Pojok #UNYuUNY Banget

Berbagai Gelar Sarjana di Kampus UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu universitas negeri di Indonesia. Yang cukup tua berdiri dan juga merupakan salah satu yang terbaik di Yogyakarta. Tentu sebagai salah satu kampus bergengsi, UNY memiliki beragam jurusan dari berbagai rumpun ilmu. Kampus urban yang berada tengah Yogyakarta ini juga menjadi kampus favorit di kawasan ini. Maka dari itu, tentu kampus UNY memiliki beragam jurusan yang banyak meluluskan diploma, sarjana, dan pascasarjana. Diantara program tersebut, program gelar sarjana merupakan program yang paling banyak diminati di era sekarang ini.

Program studi yang menyelengarakan program sarjana di UNY berjumlah 60 prodi. Tersebar di 7 Fakultas dalam kampus pusat dan cabang. Program gelar Sarjana terbagi dua saat ini yaitu strata 1 dan diploma 4.

Berikut macam-macam gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta :

  1. Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Gelar Sarjana yang banyak dan umum di UNY adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Kampus UNY memang sejak lama dikenal sebagai kampus kependidikan yang melahirkan guru serta tenaga pendidik berkualitas di provinsi DIY dan sekitarnya. Bahkan menjadi kampus kependidikan terbaik di Indonesia saat ini.

Sarjana Pendidikan sendiri diberikan dari berbagai bidang ilmu yang berkaitan kependidikan, mulai dari pendidikan yang biasa diajarkan di sekolah seperti sains, sosial, bahasa, teknik, ekonomi, olahraga, hingga keilmuan dari pendidikan itu sendiri (Kebijakan, Manajemen, dan Teknologi pendidikan). Hampir di setiap fakultas dalam kampus UNY terdapat gelar S.Pd. Dari macam-macam pendidikan itu gelar Sarjana Pendidikan tersebut beberapa diantaranya dapat gelarnya diikuti dari bidang studi yang didalami seperti Sarjana Pendidikan Sains, S.Pd.Si.

  1. Sarjana Sastra (S.S.)

Gelar sarjana yang juga populer di kampus ini adalah Sarjana Sastra (S.S). Sejak lama memang UNY telah banyak melahirkan sarjana-sarjana sastra berkualitas dan menjadi identitas tersendiri bagi kampus guru ini. Selain para lulusan Sastra, Sarjana Sastra juga menjadi menjadi gelar bagi beberapa lulusan selain dari sastra seperti Sejarah. Sarjana Sastra ini merupakan salah satu dari sarjana non kependidikan di UNY. Beberapa prodi yang memberikan lulusannya gelar Sarjana Sastra adalah prodi S-1 Sastra Indonesia, S-1 Sastra Inggris, dan S-1 Ilmu Sejarah.

  1. Sarjana Administrasi Publik (S.A.P.)

Masih dalam rumpun soshum, gelar selanjutnya berasal prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sebelumnya prodi ini bernama Ilmu Administrasi Negara, seiring perubahan nama prodi nmenjadi Administrasi Publik sejak tahun 2019. Penggantian nama ini akan dilanjutkan dengan mengubah gelar akademik lulusan Administrasi Publik di UNY dari Sarjana Sosial (S.Sos) menjadi Sarjana Administrasi Publik (S.A.P).

  1. Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Program studi lain yang juga meimiliki gelar identik dengan jurusannya adalah Ilmu Komunikasi, FIS UNY. Prodi yang menjadi salah satu prodi terfavorit di PMB UNY ini juga merupakan salah satu prodi termuda di FIS. Gelar yang diberikan oleh prodi S-1 Ilmu Komunikasi pada lulusannya adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

  1. Sarjana Psikologi (S.Psi.)

Dalam Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ternyata juga terdapat gelar non kependidikan lho. Gelar tersebut berasal dari prodi Psikologi yang memberikan para lulusannya dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi.). Berdiri sejak tahun 2015. Psikologi UNY merupakan salah satu prodi favorit dan memiliki animo pendaftar yang cukup banyak.

  1. Sarjana Ekonomi (S.E.)

Identik dengan Fakultas Ekonomi. Prodi-prodi ini selalu menjadi favorit dalam PMB UNY beberapa tahun ini. Prodi tersebut adalah S-1 Manajemen dan S-1 Akuntansi. Bagi mahasiswa yang telah menempuh salah satu dari prodi tersebut akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.). Sarjana Ekonomi ini merupakan salah satu dari sarjana non kependidikan di UNY.

  1. Sarjana Sains (S.Si.)

Tiba pada rumpun saintek, gelar ini banyak diterima oleh mahasiswa-mahasiswa yang telah selesai menempuh studi di Fakultas MIPA (FMIPA). Gelar tersebut adalah Sarjana Sains (S.Si.). Selain para lulusan Sains, Sarjana Sains juga menjadi menjadi gelar bagi beberapa lulusan selain dari mipa seperti Statistika. Sarjana Sains ini merupakan salah satu dari sarjana non kependidikan di UNY. Beberapa prodi yang memberikan lulusannya gelar Sarjana Sastra adalah prodi S-1 Matematika, S-1 Fisika, S-1 Kimia, S-1 Biologi, dan S-1 Statistika.

  1. Sarjana Teknik (S.T.)

Kita menuju dunia teknik UNY. Dalam kesempatan ini mahasiswa di fakultas teknik terbagi atas dua jenis yakni sarjana kependidikan dan non-kependidikan. Bagi mereka yang kependidikan tentu akan bergelar S.Pd. Lalu bagi mereka yang menempuh studi non-kependidikan akan bergelar Sarjana Teknik (S.T.). Di Fakultas Teknik UNY terdapat setidaknya 4 prodi non-kependidikan diantaranya adalah S-1 Teknologi Informasi, S-1 Teknik Elektro, S-1 Teknik Manufaktur, dan S-1 Teknik Sipil.

  1. Sarjana Olahraga (S.Or.)

Menuju ke dunia olahraga UNY. Sama seperti halnya prodi-prodi sebelumnya di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK-UNY) juga terbagi atas dua jenis yakni sarjana kependidikan dan non-kependidikan. Bagi mereka yang kependidikan tentu akan bergelar S.Pd. Lalu bagi mereka yang menempuh studi non-kependidikan akan bergelar Sarjana Olahraga (S.Or.). Di FIK UNY baru ada satu prodi yang baru memberikan lulusannya gelar Sarjana Olahraga yakni dari prodi Ilmu Keolahragaan (IKOR).

  1. Sarjana Terapan (S.Tr.)

Terakhir, gelar sarjana yang ada di kampus UNY berasal dari program diploma 4 (D-IV). Program ini hanya diselenggarakan tiga fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Program ini juga terpusat pada kampus Wates dan Gunungkidul. Gelar sarjana yang akan diberikan bagi lulusan diploma 4 adalah Sarjana Terapan (S.Tr.). Gelar ini diberikan pada seluruh program studi yang berjenjang D-IV. Tanpa terkecuali baik dari rumpun saintek maupun soshum. Program D-IV di UNY memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan program S-1 atau sarjana yakni lebih banyak menerapkan praktikum daripada materi yang diajarkan dikelas. Serta menjadi salah satu pendidikan vokasi terbaik di Yogyakarta.

Baca Juga  Hai  Camaba UNY: Ini Loh 4 Jalur SM UNY Yang Bisa Kamu Ikuti!

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
Close
X