Pojok #UNYu

Daftar Dosen UNY Yang Masuk 500 Peneliti Terbaik Di Indonesia Versi Sinta

Pada hari Kamis, 28 Mei 2020 Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) telah mengumumkan 500 peneliti terbaik versi Science Technology Index (SINTA) 2020 secara virtual melalui akun Youtube Kemenristek/BRIN dan diumumkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia, Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro, Ph.D.

SINTA merupakan platform berupa inovasi sistem informasi iptek yang dikembangkan untuk mengukur kinerja individu, institusi, dan networking dari peneliti atau dosen studi. Program ini diadakan sejak tahun 2016 dan diluncurkan secara resmi pada 30 Januari 2017.

Indikator pemeringkatan SINTA 2020 dilakukan berdasarkan jumlah artikel terindeks Scopus yang diperhitungkan melalui quartil jurnal, jumlah artikel non-jurnal terindeks Scopus, jumlah sitasi di Scopus, jumlah sitasi di Google Scholar, dan jumlah artikel di Jurnal Nasional terakreditasi kategori S1 sampai S6.

Baca Juga  Kamu Lelah dengan Rutinitas Kuliah? Coba Baca Beberapa Tips Berikut

Menurut Menristek/BRIN, Sinta menjangkau lebih luas dibandingkan Google Scholar dan Scopus. Hal ini disebabkan karena Google Scholar hanya berbasis pada Google H-indeks dengan sitasi Google selama tiga tahun. Scopus berbasis dengan H-indeks, jumlah publikasi artikel, konferensi maupun sitasi yang terindeks tiga tahun, dan jumlah publikasi menurut kualifikasi dari Q1 sampai yang underfined. Sedangkan SINTA sudah mencakup penilaian semuanya yakni baik Google Scholar maupun Scopus sehingga yang masuk rangking SINTA merupakan para peneliti dan dosen yang memiliki publikasi dalam skala yang besar yang artinya memiliki jumlah artikel yang banyak, kualifikasi jurnal yang tinggi (QI, Q2), tingkat sitasinya tinggi, dan yang bersangkutan juga aktif dalam publikasi nasional.

Tercatat dalam situs web http://sinta.ristekbrin.go.id/  terdapat tiga dosen dari UNY masuk ke dalam 500 peneliti terbaik versi SINTA. Berikut ini daftar dosennya yaitu :

  1. Dr. Heri Retnawati, S.Pd.,M.Pd (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Matematika), peringkat ke-141 nasional dengan SINTA score 2.190,5
  2. Dr. Heru Kuswanto, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/ Pendidikan Fisika), peringkat ke-179 nasional dengan SINTA score 1.972
  3. Insih Wilujeng, M.Pd (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan IPA), peringkat ke-235 nasional dengan SINTA score 1.807,5
Baca Juga  Tips Hari Pertama Kencan dengan Pasanganmu

Tercatat sudah ada 1.155 peneliti dengan jumlah 51 publikasi jurnal yang masuk ke dalam sistem SINTA berasal dari UNY sehingga diharapkan dengan adanya susunan pemeringkatan di SINTA merupakan suatu apresiasi bagi para peneliti dan dosen agar dapat meningkatkan publikasi ilmiah dan dampaknya bagi masyarakat.

Untuk mengetahui daftar lebih lengkap 500 peneliti terbaik berdasarkan SINTA 2020 dapat dilihat melalui link http://sinta.ristekbrin.go.id/authors

Related Articles

Back to top button
Close
X