7 Alasan kenapa Kamu Harus Kuliah di FIS UNY! | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Pojok #UNYu / 7 Alasan kenapa Kamu Harus Kuliah di FIS UNY!

7 Alasan kenapa Kamu Harus Kuliah di FIS UNY!

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu universitas negeri yang berada di Yogyakarta. Pada tahun 2007, survey dari Ditjen Dikti RI menyatakan bahwa UNY merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di antara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promising university) ke kelas dunia.

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY bertujuan menghasilkan tenaga pendidik dan ilmuwan yang profesional dalam bidang pendidikan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial pada umumnya. Lulusannya memiliki keunggulan dalam penguasaan ilmu ilmu sosial transformatif (membumi) dan mampu memenuhi tuntutan dunia kerja. Fakultas ini merupakan pionir dalam pengembangan IPS terpadu yang menghasilkan guru IPS yang dapat mengajar IPS SMP/MTS dengan pendekatan terpadu. Selain itu, FIS memiliki karakteristik dalam pengembangan mata kuliah pendidikan karakter secara mandiri.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk masuk FIS UNY ulasan di bawah ini bisa dijadikan peneguh langkahmu untuk menjadi mahasiswa FIS UNY.

Baca Juga  Pengen dapat Perhatian Lebih dari cewek, Lakukan Hal Romantis Berikut

1.Pilihan jurusan yang bervariasi memungkinkan kamu memilih prodi sesuai dengan dengan minat dan kemampuan kamu kamu.

Saat ini FIS UNY memiliki delapan program studi yang terdiri dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Administrasi Negara dan komunikasi. Dengan pilihan program studi yang ada di FIS UNY, kamu bisa memilih prodi sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

2.Buat kamu yang ingin menjadi guru, kamu bisa memilih prodi kependidikan di FIS yang sesuai dengan minat kamu.

Untuk kamu yang ingin menjadi guru di bidang ilmu-ilmu sosial, kamu bisa  memilih program studi kependidikan yang ada di FIS UNY. Prodi kependidikan yang bisa kamu pilih di FIS UNY adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk mendukung hal itu FIS UNY memiliki program unggulan berupa pengembangan micro teaching dan model pembelajaran IPS, pengembangan kajian pribumisasi ilmu-ilmu sosial untuk pengembangan pendidikan  serta pengembangan program kemitraan dengan sekolah dan LPTK.

Baca Juga  Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut

3.Bukan hanya jurusan kependidikannya saja yang mumpuni, di sini kamu juga dapat memilih jurusan ilmu sejarah, administrasi negara dan komunikasi

Tak hanya program studi kependidikannya saja yang berkualitas, FIS UNY juga memiliki jurusan Ilmu Sejarah, Ilmu  Admistrasi Negara dan Komunikasi. Kamu bisa memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

4.Fasilitasnya yang lengkap akan membuat kegiatan perkuliahan jadi kian nyaman

Ketersediaan perpustakaan dan berbagai laboratorium akan sangat menunjang kegiatan perkuliahanmu. FIS UNY memiliki perpustakaan, sarana olahraga, tempat ibadah, kantin, laboratorium komputer dan internet, laboratorium micro teaching, laboratorium kearsipan, mesin-mesin kantor, dan simulasi perkantoran, laboratorium mengetik manual dan elektronik, laboratorium outdoor IPS, Laboratorium Geografi, Meteorologi & Klimatologi, Lab. PPKn dan Lab. Sejarah.

5.Dukungan tenaga pengajar yang kompeten dan profesional akan membuat kamu kian yakin bahwa kuliah di FIS UNY adalah pilihan yang tepat!

Dukungan dosen-dosen terbaik dan kompeten di bidangnya memastikan kamu bisa menerima ilmu yang ditransfer dengan baik. Keberadaan laboratorium memungkinkan mahasiswanya untuk bisa mengaplikasikan teori yang didapatkan di bangku kuliah.

Baca Juga  Wajahmu berjerawat? Coba Obati dengan Cara Alami Berikut

6. Gamang tentang biaya kuliah? Kalem! Kuliah di FIS UNY biayanya terjangkau kok!

Biaya menjadi pertimbangan penting saat memilih tempat kuliah. UNY menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem ini menggunakan metode subsidi silang. Besaran UKT yang dibayarkan dikelompokkan sesuai dengan kemampuan ekonomi tiap-tiap keluarga mahasiswa. Setiap semester mahasiswa hanya perlu membayar UKT saja, tidak perlu lagi membayar biaya-biaya lainnya. Lebih hemat bukan?

7. Prospek kerja lulusannya luas loh!

Bukan hanya menyiapkan lulusannya untuk menjadi guru pendidikan Ilmu-ilmu Sosial dan IPS, alumni FIS UNY juga memiliki peluang untuk bekeja sebagai birokrat, peneliti, penulis, entrepreneurship dan jurnalis.

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Tak Hanya di Jakarta, Ancol pun Ada di Jogja

Yup, kamu memang sedang tak salah baca. Ancol yang ini memang terletak di daerah perbatasan …