Camaba 2019 Wajib Baca; Ini Dia Animo PMB UNY 2018 ! | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / Pojok #UNYu / Camaba 2019 Wajib Baca; Ini Dia Animo PMB UNY 2018 !

Camaba 2019 Wajib Baca; Ini Dia Animo PMB UNY 2018 !

Tahun 2018 akan segera berganti. Jadi sudah siapkah kamu, ‘calon mahasiswa baru’  untuk saling berkompetisi memenangkan tiket masuk perguruan tinggi impian ?

Sistem Seleksi masuk perguruan tinggi yang wacananya akan dirombak, menuntut kamu harus segera berkemas dan jeli dalam menentukan strategi.

Persaingan yang semakin kompetitif bagi calon mahasiswa membuat info-info yang reliable sangat dibutuhkan, khususnya bagi kamu calon mahasiswa yang berniat dan berminat mengejar impiannya di Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri yang sekarang menjadi kampus Eks IKIP ini memiliki tujuh fakultas dimana masing-masing fakultas memiliki ciri kedisiplinan ilmu yang beraneka ragam.

Suasana PKKMB UNY 2018 / via : galeri.uny.ac.id

Lalu bagaimana gambaran peta persaingan pendaftar PMB UNY tahun 2018 ?

Berikut ulasannya :

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Sebagai salah satu jalur ‘awal’ seleksi masuk, SNMPTN  yang dasar seleksinya menggunakan nilai raport tentunya menjadi ajang rebutan dan pergulatan seluruh siswa tingkat akhir di Indonesia.

Pada PMB UNY 2018, Jalur SNMPTN sendiri diperebutkan oleh sekitar 41.856 siswa dari seluruh Indonesia. Dengan hasil akhir 1.661 orang yang diterima berarti dapat dirumuskan bahwa tingkat persaingan SNMPTN UNY adalah 1:26.

Kemenristekdikti sendiri mengabarkan jika sistem penerimaan jalur SNMPTN menggunakan standar baru, yaitu berupa kuota yang semula 30% menjadi 20% .

  1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN )

Jalur masuk yang lain selain seleksi nilai rapor adalah ujian bersama model tes tertulis bernama SBMPTN. Jalur seleksi satu ini juga diwacanakan perombakan model dan sistemnya pada tahun yang akan datang.

Baca Juga  Ketika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, 4 Langkah ini Akan Menyelamatkan Hatimu

Animo SBMPTN UNY 2018 sendiri dapat dikatakan sanggat banyak karena mencapai angka 63.615. Dengan angka animo sebanyak itu, pada tahun 2018 sendiri hanya sekitar 1.992 orang yang berhasil merebut ‘golden tiket’ masuk UNY.

Dari sekitar penyaringan seribu orang tersebut berarti tingkat persaingan jalur SBMPTN UNY mencapai 1:32.

  1. Seleksi Mandiri (SM )

Pada beberapa universitas, pihak kampus mengeluarkan kebijakan untuk melakukan penjaringan calon mahasiswa melalui ujian mandiri atau karib disebut Seleksi Mandiri.

Tidak terkecuali pihak Kampus UNY ,Kampus yang berlokasi di kawasan Karangmalang ini pada tahun akademik 2018 menggunakan tiga sistem seleksi mandiri yaitu :

  1. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi
  2. Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis
  3. Seleksi Mandiri Jalur Nilai Sbmptn

Pada masing-masing jalur seleksi mandiri memiliki tingkat persaingan dan animo yang berbeda-beda.

Jalur seleksi mandiri berbasis ujian tulis menjadi jalur yang sangat diminati pada PMB 2018 karena direbutkan kursinya oleh sekitar 40.172 Calon Mahasiswa. Dengan  jumlah yang diterima mencapai 1.931. Ujian tulis UNY tahun 2018 memiliki tingkat keketatan 1:21 orang.

Baca Juga  7 Maskot Fakultas di UNY yang Perlu Kamu Ketahui

Beralih pada jalur selanjutnya, yaitu jalur seleksi mandiri berdasarkan prestasi yang pernah diperoleh calon mahasiswanya baik tingkat regional bahkan internasional. Pada jalur SM Prestasi, UNY menerima 510 mahasiswa baru dari 2.363 Pendaftar. Dengan demikian, SM Prestasi UNY memiliki tingkat persaingan 1:5.

Dijalur berbasis nilai SBMPTN yang pernah diikuti sebelumnya baik dalam pilihannya terdapat UNY atau tidak, kursinya diperebutkan oleh 23.338 pendaftar dengan jumlah diterima hanya 477 orang. Dengan jumlah yang begitu fantastis, SM SBMPTN UNY memiliki persaingan 1:49.

Demikian ulasan singkat mengenai PMB UNY tahun 2018. Tingkat persaingan yang semakin ketat tiap tahun menjadi ‘reminder’ bahwa kalian harus terus semangat mengejar mimpi di Kampus Idaman, khususnya  Universitas Negeri Yogyakarta.

Sedikit pepatah penyemangat berbahasa Belanda :

“Het heilige vuur van ‘enthousiasme verbrandt alle hinderpalen “ yang berarti kurang lebih bahwa perjuangan  yang keras dan antusiasme  yang tinggi  akan membantu kamu membakar semua hambatan .

sumber data : UNYOfficial 

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Tertarik Di Bidang Tarik Suara ? UKM SWARA WADHANA Bisa Menjadi Pilihanmu!

“La bries est duoce ,et sur la mousse .La sources en pleurs verse unne eau …

X