7 Maskot Fakultas di UNY yang Perlu Kamu Ketahui | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / 7 Maskot Fakultas di UNY yang Perlu Kamu Ketahui

7 Maskot Fakultas di UNY yang Perlu Kamu Ketahui

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus yang sekarang genap berusia 52 tahun ini memiliki 7 fakultas untuk jenjang S1. Setiap fakultas tentu memiliki identitas berupa maskot yang menjadi ciri khas masing-masing. Sehingga bagi mahasiswa UNY wajib mengetahui maskot setiap fakultas. Dan patut diketahui bagi mereka yang berniat melanjutkan studi di UNY. Berikut adalah 7 fakultas di UNY dengan maskotnya masing-masing:

maskot

  1. FEO, Si Lucu dari Fakultas Ilmu Pendidikan

FEO, adalah maskot dari Fakultas Ilmu Pendidikan, fakultas tertua di UNY. FEO merupakan wujud dari burung hantu berwarna hijau. Filosofi burung hantu secara umum adalah memiliki mata yang tajam. Seperti mahasiswa FIP yang mempunyai visi kedepan. Burung hantu juga lambang kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan. Sedangkan warna hijau adalah warna identitas FIP.

  1. Si Cantik Shinta dan Anoman Dhutadari Fakultas Bahasa dan Seni

Berbeda dengan fakultas lainnya, Fakultas Bahasa dan Seni memiliki maskot berwujud manusia asli yang memerankan sosok Anoman Dhuta dan Shinta dalam cerita Ramayana. Berbalut busana kebaya dengan sedikit warna ungu memperlihatkan keanggunan Shinta diikuti Anoman Dhuta. Shinta yang berasal dari cerita Ramayana memang identik dengan kultur FBS.

  1. Astronot dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus biru, kampusnya para saitis muda juga memiliki maskot yang menarik. Astronot merupakan bentuk implemnetasi dari berbagai pengembangan ilmu sains. Seperti halnya dengan FMIPA yang akan melahirkan saintis-saintis muda.

  1. Rangrang Si Pemberani dari Fakultas Ilmu Sosial

Rangrang atau dalam bahasa latin Oecophylla ini, menjadi maskot dari FIS. Rangrang merupakan semut yang berukuran agak besar dan memiliki kerjasama yang baik dalam koloninya. Mereka (rangrang) bergerak bersama-sama sangat identik dengan kampus pergerakan, FIS. Sedangkan warna merah merupakan warna khas dari FIS sendiri.

  1. Rajawali Utara dari Fakultas Teknik

Jawara, atau Rajawali Utara begitulah mahasiswa FT menyebutnya. Rajawali merupakan burung yang kuat, memiliki mata yang tajam, dan ditakuti musuhnya. Seperti halnya dengan FT yang memiliki visi yang kuat sehingga menghasilkan karya-karya gemilang.

  1. Harimau dari Fakultas Ilmu Keolahragaan

Harimau, merupakan hewan yang ganas. Hewan ini menjadi pilihan bagi FIK karena memiliki filosofi seperti FIK yang melahirkan karya lewat bidang olahraga. Mulai dari kecepatan, ketepatan, dan ganasnya harimau memang identik dengan FIK.

  1. Chipmunk dari Fakultas Ekonomi

Mungkin Anda pernah menonton kartun Alvin and The Chipmunk. Dalam bahasa Indonesia Chipmunk bisa diartikan sebagai Bajing Tanah. Hewan ini memang mirip dengan tupai. Bajing Tanah merupakan hewan yang cerdas dan cepat, sehingga identic dengan calon ekonom muda dari FE.

Baca Juga  Tipe mahasiswa seperti apa kamu ???

About M S Fitriansyah

Mahasiswa PGSD Penjas 2015 | Suka menulis dimana saja, tak terkecuali di tembok rumah tetangga

Check Also

Spot Menarik di UNY bagi Pencinta Foto

Bagi sebagian mahasiswa di suatu universitas mengabadikan setiap momen di kampus tercinta sudah menjadi sebuah …