Artikel

Beberapa Cara Untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah program pemerintah dengan menggunakan beberapa ospek seperti JHT BPJS Ketenagakerjaan salah satu program dari BPJS Ketenaga kerjaan. Dimana saldo tersebut selalu bertambah setiap bulannya, karena ini berasal dari pemotongan gaji peserta dan iuran perusahaan, untuk penambahannya sendiri sekitar 5,7 persen dari pendapatan bulanan kalian. Yang berarti saldo JHT BPJS ketenagakerjaan ini berasal dari pemotongan gaji peserta serta iuran perusahaan untuk rinciannya berupa potongan sebesar 2 persen untuk perusahaan sebesar 3,7 persen. Tentu saja kalian bisa melihat saldo tersebut dengan beberapa cara, dan berikut ini ada beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSKU

Untuk sekarang BPJS telah mengeluarkan aplikasi BPJSKu untuk mempermudah kalian dalam mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian. Yang mana untuk aplikasi ini kalian harus mengunduh terlebih dahulu aplikasinya di playstore maupun apple store, kemudian kalian bisa mendaftar dan ikuti petunjuk yang ada. Untuk mengecek saldo di aplikasi, kalian membutuhkan nomor peserta jamsotek atau KPJ di kartu kalian, lalu KTP, setelah semua data telah kalian isi kalian bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi di ponsel kalian.

  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website-nya
Baca Juga  PMB UPN Yogyakarta Jalur Seleksi Mandiri

Kalian bisa mengecek saldo lewat website resminya BPJS, dan kalian juga harus melakukan penaftaran di webite tersebut. Dimana kalian bisa memilih dari tiga segmen peserta yang dapat kalian periksa saldonya sesuai yang kalian pilih seperti PU, Penerima Upah, BPU, Bukan Penerima Upah, BMI, Buruh Migran. Setelah kalian memilih dari salah satu kategori peserta, kalian bisa masukan email yang aktif. Selanjutnya isi formulir sesuai data diri, dan input nomor kepersertaan BPJS Ketengakerjaan, termasuk nomor aktif, email hingga nama ibu, kemudian akan dikirin pin lewat sms yang bisa kalian ferivikasi setelah itu kalian bisa cek saldonya.

  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Sekarang kalian bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan kalian lewat sms yang mana jika kalian tiak mempunyai akses internet yang stabil. Dan terdapat beberapa langkah yang harus kalian lakukan sperti, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan mengirim sms melalui nomor 2757. dengan format sms mendaftarkan cek saldo JHT melalui layanan pesan singkat seperti ini kalian bisa mengetikan: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO PESERTA#EMAIL, jika punya. Dan kalian bisa kirim ke 2757 untuk proses selanjutnya. Setelah kalian dinyatakan telah terdaftar, kalian bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via sms dengan mengetik: SALDO(spasi) no perserta, dan kirim ke 2757.

  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat ATM BNI
Baca Juga  Daftar CAMABA LOLOS SM SBMPTN UNY 2018

Bagi kalian yang menggunakan nasabah bni, kalian bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian disini, yang mana kalian pesertanya hanya perlu memasukan kartu Atm di mesin BNI kemudian memilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah dilakukan bukan.

  1. Datang Langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Cara menatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo merupakan langka terakhir yang bisa kalian lakukan. Dimana kalian bisa mengecek dan bertanya pada resepsionis disana yang bisa kalian tanyakan, dan untuk mengecek saldo JHT di kantor BPJS Ketenagakerjaan kalian harus siap dengan semua syarat yang dibutuhkan dan harus kalian bawa seperti kartu keluarga dan ktp, hingga kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kalian dan kalian juga akan mengisi beberapa formulir yang harus di isi.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X