OpiniPojok #UNYu

Jelajah Dunia Lewat Jurusan Bahasa

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia perfilman Indonesia semakin menunjukkan wajah cerahnya.  Tidak kalah dengan film-film asal Hollywood, film karya asli anak bangsa mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Tema-tema budaya, religi, komedi dan tentunya kisah asmara banyak diangkat. Banyak dari film tersebut mengambil setting di luar negeri. Hal ini tak pelak meningkatkan keinginan masyarakat untuk dapat berkunjung ke luar negeri. Contoh tersebut hanyalah satu dari sekian banyak dampak kemajuan  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Seni yang menyebebkan penyusutan dunia. Artinya bahwa batas-batas antarnegara di dunia hampir sudah tidak terlihat lagi. Berbagai kerjasama dijalin guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDA) Indonesia agar mampu membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Baca Juga  Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan

Jelajah Dunia Lewat Jurusan Bahasa

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), salah satu yang telah banyak mengirimkan mahasiswanya ke luar negeri. Jika fakultas lain harus berkompetisi melalui perlombaan untuk bisa ke luar negeri, FBS dengan kekhasannya menekuni bidang kebudayaan dibarengi dengan kemampuan berbahasa asing, telah banyak menjalin kerjasama internasional. Setiap tahunnya FBS mampu mengirimkan mahasiswanya baik ke wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, Australia dan Eropa, untuk belajar sekaligus mempromosikan budaya Indonesia.

baca juga : 15 Mahasiswa FBS UNY Kunjungan Studi Sambil Jelajah Jerman

Pada sebagian kecil sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), jurusan Bahasa dianggap sebagai jurusan buangan dibandingkan dengan jurusan sains dan ilmu sosial. Stereotip ini tentu terpatahkan dengan kenyataan bahwa banyak siswa dari jurusan Bahasa juga mampu mengharumkan nama bangsa di luar negeri. Banyak pula terjadi siswa dari jurusan sains maupun ilmu sosial memilih untuk mengambil jurusan bahasa pada jenjang perguruan tinggi. Kemampuan berbahasa yang baik menjadikan mahasiswa dari jurusan bahasa lebih siap untuk melakukan interaksi dengan masyarakat asing, tentu dengan dibekali dengan keterampilan yang lain seperti keterampilan berkomunikasi serta pemahaman budaya. Akhirnya dapat dikatakan bahwa jurusan Bahasa memiliki peluang yang lebih tinggi agar seseorang mampu menjelajah dunia.

Baca Juga  Dilan(da) Skripsi dan Revisi

Emma Safitri

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X