Artikel

Mengenal Perusahaan Sekuritas

Pernahkah kamu mendengar tentang perusahaan sekuritas? Ini seringkali dikaitkan dengan perbankan investasi. Padalah, perusahaan sekuritas tidak sama dengan perbankan investasi. Bagaimana pun perbankan investasi bertanggung jawab membantu investor dalam menerbitkan sekuritas, terutama saham dan obligasi. Dalam artian perbankan investasi dapat menerbitkan saham baru dalam pelaksanaan perannya. Sementara itu, perusahaan sekutitas hanya membantu investor dalam proses perdagangan sekuritas dipasar modal. Dengan begitu, perusahaan sekuritas hanya menjadi perantara bagi investor dan saham baru yang diperdagangkan di pasar modal.

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Peusahaan Sekuritas? Perusahaan Sekuritas ialah perusahaan yang bergerak dibidang transaksi jual beli efek, tetapi berperan sebagai perantara antara investor dengan pasar modal dalam melakukan transaksi jual beli efek. Lalu apa saja kegiatannya? Ada dua kegiatan utama yang dimiliki perusahaan sekuritas, yaitu perantara perdagangan efek dan penjamin emisi  efek. Dalam menjalankan perannya sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas bertanggung jawab pada dua hal. Pertama, pelaksana kegiatan jual beli efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau pihak lain. Kedua, pelaksanaan jual beli saham dan obligasi dapat dilaukan melalui bursa efek atau diluar bursa efek. Kegiatan kedua yang dilakukan perusahaan sekuritas adalah penjamin emisi efek. Ini merupakan tanggung jawab utama perusahaan, yaitu membantu calon emiten dalam pelaksanaan penawaran umum saham (IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual.

Apa kamu tertarik untuk menggunakan jasa dari perusahaan ini? Jika iya, maka kamu harus memperhatikan beberapa faktor berikut agar tidak salah memilih perusahaan. pertama adalah reputasi dan pengalaman dari perusahaan tersebut. Ini jelas sangat penting karena reputasi akan berbanding lurus dengan kinerja yang diberikan. Semakin lama perusahaan sekuritas berdiri, semakin berpengalaman pula perusahaan tersebut dalam mengatur klien, membaca situasi pasar modal serta mengatur keuangan klien. Perusahaan sekuritas yang telah memiliki reputasi baik serta jam terbang tinggi pastinya akan sering direkomendasikan oleh rekan-rekan investor. Oleh karena itu tidak ada salahnya mempertimbangkan pendapat investor lain untuk memilih perusahaan sekuritas yang  tepat. Kedua adalah biaya untuk broker dan pialang yang digunakan. Kamu dapat memilih sesuai dengan budgetmu. Selain biaya komisi, anda juga sebaiknya memperhatikan jumlah deposit mnimal yang harus disetorkan kepada perusahaan sekuritas. Ketiga adalah kompetensi, ini ditentukan oleh tim research analyst yang bertugas untuk melakukan riset terhadap saham, baik dari sisi teknikal maupun fundamental. Selanjutnya adalah perizinan, seorang pialang harus mendapat izin yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) yaitu, Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE), Wakil Manajer Investasi (MMI) dan Wakil Penjamin Emisi Efe (WPEE). Faktor terakhir yang perlu untuk diperhatikan adalah modal dan likuiditas, semakin besar modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sekuritas, semakin kuat pula perusahaan tersebut. Selain modal, likuiditas, yakni perbandingan antara aset lancar dan aset tetap sebuah perusahaan sekuritas juga penting.

Baca Juga  Transfer Mata Uang Asing, Baikkah Untuk Kesehatan Negara

Faktor-faktor tersebut tentunya dapat menjadi pertimbangan jika kamu ingin menggunakan jasa dari perusahaan sekuritas. Jangan sampai tertipu oleh perusahaan abal-abal yang memiliki banyak kedok dalam mencari korban. Jangan asal dalam menentukan pilihan. Kamu dapat mencari tahu tentang beberapa perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Satu-satunya perusahaan sekuritas Indonesia sebagai pemain regional Asia dengan layanan solusi pasar modal yang komprehensif serta memiliki tim dealer dan research terpercaya adalah Mandiri Sekuritas.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X