Pojok #UNYuTips

Cara Menulis Esai Versi Mahasiswa

Essay atau esai merupakan suatu bentuk tulisan yang di dalamnya berupa argumen atau opini permasalahan terhadap sesuatu serta terdapat fakta yang sesuai berasal dari sumber-sumber yang terpercaya. Esai dapat berisi tentang pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, atau suatu fenomena yang tersusun secara logis serta bisa dipahami dengan mudah. Sebagai mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan esai, karena setiap mahasiswa pasti pernah mendapatkan tugas dari dosen untuk menulis esai, ada juga syarat untuk mendaftar beasiswa harus mengirimkan esai, atau mahasiswa mau mengikuti perlombaan tentang esai. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus mengetahui bagaimana cara membuat esai yang baik.

Nah, sebelum menulis esai kita harus mengetahui makna dari esai tersebut, yuk simak cara menulisa esai versi mahasiswa! Berikut ini caranya:

  1. Pertama, tentukan tema yang akan dibahas

Hal paling utama kalua mau membuat esai harus menentukan tema atau topiknya, cara ini bisa dicari dengan menggali informasi yang sedang dibicarakan (viral). Mencari topik bisa dari sosial media, berita, membaca artikel jurnal dan bisa melalui website trends.google.co.id. Agar mendapat tema yang cepat mungkin seorang mahasiswa bisa menulis mengenai program studi atau mengenai kampusnya, dengan demikian kita bisa lebih mudah mendapatkan ide-ide menarik.

  1. Kedua, membuat kerangka esai
Baca Juga  Harapan Besar kepada Wakil Rektor Baru UNY yang Terpilih

Pembuatan kerangka esai atau garis besar esai yang akan dibuat bisa diawali dengan menulis poin-poin ide apa saja yang akan ditulis, mencari sumber yang terpercaya, dan menyusun kerangka penulisan sesuai struktur. Biasanya struktur ini diawali dengan judul, pendahuluan, isi, dan penutup.

  1. Ketiga, mulai menuliskan sesuai struktur esai yang benar

Mulai menulis dari semua ide-ide yang telah dibuat sesuai dengan urutan struktur esai yaitu judul, pendahuluan, isi, dan penutup. Dalam menuliskan judul bisa menggunakan singkatan, menggunakan bahasa asing, dan bisa dibuat secara menarik agar pembaca tertarik dengan isi tulisan kita. Pada bagian pendahuluan disusun seperti piramida terbalik, maksudnya bagian atas sendiri pembahasan secara umum, lalu semakin kebawah pembahasan khusus atau inti dari permasalahannya. Bagian isi esai atau biasa disebut dengan tubuh esai yang di dalamnya terdiri dari beberapa Alinea yang menjelaskan, menggambarkan, dan mendukung kalimat-kalimat yang ada. Sedangkan pada bagian penutup berisi kesimpulan dari tulisan kita, solusi untuk masa mendatang, dan juga prediksi-prediksi dalam pembahasan. Penulisan esai yang baik juga harus menampilkan sumber-sumber atau sitasi yang jelas dan akurat, hal ini dilakukan untuk meminimalisir tindakan plagiarisme.

  1. Keempat, baca dan periksan ulang esai yang sudah jadi
Baca Juga  Hai UNYu, Berikut Langkah Bijak Pasca SBMPTN 2018 !

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna harus rajin-rajin untuk meneliti Kembali tulisan kita sampai yakin bahwa tulisan sudah siap dipublish. Cek lagi tulisan yang telah jadi, baca-baca semua kalimat yang sudah ditulis, dilihat apakah ada kesalahan penulisan, bagaimana tanda bacanya sudah tepat atau belum, melihat gaya Bahasa sudah sesuai PUEBI atau belum, urutan paragraf yang sesuai dan struktur yang tepat.

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X