Kabar KampusPrestasi

Dua Robot Cantik Nan Gemulai UNY Raih Juara

YOGYAKARTA – Pada 23-25 September 2021, Pusat Prestasi Nasional dan Universitas Gajah Mada menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) wilayah 1 di Kota Yogyakarta. Kegiatan diikuti 58 dari perguruan tinggi dengan jumlah tim 140 dan 6 kategori.

Kontes robot digelar secara daring di kampus masing-masing dengan menerapkan prokes ketat. Salah satu peserta adalah dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan mengirim 6 tim yaitu Tim Mobo-Evo (KRSBI-Beroda), Tim Gareng Punk (KRSRI), Tim Al-‘Adiyaat dalam (KRSBI-Humanoid), Maestro-Evo (KRAI), Abhinaya (KRTMI), dan TimRosemery (KRSTI).

 

Tim Rosemery membuat 2 robot humanoid kembar cantik yang dapat menari. Tema Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tahun ini adalah Tari Gambyong Pareanom (tarian tradisional Surakarta, Provinsi Jateng). Tim Rosemary bersaing dengan 18 tim dari berbagai perguruan tinggi bagian barat (Sumatera, sebagian Jabar, dan Yogyakarta).

Baca Juga  Mahasiswi UNY Berhasil Olah Urine Kelinci Jadi Pupuk Cair Organik

Tari Gambyong Pareanom berhasil dibawakan dengan gerakan elok dan lemah gemulai oleh 2 robot kembar dari Tim Rosemery. Berkat gerakan gemulai 2 robot itu, Tim Rosemary meraih Juara 1 dan Best Artistik.

Tim Rosemery terdiri dari 13 mahasiswa aktif dari berbagai jurusan dan seorang dosen pembina. Mereka adalah Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs selaku dosen Pembimbing dan sebagai anggota tim yakni,

Manager – Durrotun Berliana (Pend. Teknik Mekatronika) & Al-Fina Khusnaini (Pend. Teknik boga)

Motion Programmer – Fatur Sena Alwafi (Pend. Teknik Mekatronika), Julizar Handi Wijaya  (Pend. Teknik Mekatronika), &  Devi Nur Latifah (Pend. Teknik Mekatronika)

Hardware Programmer – Irwan Ardiansyah (D4-Teknik Elektronika)

Baca Juga  Dr. Margana terpilih sebagai Wakil Rektor I UNY

Mechanic Engineer – Leandra okta (Teknik Elektro), La Marzan (Pend. Teknik Elektronika), & Burhan Dwi (Pend. Teknik otomotif)

Electronics Engineer – Dotu Perangga sakti (Pend. Teknik Elektronika), & Safitri Yuliana Utama (D4-Teknik Elektronika)

Artistic  – Lu`lu`ul Nabillah (Pend. Teknik Busana)

”Riset kami sempat terhambat karena ada lonjakan kasus Covid. Beberapa anggota tim juga ada yang terpapar. Namun, berkat doa dan dukungan banyak pihak, kami bisa meraih prestasi ini dan mendapat golden tiket untuk berkompetisi di tingkat nasional,” kata Ketua Tim Rosemary, Alfirdaus dari Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika (Julizar Handi Wijaya)

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X