PMB UNYPojok #UNYu

Berikut Daftar Prodi Favorit SBMPTN UNY 2020

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia. UNY merupakan salah satu kampus negeri terbaik yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak para pelajar yang mempunyai cita-cita ingin menjadi bagian dari UNY. Dikarenakan UNY adalah kampus negeri, maka salah satu jalur yang bisa calon mahasiswa pilih untuk dapat bergabung menjadi bagian dari UNY adalah jalur SBMPTN. Sudah bukan suatu yang mengherankan jika UNY sering berada di list teratas kampus yang banyak peminat pada jalur SBMPTN ini.  Berikut prodi favorit pada jalur SBMPTN UNY Tahun 2020 :

  1. Teknik Sipil

Pada urutan pertama dalam rumpun saintek ada Teknik Sipil. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan program studi ini. Teknik Sipil merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari perencanaan atau perancangan, manajemen, manufaktur serta konservasi dari berbagai fasilitas dan sistem pendukung sebuah kota, desa dan perkotaan. Sangat banyak benefit yang bisa dirasakan oleh lulusan teknik sipil, antara lain memiliki peluang kerja sangat luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Pada tahun 2020, Prodi Teknik Sipil SBMPTN UNY memiliki peminat sebesar 987 orang dengan daya tampung hanya 18 orang. Wah! Super ketat sekali kan?

  1. Teknik Informasi

Urutan kedua prodi favorit SBMPTN UNY 2020 Saintek adalah Teknik Informasi. Dengan peminat sebanyak 923 orang dan daya tampung hanya 18 orang. Teknik Informasi adalah sebuah jurusan yang didalamnya banyak mempelajari tentang hardware, software dan brainware. Lulusan dengan gelar S.TI ini nantinya bisa menjadi seorang ahli digital forensik, pengembang aplikasi mobile sampai bisa menjadi seorang ahli sistem TI. Keren sekali bukan? So, persiapkan dirimu jika ingin menjadi bagian dari TI ya!

  1. Pendidikan Matematika

Mana suara para calon pendidik matematika? Nah kalian harus memiliki persiapan ekstra nih, karena prodi pendidikan matematika masuk dalam list prodi favorit dalam SBMPTN UNY 2020. Dengan peminat 789 dan daya tampung 36. Prodi ini cocok banget buat kamu yang suka banget matematika dan punya passion mengajar! Semangat mengejar cita-cita ya !

  1. Pendidikan Teknik Informatika

Prodi Pendidikan Teknik Informatika merupakan prodi yang berfokus untuk melahirkan para tenaga pendidik yang ahli dibidang komputer. Lulusan ini cocok untuk bekerja sebagai guru mata pelajaran TIK  baik di SMP, SMA atau bahkan bisa menjadi dosen di kampus. Prodi ini pun saat ini banyak dilirik karena dunia sekarang teknologinya semakin maju, sehingga pendidik teknologi pun akan semakin dibutuhkan. Pada jalur SBMPTN UNY 2020, Prodi ini menjadi urutan ke 4 prodi favorit dengan peminat sebanyak 780 dan daya tampung hanya 18 kursi.

  1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi peneliti dan pengajar pendidikan jasmani. Hal-hal yang dipelajari di prodi PJKR ermacam-macam, diantaranya adalah pendidikan jasmani untuk memberikan pendidikan terkait kegiatan jasmani dengan melatih siswa dari aspek fisik, psikomotor, kognitif, afektif dan sosial secara bersamaan; kesehatan dan pembelajaran terkait gizi, fisiologi, anatomi, serta keamanan dan keselamatan; dan juga rekreasi di mana siswa diajarkan berbagai permainan dan kegiatan lapangan yang tujuannya untuk beristirahat dari kejenuhan rutinitas. Prodi PJKR yag mana merupakan bagian dari FIK UNY ini merupakan prodi favorit SBMPTN UNY 2020 di urutan 5 dengan peminat sebanyak 774 dan daya tampung 95 kursi.

Diatas merupakan 5 program studi saintek favorit dalam jalur SBMPTN UNY 2020. Berikut 5 prodi favorit dalam rumpun Sosial Humaniora (Soshum) :

  1. Manajemen

Manajemen UNY merupakan prodi termasyhur yang menjadi langganan prodi dengan peminat terbanyak nih! Pada SBMPTN 2020, Prodi manajemen memiliki peminat sebanyak 3771 dan daya tampung 104 kursi. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Kamu berminat jadi mahasiswa manajemen UNY? Semangat belajar dan berproses ya!

  1. Ilmu Komunikasi

Acungkan tangan siapa yang mau jadi anak hitsnya ilkom? Hehe. Prodi Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Pada SBMPTN UNY Tahun 2020, Ilkom menempati posisi prodi terfavorit kedua setelah manajemen lho! Dengan peminat sebanyak 2671 dan daya tampung 54 kursi.

  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Salah satu rujukan terbaik ketika kalian ingin menjadi seorang pendidik SD tentunya UNY dong! Hal ini dibuktikan dengan selalu banyaknya peminat program studi PGSD UNY ini. Pada jalur SBMPTN UNY 2020, PGSD memiliki peminat sebanyak 2456 dan daya tampung 90 kursi.

  1. Psikologi

Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Untukmu para calon psikolog yang ingin berkuliah di UNY, harus persiapkan dirimu mulai dari sekarang ya! Persaingan yang cukup ketat akan kamu hadapi! Pada SBMPTN 2020 UNY, Prodi Psikologi memiliki peminat sebanyak 2441 dan daya tampung hanya 36 orang!

  1. Akuntansi

Prodi Akuntansi rasanya sudah tak asing lagi ditelinga kita. Prodi yang banyak diidamkan banyak orang ini menempati urutan ke 5 ketetatan pada SBMPTN UNY 2020. Dengan peminat 1873 dan kursi hanya 52, kamu dituntut untuk usaha ekstra jika mau menjadi salah satu orang yang bisa duduk di kursi itu. Lulusan akuntansi memang banyak sekali memiliki benefit. Berbagai sektor pasti akan membutuhkan seorang akuntan. Oleh sebab itu, tak heran jika akuntansi merupakan prodi yang banyak dicari. Semangat!

Baca Juga  Antara Jaminan PNS Atau Pengabdian

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X