Pojok #UNYuTips

3 Hal Yang Jarang di Bahas di Kuliah, Ketahui Sebelum Terlambat!

Masa kuliah tentunya banyak hal yang dipelajari. Terutama hal yang sesuai jurusan atau kehidupan sekitar kuliah. Namun ada hal loh yang jarang atau kurang dibahas tapi penting untuk diketahui. Sebelum menyandang gelar atau melalang buana di luar sana dan  mencari pekerjaan, kamu perlu mengetahui hal berikut. Apa aja? Simak terus ya, jangan lupa share ke yang lain ya.

  1. Bimbingan Karir
foto: rencanamu.id

Selama di kuliah kita banyak belajar tentang materi, dunia sekitar kampus, dan organisasi. Namun, sedikit sekali memberikan bimbingan karir. Ini dihadapi saat menjadi fresh graduate  yang bingung mencari kerja.  Ini disebabkan karena tuntutan kampus yang mengharuskan lulus secara cepat atau tekanan dari luar, sehingga banyak hal yang perlu diasah. Seperti halnya kemampuan penunjang saat di dunia kerja. Nah mengetahui hal ini UNYu perlu banyak mencari informasi dan mengembangkan diri, sehingga saat dunia kerja datang menyapa sudah siap. Tak perlu takut gagal. Bukankah tidak perlu menjadi hebat dulu untuk memulai hal baru?. So.. belajarlah banyak hal untuk karid di masa mendatang.

Baca Juga  Tempat Tergalau di Kampus UNY

2. Membuat CV Kerja dan Persiapan Wawancara Kerja

foto: freepix

Hal yang tak kalah penting namun masih berkaitan dengan poin 1 adalah membuat CV dan persiapan wawancara kerja. Pada saat kuliah kita jarang diajari bagaimana membuat cv yang baik dan benar.  Padahal cv adalah jalan ninja untuk memperoleh pekerjaan dan memikat hati HRD. Selain itu, kita jarang diajari membuat surat lamaran, berkas apa saja yang perlu disiapkan atau bahkan persiapan wawancara kerja. Hmm.. tentunya ini hal penting, walau jarang dibahas bukan berarti kamu tidak bisa belajar. Kamu bisa siapkan atau minimal cari tahu dari sekarang.

3. Sering diajarkan Menabung, Namun Tidak dengan Investasi atau Mengatur uang

Baca Juga  Belum Tahu Akreditasi Prodimu? Yuk Simak Dulu!
picture: koinwork.com

Saat kita sekolah tentunya sering diajarkan untuk menabung. Nah ini juga hal yang jarang dibahas di kuliah. Dari dulu kita hanya diajarkan atau dianjurkan menabung, namun tidak dengan belajar investasi atau mengatur uang. Padahal ini hal basic yang perlu kamu siapkan dan pelajari saat ini. So.. walaupun belum bisa mulai, minimal cari tahu dulu tips dan tricknya

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut. Bukan berarti mengecilkan langkahmu ya UNYu, namun tetaplah semamgat karena kita bisa belajar dimana saja tidak hanya saat di kelas atau kuliah.

Zidni Khasanah

Alumni Prodi PG PAUD dan owner Omah Kelinci Jogja . Kebetulan juga suka nulis dan suka jadi teman main anak-anak :)

Related Articles

Back to top button
X