Buat Kamu Calon MABA, Ini alasan Kenapa Harus Kuliah di UNY | UNY COMMUNITY
Saturday , 24 June 2017
Home / Pojok #UNYu / Buat Kamu Calon MABA, Ini alasan Kenapa Harus Kuliah di UNY

Buat Kamu Calon MABA, Ini alasan Kenapa Harus Kuliah di UNY

Apa kabar kamu calon MABA Se Indonesia? Apa kalian sudah memikirkan mau masuk universitas mana untuk meneruskan langkahmu mengapai cita-cita? Dari sekian banyak universitas yang ada di Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu universitas favorit bagi banyak calon MABA. Berada di Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota pelajar, UNY menawarkan pengalaman hidup dan belajar yang berbeda dari universitas favorit lainnya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kalian harus Kuliah di UNY

 1. Karena UNY dan Jogja itu satu

Peta-UNY_0_0
Peta Kampus UNY

UNY dan Jogja memang tak terpisahkan. Ya gimana mau pisah, lha lokasinya aja emang di Jogja. Kebayang kan serunya bisa menuntut ilmu di Kota Pelajar, Jogja? Banyak orang (terutama mereka yang di luar Jogja) mengidamkan dapat kuliah di Jogja, terutama UNY. Mendengar kata Jogja pasti terbersit keyword ‘nyaman’. Yups. Saat kamu menjadi mahasiswa UNY, di situ sesungguhnya aktualisasi dirimu sebagai bagian dari Jogja juga terbentuk. Artinya, bisa deh dibilang kamu mempunyai kesempatan mengukir sejarah di tempat yang nyaman, romantis, dan bersahaja ini.

2. Kampus Multikultural

DSC_1643
global culture festival uny

Seperti yang udah disinggung di atas bahwa banyak pelajar dari berbagai provinsi di Indonesia memilih UNY sebagai kampus akademik mereka. Gak salah deh ya kalau berbagai suku bangsa ada di sini. Nuansa multikultural bukan saja terlihat dari penghuninya, melainkan juga dilihat dari event-event budaya yang sering digelar di UNY, seperti teater, tari, pertunjukan drama, sastra, seminar budaya, dan festival akbar budaya yang pernah terselenggara di GOR UNY. Seperti pernah dikatakan Prof. Suminto A. Sayuti, Guru Besar UNY, dalam sebuah seminar budaya bahwa Kampus tanpa budaya adalah kebun binatang.

 3. Dosen Kompeten

Pelantikan pejabat di UNY
Pelantikan Pejabat UNY

Para pencetak generasi bangsa yang berkualitas, tentu tidak lepas dari peran dosen yang mumpuni. Yes. UNY memiliki setidaknya lebih dari 50 guru besar yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Para mahasiswa ditempa berbagai tugas dari dosen yang tentunya memiliki tipe pengajaran berbeda. Tujuannya positif, yaitu untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas kemampuan dan emosinya. Dosen-dosen di UNY adalah dosen kompeten dari almamater univeristas kenamaan di Indonesia bahkan dunia, lho. Jadi, bisa dipastikan bahwa kualitas kecerdasan mahasiswanya pun tidak diragukan.

baca juga : Pendaftaran Mahasiswa Baru UNY 2016

 4. Kampus Idaman para Calon Guru

PELEPASAN PESERTA SM3T UNY
Pelepasan peserta SM3T UNY

Berbagai jurusan dari fakultas-fakultas di UNY memang memiliki ranah jurusan kependidikan. Tapi jangan salah, ranah ilmu murni pun ada di sini. Mereka yang memiliki impian menjadi guru berkualitas akan memantapkan hati memilih UNY. Wajar, karena jurusan-jurusan di UNY lumayan seabreg, yaitu lebih dari 50 jurusan. Bervariasinya jurusan tersebut tentu memudahkan para calon guru untuk menentukan jurusan mana yang tepat dan sesuai dengan kemampuan diri. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kuantitas pendaftar mahasiswa baru setiap tahunnya di UNY dari berbagai daerah di Indonesia. Menjadi kampus idaman para calon guru juga dapat dilihat dari segi ekonomisnya, lho. Benar bahwa di UNY merupakan kampus yang ramah biaya dan memiliki banyak peluang bagi mahasiswanya untuk mendapatkan beasiswa. Melalui penampilan fisik UNY alias gedung-gedungnya juga menjadi daya pikat tersendiri lho. UNY memiliki fasilitas gedung perkuliahan yang baik, bersih, dan nyaman. Masing-masing fakultas telah dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, ada GOR yang memiliki banyak fungsi seperti salah satunya menjadi tempat wisuda.

 5. Lulusan UNY Memikat Sekolah-sekolah di Indonesia

HUM_5730
Wisuda UNY

Banyak calon guru di Indonesia yang lulus dari berbagai universitas keguruan. Tapi sesungguhnya tidak lebih dari 10 universitas keguruan ternama di Indonesia yang memiliki almamater berkualitas dan salah satunya adalah UNY. Saat memasuki dunia kerja, di situlah persaingan semakin kompetitif. Almamater universitas menjadi amat sangat menentukan nasib seseorang saat melamar pekerjaan termasuk menjadi seorang guru. Pada umumnya, sekolah kenamaan atau favorit atau kadang disebut RSBI, selalu memperhatikan kualitas pengajarnya melalui almamater universitas mana sebelumnya. Tapi tenang, lulusan UNY telah membuktikan bahwa dari sanalah salah satunya, UNY, mampu memikat sekolah-sekolah di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

baca juga :  Tempat Kuliner Favorit Mahasiswa UNY

 6. Prestasi Gemilang

10402407_414056945445215_8062100510411104196_n
Garuda UNY Racing Team

Soal prestasi, UNY memiliki seabreg prestasi yang mungkin tidak akan tuntas dicatat dalam kurun waktu seminggu. Prestasi tingkat nasional maupun internasional telah tercipta di UNY dan yang terbaru adalah  Prestasi dari Garuda UNY Racing Team mendapatkan juara “Best of the Best” hybrid dalam 2015 ISGCC (Korea) . Berbagai prestasi itu pun datang dari berbagai bidang, seperti di bidang seni, bahasa, teknik, olahraga, dan disiplin ilmu eksak lainnya. Banyaknya prestasi di UNY pasti jadi daya tarik sendiri buatmu, kan? Saat kamu menjadi mahasiswa UNY, maka tidak ada batasan bagimu untuk berprestasi sepanjang usia matahari ha.ha. Eh, tapi bener lho silakan aktualisasikan dirimu selagi masih muda.

 7. UKM Sejati dan Teman Sejati

SC UNY
STUDENT CENTER Rumahnya anak UKM UNY

Lagi-lagi tentang aktualisasi diri, nih. Kamu tidak hanya bisa berjaya di bidang akademik saja, melainkan melalui bakat pun bisa tuh mengukir prestasi. Yups. UNY memiliki UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang beragam. UKM ini mewadahi bakat mahasiswa yang ingin memiliki kesibukan di luar jam kuliah. UKM bidang olahraga, seni, eksak, religi, alam, teater, bahkan kepenyiaran melebur jadi satu di Gedung Student Centre. Melalui UKM ini kamu bisa lho menemukan teman sejatimu. Teman hidup juga boleh..ha..ha..

 So, Masih Ragu Menjadi mahasiswa UNY ?

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Lakukan Hal Berikut Ini Saat Kamu Diterima Menjadi MABA UNY

Selamat untukmu, #UNYu yang sudah berhasil lolos seleksi masuk perguruan tinggi bergengsi, UNY, mengalahkan ribuan …