BOTANI ; Batik Modern dalam Tas Unik Karya Mahasiswa UNY | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / BOTANI ; Batik Modern dalam Tas Unik Karya Mahasiswa UNY

BOTANI ; Batik Modern dalam Tas Unik Karya Mahasiswa UNY

Fashion berkembang begitu pesat, sehingga definisi fashion tidaklah terbatas pada bagaimana cara orang berpakaian, tetapi kini fashion juga mencakup hal-hal lain dan salah satunya adalah tas.  Tas merupakan wadah tertutup yang bisa dibawa bepergian.  Saat ini tas tidak hanya merupakan kebutuhan namun juga menjadi pelengkap dan pendukung penampilan dalam berbagai kegiatan baik formal maupun nonformal.  Dengan semakin berkembanganya fashion, model dan jenis tas pun juga semakin berkembang yang tentunya hal tersebut dapat menambah nilai penampilan dari seseorang.

BOTANI (Batik Modern dalam Tas Unik) merupakan hasil karya dari 4 (empat) orang mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Rizki Shinta Puspita Sari (Fakultas Ekonomi), Ayu Dian Lestari (Fakultas Ekonomi), Husna Munawar Sihono (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) serta Ekie Aulia Abdurrahman (Fakultas Teknik).  BOTANI diwujudkan dalam bentuk tas yang terbuat dari kain goni serta kain batik modern.  Tas tersebut mereka beri brand atau merk BAGONI. Bagoni terdiri dari 2 kata yaitu Batik dan Goni yang merupakan bahan dalam pembuatan tas tersebut.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Ciptakan (Q-Dros) Mesin Penanam Kacang Kedelai Praktis dan Efisien

 

Adanya perkembangan dunia fashion khususnya tas tersebut menjadi kesempatan bagi Tim BOTANI untuk membuat produk tas yang inovatif serta diinginkan masyarakat di era modern saat ini.  Kain goni yang digunakan merupakan jenis kain goni yang baru sehingga kebersihannya.  Kain goni tersebut  diberi warna dengan menggunakan pewarna alami dari berbagai jenis kayu-kayuan antara lain kayu jolawe, tegeran, dan merbau.  Sehingga kain goni tersebut tidak lagi memiliki warna seperti goni pada umumnya, melainkan sudah berubah warna sesuai dengan pewarna alami yang digunakan.

Alasan pemilihan kain goni disebabkan karena kain goni memiliki tekstur yang unik, selain itu karena Tim BOTANI ingin memaksimalkan pemanfaatan kain goni, dan kain goni yang digunakan juga berbeda dengan goni yang ada di pasaran karena goni yang digunakan merupakan jenis goni baru yang sudah diberi warna dengan pewarna alami sehingga lebih rapi dan bernilai jual tinggi.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Menangkan Sayembara Logo UIN Alauddin

Sasaran pemasaran produk ini yaitu untuk masyarakat umum khususnya wanita.  Dalam proses pemasarannya Tim BOTANI melakukan promosi dan pemasaran dengan cara langsung maupun tidak langsung. Promosi secara langsung yaitu dengan cara menyampaikan informasi dari mulut ke mulut, serta melakukan penjualan secara langsung. Promosi tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti instagram, whatsapp, dan melalui beberapa online shop seperti tokopedia dan belanja.com, sehingga produk kami dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat di luar Indonesia dan diharapkan dapat bersaing dengan produk tas lain baik lokal maupun internasional.

Tim BOTANI merupakan salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausaah yang berhasil dan lolos didanai Dikti. Dengan adanya kegiatan PKM ini Tim BOTANI berharap agar nantinya usaha yang dijalankan dapat terus tumbuh dan berkembang serta selalu meciptakan inovasi-inovasi terbaru. (Rizki Shinta P S)

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Dua Gelar Taekwondoin Terbaik Kejurda TI DIY

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Pentingnya Membeli Asuransi Kesehatan bagi Keluarga Kita

Asuransi kesehatan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan kamu. Dengan asuransi kesehatan, kondisi kesehatan …