5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / 5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui

5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui

Seni tidak dapat dipisahkan dari manusia, jika seseorang telah akrab dengan seni maka naluri seni seseorang dapat datang kapan saja. Hal ini dapat didukung dengan menyalurkan minat dan bakat seni. Universitas Negeri Yogyakarta memiliki Fakultas yang berkenaan dengan seni yaitu Fakultas Bahasa dan Seni. Salah satunya adalah Pendidikan Seni Musik. Jurusan tempat Ghea Idol menimba ilmu ini memiliki daya tampung sebanyak 80 mahasiswa dengan rincian jalur SNMPTN 28, SBMPTN 28, dan Seleksi Mandiri 24. Berikut beberapa penjelasan mengenai Jurusan Pendidikan Seni Musik.

pic : instagram.com/hrrivaldoo/
  1. Sekilas tentang kuliah di Pendidikan Seni Musik UNY

Kuliah di Jurusan Pendidikan Musik UNY adalah menjadi sesuatu sebab menggabungkan dua disiplin ilmu yang dikaitkan satu sama lainnya. Disini musik sebagai seni tidak hanya dipandang sebagai sebuah pertunjukan, penampilan, menghibur dan sejenisnya tetapi juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang harus dipindahkan/ ditransfer kepada orang lain melalui proses pendidikan. Kurikulum yang digunakan mengakomodir hal tersebut. Dalam delapan semester, mahasiswa dibimbing untuk mapan dalam musik dan profesional secara pedagogis. Contohnya ialah selain terdapat mata kuliah praktik instrumen mayor, mahasiswa juga diberikan bekal pedagogis seperti perencanaan pembelajaran.

Baca Juga  Definisi Kesuksesan Akan Makin Sederhana Saat Fasemu Berada di Seperempat Abad Usia

  1. Sistem Pendidikan di Pendidikan Seni Musik UNY

Pendidikan Musik lebih banyak berorientasi kepada praktik daripada teori. Perkuliahan didesain dalam kurun waktu 8 semester. Di tingkat awal, terdapat banyak mata kuliah praktik sedangkan di tingkat akhir mata kuliah jenis teori yang lebih banyak karena menyesuaikan dengan kompetensi.

  1. Proses penentuan pilihan praktik instrumen mayor

Praktik instrumen mayor adalah mata kuliah instrumen utama dari seorang mahasiswa. Instrumennya pun ditentukan oleh masing – masing mahasiswa pada awal diterima sebagai mahasiswa jurusan pendidikan musik. Sebab mata kuliah praktik instrumen mayor akan dimulai di semester pertama. Pada waktu penyusunan kartu rencana studi, mahasiswa baru dapat berkonsultasi dengan pembimbing akademik untuk menentukan instrumen yang ia pilih. Namun konsekuensinya adalah ia harus mampu menyediakan instrumen itu secara pribadi, terkecuali beberapa instrumen yang harganya relatif terlampau mahal.

Baca Juga  Untukmu yang Galau Dirundung Perjodohan

  1. Susah dan senang kuliah di Jurusan Pendidikan Musik UNY

Streotip yang berkembang dimasyarakat bahwa kuliah di musik itu mudah, hanya main-main dengan alat saja, nge-band. Pada faktanya, banyak hal yang orang tidak ketahui. Sebagai contoh, orang memandang gitar hanya pada praktik kebiasaan mengiringi dengan teknik strumming bersama akor – akornya, tetapi dalam perkuliahan mahasiswa dituntut untuk mampu membaca notasi gitar klasik dan memainkannya. Pada awal perkuliahan terjadi sebuah shock karena secara tiba – tiba mendapatkan berbagai kuliah praktik yang itu tidaklah mudah bagi orang awam.

Namun senang yang kita rasakan adalah ketika telah melewati berbagai proses tersebut dan sesuatu telah kita dapatkan. Terkadang kuliah di Jurusan Pendidikan Musik UNY tidak seperti kuliah yang lain. Disini bentuk kuliah yang variatif juga menjadi sesuatu hal yang menyenangkan.

Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa UNY Memang Bukan Jurusan Biasa, Berikut Ulasannya

  1. Tentang tenaga pendidik dan fasilitas di Jurusan Pendidikan Musik UNY

Dosen di Jurusan Pendidikan Musik UNY sudah berpengalaman dan profesional dalam mengajar. Para dosen juga mampu memposisikan diri selain sebagai pengajar, pendidik, juga motivator dalam berbagai kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa.

Jurusan Pendidikan Musik UNY memiliki fasilitas yang cukup baik. Dengan 12 ruang praktik yang tersebar di Laboratorium Musik dan Tari dan Ruang Praktikum, Ruang Piano, Ruang Ansambel dan sebentar lagi akan ada satu fasilitas pendukung berupa gedung pertunjukan.

Begitulah penjelasan tentang Pendidikan Seni Musik UNY dari hasil wawancara admin dengan salah satu teman Prodi Pendidikan Seni Musik, terima kasih ya temannya mimin yang baik hati. Mungkin bisa kalian gunakan sebagai informasi dan referensi. Tetap semangat berjuang!

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

6 Alasan Kenapa Ikut Try Out SBMPTN Itu Penting

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi yang cukup dipertimbangkan bagi sebagian besar …