5 Cara Ampuh Menaklukan Hati Dosen | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / 5 Cara Ampuh Menaklukan Hati Dosen

5 Cara Ampuh Menaklukan Hati Dosen

Sekarang ini adalah saat yang paling hangat-hangatnya maba atau mahasiswa baru memasuki dunia kampus. Banyak definisi yang menjelaskan bagaimana kehidupan di dalam kampus. Bukan hanya sekedar definisi tentang itu saja. Adapula definisi yang membahas tentang mahasiswanya itu sendiri. Di dunia kampus ada beberapa sebutan untuk mahasiswa. Dari mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah Pulang-Kuliah Pulanh) samapai dengan mahasiswa Kura-Kura (Kuliah Rapat-Kuliah Rapat) itu semua adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan seorang mahasiswa di kampusnya.

pic : duniadosen.com

Sebagai seorang mahasiswa bertemu dosen adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditolak bagaimanapun caranya. Karena itu bagi seorang mahasiswa baru menganali tipikal dosen adalah sebuah kewajiban jika ia ingin mendapatkan nilai yang mumpuni di setiap semesternya. Dengan jumlah dosen yang banyak dengan demikian juga banyaknya karakter yang dimiliki dosen tersebut ketika mengajar dikelas. Kalau sewaktu SMA kita mengenal guru killer di universitas pun sebutan tersebut masih ada untuk beberapa dosen. Dibawah ini akan dijelaskan lima cara, bagaimana caranya untuk bisa menaklukan hati dosen agar bisa bersahabat dosen tersebut dengan kita.

Baca Juga  UNY dan Sekitarnya Mulai Dirontoki Hujan, Lakukan Hal Berikut !

Cara yang pertama dan yang paling utama untuk bisa menaklukan hati dosen adalah dengan mengetahui karakter dosen tersebut.

Sebagai seorang individu dosen memiliki berbagai macam karakternya sendiri. Ada dosen yang kaku, serius, da nada juga yang suka becanda. Kalau kita sudah mengetahui apa karakter dari dosen tersebut tinggal bagaimana kita memperlakukannya sesuai karakternya tersebut. Jadi kalau ada dosen yang suka becanda ajaklah ia becanda yang sewajarnya. Bagaimanapun kita harus tahu bahwa kelas dosen dengan mahasiswa jelas berbeda.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi mahasiswa yang patuh terhadap dosen.

Definisi patuh disini adalah penurut. Jadi kita harus benar-benar menjadi mahasiswa yang penurut terhadap dosen. Gak usah sok aktivis atau sok-sokan menentang jika kalian ingin bisa menaklukan hati dosen. Apapun yang dosen perintah lakukan saja dengan senang hati walau terkadang kita berasa seperti kacung. Tidak usah diperdulikan untuk hal tersebut jika kalian ingin menakluka hati dosen. Kalau kalian sudah penurut kepada dosen kalian akan mendapatkan nilai yang mumpuni dari mata kuliah dosen tersebut. Tidak pengaruh mau dosen itu seobjektif apapun ia.

Baca Juga  YUk, Mengenal Lebih Jauh FBS UNY Serta Daya Tampung dan Akreditasinya

Cara ketiga adalah dengan menguasai materi mata kuliah dosen tersebut dan bisa menjawab pertanyaan dosen itu ketika sedang menerangkan.

Mungkin ini hal kecil atau sepele bahkan kadang ketika dosen lupa tentang sesuatu hal yang tidak berkaitan dengan materi kuliah tetapi pada akhirnya kita bisa menjawab. Pasti dosen itu akan menaruh perhatian kecil pada kita. Dan kalau itu dilakukan secara terus-menerus dosen akan mengenali nama kita dan menghafalnya dengan baik.

Cara keempat yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan penampilan kita.

Ada beberapa dosen yang sangat ketat dan disiplin terhadap penampilan kita ketika saat perkuliah. Bahkan sampai baju lecek pun tidak akan lepas dari koreksi dosen seperti ini. Nah kalau mendapati dosen yang seperti ini sudah seharusnya kita selalu memperhatikan penampilan kita pada saat perkuliah ia dilaksanakan.

Baca Juga  10 Fakta Tentang Kampus UNY

Cara kelima yang harus dilakukan terhadap dosen adalah dengan berprilaku baik kepadanya.

Rasanya ini bukan hanya untuk menaklukan hati dosen saja. Tetapi lebih dari itu, hal-hal diluar ini seharusnya sudah menjadi kewajiba setiap manusia. Baik disini meliputi sopan santun terhadap dosen tindakan yang kita lakukan kepada dosen dan juga memiliki kinerja baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen tersebut. Contohnya adalah bisa mengerjakannya tepat waktu.

Mungkin itulah lima cara ampuh untuk bisa menaklukan hati dosen. Lakukan semuanya dengan ikhlas jangan mengharapkan timbal balik yang ingin didapatkan. Biarkan itu menjadi urusan yang diatas. Selamat mencoba bagi mahasiswa baru semoga beruntung.

About Khairul Ma'Arif

Mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

7 Tempat Makan Dekat UNY Dengan Harga Bersahabat Bagi Dompet Mahasiswa

Informasi ini sangat dibutuhkan sekali bagi kalian yang berstatus sebagai mahasiswa baru UNY angkatan tahun …