Bionic UNY Gelar Stadium General: Burung Raptor | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Bionic UNY Gelar Stadium General: Burung Raptor

Bionic UNY Gelar Stadium General: Burung Raptor

Setelah sukses dengan kegiatan Festival Burung Pantai 2017 kemarin, UKM-FMIPA Kelompok Pengamat Burung Bionic UNY menggelar acara Stadium General: Burung Raptor pada hari Jumat (2/11) di Laboratorium Astronomi FMIPA UNY. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dan masyarakat umum tentang pengertian burung raptor, cara mengidentifikasi burung raptor serta distribusi raptor di Indonesia dan Yogyakarta. Kegiatan ini juga sebagai persiapan untuk monitoring atau pengamatan burung raptor migran di wilayah Yogyakarta.

Peserta pada acara Stadium General: Burung Raptor ini sebanyak 30 orang dari berbagai instansi, antara lain perwakilan dari Institut Pertanian Yogyakarta (INTAN), KSB Atma Jaya, Kelompok Studi Satwa Liar UGM, Biolaska UIN Sunan Kalijaga dan KPB Bionic UNY serta mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca Juga  Mahasiswa FT UNY Ciptakan Alat Pemungut Sampah di Aliran Sungai

Kegiatan ini dibuka oleh Alfiana Cahyaningrum selaku MC, kemudian sambutan dari Dwi Kurniasari selaku ketua panitia kegiatan. Memasuki acara penyampaian materi, Aghnan Pramudihasan selaku moderator memperkenalkan dua pembicara yang sudah berkecimpung di dunia perburungan daerah Yogyakarta khususnya burung raptor.

Pembicara yang pertama adalah Asman Adi Purwanto, anggota dari Raptor Indonesia (RAIN) dan juga anggota dari Asian Raptor Research and Conservation Network (ARRCN). Beliau juga penulis dari buku berjudul Panduan Lapang Burung Pemangsa di Kawasan Konservasi Balai Besar KSDA Jawa Timur. Dalam kesempatan ini, beliau memberikan materi tentang Burung Raptor dan Identifikasi Burung Raptor.

Pembicara yang kedua Rahmadiyono Widodo, anggota KPB Bionic UNY yang saat ini menjadi koordinator Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ). Kegiatan survei elang migran dan survei populasi Elang Jawa sudah pernah dilakukan pembicara kedua ini. Materi tentang Distribusi Burung Raptor di Yogyakarta pun dipilih untuk disampaikan di acara Stadium General: Burung Raptor.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Juli 2016

Setelah sesi tanya jawab yang berlangsung cukup menarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta, panitia membuat kuis berhadiah poster burung karya Birdpacker. Ali Mustofa Saifudin dari Intitut Pertanian Yogyakarta dan Mega dari Universitas Negeri Yogyakarta berhak memperoleh poster setelah berhasil menjawab kuis dari panitia.

Follow up dari kegiatan ini adalah pengamatan burung raptor yang akan dilaksanakan di Bukit Jarum Kaliurang pada hari Minggu (5/11). Peserta yang sudah konfirmasi untuk acara pengamatan burung raptor migran ini sudah melebihi kuota sehingga ditutup demi keamanan dan kenyamanan berkegiatan. Panitia menyediakan opsi lain yaitu Sabtu (4/11) untuk pengamatan burung raptor migran di Watu Goyang Imogiri Bantul. (Aghnan)

Baca Juga  Upacara 17-an Dengan Konsep Bhineka Tunggal Ika

About admin

UNY COMMUNITY – Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY – kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Autodays 2017

HIMA Otomotif Proudly Present Autodays 2017 Way To Reborn The Beginner Autodays kembali hadir menyapa …