intip JurusanPojok #UNYu

Pengen Kuliah di Psikologi UNY? Kuy Baca Artikel Ini

Pernah nggak sih mendengar tentang program studi Psikologi? Entah itu dari teman, orang tua, guru, atau orang-orang di sekitar. Kalau memang pernah dan sering berarti prodi Psikologi telah lekat terdengar di telinga. Bagi calon mahasiswa baru nih yang pengen kuliah di psikologi, pengen tau lebih lanjut tentang fakta unik, pandangan kebanyakan masyarakat, animo pendaftar, dan apa saja yang dipelajari di psikologi?. Atau bagi yang sedang galau menentukan pilihan jurusan. Psikologi UNY bisa menjadi pilihanmu. Tak usah bingung lagi, kuy simak beberapa penjelasan tentang psikologi yang wajib kamu tau.

1. Stigma Atau Pandangan yang salah tentang Prodi Psikologi

Psikologi 2016 Kelas A

Sebelum berkenalan lebih jauh tentang prodi psikologi ada fakta unik nih tentang stigma atau pandangan yang salah dari prodi ini. Pernah nggak sih ketika mendengar prodi Psikologi, terlintas dipikiran “Wah pasti yang mahasiswanya bisa baca pikiran”. Atau ketika di jalan bertemu mahasiswa prodi ini terus kenalan gitu dan langsung nanya “Ohh kamu prodi psikologi ya?, kamu bisa baca pikiranku dong”. Beberapa pertanyaan yang lainnya pun sering muncul seperti “Wah, aku ini menurutmu gimana sih orangnya?” Itulah yang mungkin terlintas dipikiran bahwa mahasiswa psikologi itu bisa baca pikiran orang seperti dukun. Padahal pandangan itu salah loh. Hal ini dikarenakan mahasiswa psikologi bukan dukun yang tau karakteristik orang hanya sekali bertemu, tetapi juga perlu menyebar angket. Dimana perlu adanya tindakan untuk mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Jadi tentunya pandangan mahasiswa psikologi yang dapat membaca pikiran layaknya dukun dapat dipatahkan.

2. Prodi favorit UNY dan Animo Pendaftar yang Banyak

pic : instagram.com/psikologiuny/

Ada fakta unik dan menarik lainnya nih, khususnya di prodi Psikologi di UNY. Berkat sepak terjang yang hebat Psikologi UNY mampu menempati urutan ke empat prodi favorit jalur SNMPTN dengan animo pendaftar 2018 yaitu sebanyak 2.150 orang. Hal ini dilansir dari sumber SNMPTN.AC.ID bahwa prodi psikologi mampu bersaing dengan prodi favorit lainnya di UNY. Tentunya suatu prestasi yang membanggakan, terlebih lagi animo pendaftar yang banyak tidak hanya berada di jalur SNMPTN saja loh. Pada jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM) di UNY yang ingin lolos ke prodi ini banyak. Dari sumber lain yaitu melalui pmb.uny.ac.id apabila ditotal  jumlah pendaftar tahun 2018 dari tiga jalur seleksi mencapai sebanyak 7,938 orang yang akan memperebutkan kouta 80 kursi secara ketat.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Fisika UNY

3. Berdiri Pada tahun 2015

Adanya fakta bahwa psikologi merupakan jurusan yang favorit, perlu diketahui bahwa prodi ini berdiri sejak tahun 2015 dibawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Walaupun berada di FIP, Psikologi merupakan prodi murni dan lulusannya mendapatkan gelar S.Psi. Kemudian prodi ini juga telah meraih akreditasi B. Tentunya merupakan langkah yang bagus untuk prodi yang memang belum lama berdiri. Tetapi tidak hanya itu lohh, pada tahun ini prodi Psikologi telah meluluskan mahasiswanya.

 

4. Hal yang dipelajari dan Prospek Kerja dari Prodi Psikologi

Secara garis besar berdasarkan penjurusan di prodi Psikologi ada beberapa hal yang tentunya difokuskan untuk dipelajari. Hal itu meliputi psikologi sosial yang membahas tetang masalah sosial pada umumnya, Psikologi klinif tentang perilaku maladaptif atau abnormal, Skizofrenian, depresi, stress dll. Selain itu ada juga psikologi pendidikan membahas tentang pendidikan psikologi pada umumnya, psikologi perkembangan membahas tentang perkembangan dari anak sampai manula, dan ada psikologi industri dan organisasi yang terkait dengan rekruitmen dan managemen SDM. Prospek kerja dari prodi ini juga dapat menjadi HRD maupun asisten psikolog atau membuka biro konsultasi. Selain itu, dapat menjadi psikolog dan dosen apabila melanjutkan pendidikan sampai S2.

Baca Juga  Tentang Hotspot Yang Bernama YSU

5. Beragam Ekstrakulikuler yang Banyak Mendulang Prestasi

pic : instagram.com/psikologiuny/

Pada prodi ini beragam ekstrakulikuler diadakan untuk menunjang potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa psikologi. Tak tanggung-tanggung ekstrakulikuler yang ada terdiri dari tari, musik, teater, debat, dan olahraga. Berkat perjuangan yang gigih, berbagai prestasi pun dapat dihasilkan dalam berbagai bidang.

6. Gencar Melakukan Promosi Kesehatan Mental dan Kegiatan Sosial

pic : instagram.com/psikologiuny/


Seperti yang udah diketahui bahwa banyak berbagai permasalahan yang terjadi dari fisik dan psikologi. Salah satu yang menjadi hal penting adalah tentang kesehatan mental. Pernah tidak mendengar tentang “Wah ngapain ke psikolog?” atau anggapan bahwa pergi ke psikolog dianggap gila. Selain itu, ada juga tentang anggapan yang lekat di kehidupan masyarakat bahwa ketika kesehatan mentalnya terganggu, sering dibilang kesurupan. Tentunya adanya pandangan ini harus dipatahkan terutama mengingat bahwa kesehatan mental itu penting. Langkah yang di lakukan di prodi psikologi adalah adanya program promosi kesehatan mental, Ada yang membuat video kemudian disebar luaskan, ada juga yang melakukan kampanye, dan melakukan pengabdian untuk promosi kesehatan mental dengan mendatangi desa dan mengadakan seminar. Langkah lain sebagai wujud kepedulian adalah prodi Psikologi gencar melakukan kegiatan sosial.

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X