Kabar KampusPrestasi

UKM Karnaval FT UNY Juara Parade Busana Daerah TMII 2017

UKM Karnaval FT UNY kembali menorehkan prestasi tingkat Nasional dalam kegiatan Parade Busana Daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 22-23 April 2017. Tim Karnaval FT UNY dan Dinas Pariwisata Kab. Sleman tampil sebagai kontingen dari Provinsi D.I. Yogyakarta dalam kegiatan ini. Parade Busana Daerah yang ke-9 ini merupakan serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT TMII ke 42 dimana ada  25 kontingen dari masing-masing provinsi se-Indonesia yang turut memriahkan gelaran ini.

Perlombaan Parade Busana Daerah TMII 2017 sendiri terdiri dari 2 kategori yaitu Busana Pengantin Daerah (kategori orisinal) dan Busana Pengantin Daerah menggunakan bahan daur ulang (kategori daur ulang).

Tim Karnaval FT UNY tergabung dalam kategori Busana Pengantin Daerah menggunakan bahan daur ulang, dengan desainer dan penata rias oleh Afif Ghurub Bestari, M.Pd. dan Kusminarko Warno,M.Pd., Dosen Pendidikan Teknik Busana FT UNY dan peraga busana oleh M Wahyu Fauzin (Pendidikan Teknik Mekatronika) dan Selvana Heruka (Pendidikan Teknik Busana).

Baca Juga  Menwa Pasopati Raih Tiga Piala Dalam Lomba Gerakan Merah Putih III

Afif Ghurub Bestari menceritakan bahwa kontingen Yogyakarta mengusung tema Busana Pengantin Daerah dan Busana Pengantin Daerah, Gurdha Narendra, menggunakan bahan daur ulang dari bekas kantong terigu, limbah industri surjan, bekas bungkus minuman instan, koran bekas, tas seminar dan tas belanja bekas, bekas kantong semen, pipet minuman dan limbah industri rajut.

 “Konsep busana sendiri terinspirasi dari busana pengantin Daerah Istimewa Yogyakarta Paes Ageng Kanigaran yang dipadukan dengan sumber ide motif batik Yogyakarta, yaitu motif Gurdho atau uar-laran yang berfilosofikan keagungan dan kejayaan,” ujar Afif.

“Aksesoris dan tata rias mengadaptasi dari Tata Rias Pengantin Yogyakarta, namun busana dibuat sedemikian rupa menyesuaikan tren yang sedang berkembang dewasa ini, dengan mempertimbangkan tingkat wearable, saleable, washable dan interesting,” lanjut Afif.

Baca Juga  Onyap : Obat Nyamuk Portabel Berbasis Panel Surya

Setelah dua hari berkompetisi dari Gladi Bersih hingga penampilan, Kontingen DI Yogyakarta meraih 4 piala. diantaranya kategori daur ulang sebagai Juara Perancang Adi Busana Unggulan, Juara Penata Rias Unggulan dan Juara Penyaji Adi Busana Unggulan serta kategori Orisinalitas sebagai Juara Peraga (pria).

Sementara itu Afifah Nadhirah Faiz selaku Ketua UKM Karnaval FT UNY menerangkan bahwa perlombaan Parade Busana Daerah TMII ini merupakan keikutsertaan pertama kali bagi Tim Karnaval FT UNY dan sangat membanggakan bisa meraih 3 juara pada kategori daur ulang.

“Selain untuk berkompetisi, keikutsertaan kami juga untuk membuktikan dan mengembangkan potensi dan prestasi dari Tim Karnaval FT UNY yang tidak melulu di bidang Karnaval saja, namun juga bidang lainnya seperti desainer, rias dan peragaan busana”, terangnya.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X