5.165 Kursi jalur SNMPTN tersedia di PTN Yogyakarta | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / 5.165 Kursi jalur SNMPTN tersedia di PTN Yogyakarta

5.165 Kursi jalur SNMPTN tersedia di PTN Yogyakarta

5.165 Kursi untuk mahasiswa baru disediakan oleh lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kelima PTN itu adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Wakil Rektor I UNY, Margana menyampaikan penerimaan mahasiswa baru oleh PTN sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2012. Dimana ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru salah satunya adalah SNMPTN. Kuota untuk mahasiswa baru masuk lewat jalur SNMPTN ini 30 persen dari total kuota mahasiswa baru yang akan diterima.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Prestasi di ASEAN UNIVERSITY GAMES 2014

“Sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-PT) SNMPTN merupakan proses seleksi berdasarkan penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” ujar Margana di Auditorium UNY, Selasa (16/1).

Margana menerangkan pendaftaran SNMPTN akan dimulai tanggal 21 Februari-6 Maret 2018. Sedangkan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 17 April 2018.

“UNY akan menerima sebanyak 4.690 mahasiswa baru, dengan 1.647 di antara lewat jalur SNMPTN,” ucap Margana

Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Wayan Dasna menuturkan untuk tahun 2018 pihaknya akan menerima sebanyak 1.222 mahasiswa baru. Khusus untuk jalur SNMPTN ISI Yogyakarta akan menerima 166 mahasiswa baru.

Baca Juga  UNY Gelar Seminar Nasional untuk Peringati Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita Persatuan

“Daya tampung penerimaan mahasiswa baru di ISI mencapai 1.222 orang. Dari 20 prodi yang ada hanya 11 prodi yang ikut SNMPTN dengan kuota 166 orang,” ungkap Wayan.

Wakil Rektor I UPN Veteran Yogyakarta, Mohammad Irhas Efendi menjabarkan tahun ini UPN Veteran Yogyakarta akan menerima mahasiswa baru sebanyak 2.770 orang. Lewat jalur SNMPTN pihaknya akan menerima 831 mahasiswa baru di 21 program studi.

“Animo pendaftar yang (peminatnya) cenderung tinggi yakni (program studi) Teknik Perminyakan, Geologi dan Tambang, kemudian Prodi Komunikasi juga tinggi,” papar Irhas.

Direktur Akademik UGM, Sri Peni Wastutiningsih menjelaskan, tahun ini UGM akan menerima 7.099 mahasiswa baru. Sebanyak 2.130 orang di antaranya akan diterima melalui jalur SNMPTN di 56 program studi S1 dan 11 program studi D3.

Baca Juga  Jadwal Registrasi Semester Genap 2016/2017

Sedangkan untuk UIN Sunan Kalijaga akan menerima 3493 mahasiswa baru di tahun 2018. Dari total mahasiswa baru itu, 391 orang akan diseleksi melalui jalur SNMPTN. [eko]

sumber : merdeka.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Dilan, Jangan Mau Dekat Dengan Anak Ilmu Administrasi Negara, Bahaya! Nanti Cinta!

“Jika perasaan cinta adalah kebahagian, maka belajar ilmu administrasi negara adalah bahagia yang sesungguhnya” kataku …