Artikel

5 Instrumen Investasi untuk Pemula, Simak Sekarang!

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun di hari tua adalah dengan melakukan investasi. Sebab, dengan berinvestasi, kamu bisa memperoleh keuntungan dari bunga atau return yang ditawarkan oleh berbagai instrumen investasi yang ada di Indonesia.

foto : pexels.com

Terlebih lagi di era sekarang, dimana keterbukaan informasi lebih mudah diakses. Membuat semua orang mengetahui betapa pentingnya investasi untuk kebutuhan finansial di masa depan. Nah, buat kamu yang baru ingin terjun ke dunia investasi. Ada baiknya, kamu mengenal berbagai instrumen investasi yang cocok untuk pemula.

5 Instrumen Investasi yang Mudah Dipelajari

Buat kamu yang masih bingung memilih instrumen investasi yang cocok, berikut ini beberapa instrumen investasi yang mudah dipelajari oleh pemula.

  1. Deposito

Deposito adalah instrumen investasi jangka pendek yang dimiliki oleh sebagian besar bank di Indonesia. Sistem yang dianut deposito hampir sama dengan menabung di bank. Namun, kamu tidak bisa menarik tabungan itu sebelum jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Akan tetapi jangka waktu tersebut bisa kamu tentukan sendiri. Mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. dengan menyimpan uang dalam bentuk deposito, kamu akan memperoleh keuntungan mulai dari 3 persen per tahunnya. Selain itu, deposito menjadi instrumen investasi dengan resiko yang rendah.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa uang tersebut tidak boleh diambil sebelum jatuh tempo yang sudah kamu tentukan. Jika kamu menarik uang sebelum tenggat waktu, kamu akan menerima denda dari penyedia layanan investasi deposito.

  1. Logam Mulia

Jika kamu ingin mencari instrumen investasi jangka panjang dan tidak perlu ribet, logam mulia adalah solusi yang bisa Anda pilih. Instrumen yang satu ini sangat cocok buat kamu karena mempunyai resiko yang cukup rendah. Hal ini karena harga emas di pasaran selalu stabil, bahkan cenderung mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Baca Juga  Hal-hal yang Dapat Menghanguskan Garansi Sepeda Motor Anda

Salah satu logam mulia yang difavoritkan masyarakat adalah emas. Nyatanya, sejak zaman dahulu, emas sudah dijadikan alat untuk investasi. Serta menjadi lambang kekayaan sejak zaman dahulu.

  1. Reksadana

Instrumen investasi lain yang juga difavoritkan oleh para pemula adalah reksadana. Hal ini dikarenakan investasi reksadana bisa dimulai dengan setoran awal mulai dari Rp. 100 ribu saja.

Selain itu, cara bermain reksadana sangat mudah dan menguntungkan. Karena kamu tidak akan mengelolanya sendiri. Sebab, yang bertanggung jawab untuk mengelola reksadana adalah manajer investasi.

  1. P2P Lending

Selain Reksadana, Peer-to-Peer (P2P) Lending juga menjadi investasi online yang saat ini digemari oleh anak muda yang ingin mencoba berinvestasi. Meski tergolong instrumen investasi yang baru di Indonesia, P2P Lending juga banyak diminati oleh investor lama.

Dengan berinvestasi melalui P2P Lending, kamu juga akan berperan dalam membantu UMKM di Indonesia. Sebab, uang setoran akan dijadikan modal pinjaman untuk modal usaha UMKM. Dan kamu akan mendapat return dari pengembalian pinjaman tersebut.

Satu hal yang membuat P2P Lending diminati oleh banyak orang adalah besaran return yang kompetitif dari waktu ke waktu. Sehingga timbal balik yang akan kamu dapatkan bisa lebih tinggi dari deposito.

  1. Obligasi

Instrumen investasi yang satu ini hampir sama dengan deposito. Bedanya, return yang kamu terima cenderung dinamis. Ketika kamu menyetorkan dana investasi obligasi ritel Indonesia, kamu akan menerima kepastian mengenai berapa imbal hasil yang akan kamu terima.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dengan resiko yang sangat rendah. Resiko yang rendah dari obligasi pemerintah ini karena pemerintah tidak akan gagal dalam membayar imbal balik dibandingkan dengan perusahaan.

Baca Juga  Proses Mendapatkan Work Permit Indonesia dan Sanksi Bagi Pelanggar

Setelah mengetahui berbagai jenis instrumen investasi yang cocok untuk pemula. Dan kamu ingin mencoba salah satunya, tidak ada salahnya untuk mencoba investasi obligasi yang ditawarkan oleh digibank by DBS. Hal ini tak lain, karena saat ini DBS Indonesia memberikan penawaran berupa cash reward hingga Rp 4,5 juta untuk para nasabahnya.

Keunggulan Investasi Obligasi Ritel Indonesia di digibank by DBS

Selain adanya penawaran khusus di atas, digibank by DBS juga menawarkan berbagai keunggulannya untuk kamu yang ingin melakukan obligasi ritel Indonesia. Adapun keunggulannya sebagai berikut:

  1. Layanan 24 Jam Nonstop via Aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti penyetoran selama 24 jam nonstop, tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia.

  1. Mendapatkan Imbalan Kupon Tetap

Kamu akan mendapatkan keuntungan yang tetap dari pembayaran imbal hasil atau kupon pada tanggal yang sama tiap bulannya.

  1. Jumlah Minimal Investasi Rendah

Investasi obligasi ritel Indonesia di DBS Indonesia bisa kamu lakukan dengan melakukan setoran minimal Rp. 1 juta saja.

  1. Rendah Resiko dan Menguntungkan

Seperti halnya investasi obligasi pada umumnya, digibank by DBS juga menawarkan instrumen investasi yang rendah resiko dan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito.

Itu dia berbagai keunggulan dari obligasi ritel Indonesia yang ditawarkan digibank by DBS. Dengan adanya berbagai penawaran tersebut, akan disayangkan jika kamu tidak segera melakukan setoran. Terlebih lagi ada cash reward yang akan kamu terima dengan setoran minimal Rp. 20 juta.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X