PMB UNYPojok #UNYu

Berikut Daftar Prodi Baru D-IV UNY di Kampus Gunungkidul

Sejak didirikan pada bulan September 1965, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta) yang sekarang dikenal sebagai Universitas Negeri Yogyakarta sesuai dengan Keputusan Presiden No. 93 Tahun 1999, semakin mengembangkan dan mengupayakan berbagai inovasi di bidang pendidikan guna menghadapi kemjuan tekonologi yang semakin berkembang setiap harinya.

Universitas Negeri Yogyakarta terhitung sudah memilihi 4 (tiga) kampus yang seluruhnya masih terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diantaranya adalah UNY Pusat yang berlokasi di Karangmalang, UNY Kampus Mandala, UNY Kampus Bantul dan UNY Kampus Wates. Dimana di keempat kampus tersebut tersedia berbagai fasilitas pendidikan yang memadahi untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa.

Rencana pengembangan UNY Gunungkidul via IG @sutrisna.wibawa

Baru-baru ini di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., UNY akan membuka satu kampus baru yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Pembangunan ini merupakan realisasi kerjasama antara UNY dengan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos yang bertujuan untuk pengembangan daerah. Pembangunan Kampus UNY Gunungkidul yang rencananya akan dijadikan sebagai Sekolah Vokasi D-IV UNY terletak di Dusun Kepuh, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul di atas tanah seluas 4,6 hektare. Adapun program studi yang akan ditawarkan nantinya terdiri dari dua Fakultas. Fakultas Teknik terdapat 7 (tujuh) program studi yaitu, Teknik Informatika, Pengelolaan Usaha Rekreasi, Logistik dan Perdagangan Internasional, Bisnis Kreatif, Bisnis Digital, Teknik Boga dan Teknik Busana yang seluruhnya merupakan D-IV dengan masing-masing daya tampung sebanyak 40 kursi. Hampir seluruh prodi yang ditawarkan di Fakultas Teknik di atas merupakan prodi baru. Kemudian ada juga Fakultas Ekonomi dengan Prodi Akuntansi yang sudah terakreditasi A dengan daya tampung sebanyak 80 kursi. Lulusan dari prodi di atas diharapkan nantinya memiliki keterampilan yang kompeten di bidang masing-masing sehingga siap untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Selain itu prodi yang ditawarkan juga sangat rleevan dengan perkembangan teknologi di era industri saat ini.

Seluruh program studi di Kampus UNY Gunungkidul dapat diikuti dengan hanya melalui satu jalur masuk saja, yaitu dengan Seleksi Mandiri (SM) baik itu SM-Prestasi Akademik, SM-Skor UTBK maupun SM-CBT (Computer Based Test). Ada hal yang menarik bahwa kuota sebesar 50% dari total keseluruhan mahasiswa yang diterima di Kampus UNY Gunungkidul akan dialokasikan kepada putra-putri Gunungkidul. Mereka akan dididik untuk memiliki keterampilan siap kerja.

Baca Juga  Mengintip Jurusan Paling Banyak Dihiasi Kaum Hawa Di Fakultas Teknik UNY

Untuk biaya pendidikan DIV Kampus UNY Gunungkidul sama dengan biaya di Kampus UNY lainnya yaitu berdasar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang tetap mempertimbangkan tingkat kemampuan sosial dan ekonomi orang tua/wali mahasiswa terkait. Selain itu mahasiswa dengan jalur Seleksi Mandiri D-IV akan dikenakan secara otomatis dengan minimal pada UKT III dan juga Uang Pangkal Pembangunan Akademik (UPPA). Bagaimana menarik bukan dengan berbagai program studi yang ditawarkan di UNY Kampus Gunungkidul ?

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X