orang yang chating terus dibalas dengan emot :D, bisa jadi males chating sama kamu. Misalnya nih lagi PDKT terus cuma di balas sama emot :D, yahh belum juga deket udah ketolak halus wkwk.

Baca Juga  Ketika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, 4 Langkah ini Akan Menyelamatkan Hatimu

Nah itu bebera arti di balik emot :D. Kalau arti di balik emot 😀 menurut kamu apa? kamu juga bisa nih share arti emot 😀 pada kolom komentar di post ini.   Semoga bermanfaat ya!

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X