reviewTips

Cara Efektif Menghilangkan Jerawat Dan Beberapa Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Setiap orang terutama kaum wanita tentunya ingin memiliki wajah yang mulus dan bersih tanpa ada jerawat. Walaupun tidak membahayakan jiwa, namun jerawat ini bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri karena penampilan wajahnya menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat yang efektif dan beberapa makanan yang bisa menimbulkan jerawat diantaranya yaitu :

  1. Masker Soda Kue Dan Air

Cara untuk menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker soda kue, soda kue atau baking soda mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan loh. Salah satunya adalah sebagai penyeimbang pH kulit untuk mencegah timbulnya jerawat, dan baking soda juga memiliki antiseptik dan anti inflamasi untuk membantu meredakan jerawat yang meradang. Sehingga, masker soda kueb bisa menjadi salah satu cara yang simple untuk meredakan jerawat yang meradang. Selain itu juga, soda kue dapat mengurangi minyak berlebih sehingga wajah mungkin akan terasa sedikit kering setelahnya. Dengan begitu, anda perlu mengaplikasikan pelembab untuk menghindari rasa tidak nyaman akibat kulit kering pada wajah. Untuk cara pembuatannya juga gampang loh untuk di coba, sebagai berikut ini :

Cara Membuat Dan Memakai :

  • Langkah pertama, campurkan delapan sendor teh soda kue dan air hingga berbentuk pasta.
  • Lalu, cucilah wajah dan keringkan dengan benar. Kemudian aplikasikan masker pada wajah.
  • Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.
  • Lakukan perawat ini sebanyak 2 kali seminggu, hingga jerawat yang membandel bersih.
  1. Menggunakan Es Batu
Baca Juga  Kudo, Pilihan Tepat Belanja Baju Online

Cara untuk menghilangkan jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan es batu, dengan es batu tentunya jerawat yang memerah akan hilang dalam semalam. Anda hanya perlu menggunakan kain untuk menampung beberapa es batu, lalu letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberpa menit, dan ulangi cara tersebut hingga kemerahan tersebut hilang. Selain itu pastikan jangan menekan terlalu kecang, karena hal tersebut dapat melukai jerawat dan dapat menyebabkan bekteri menyerang di bagian tersebut.

Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

  1. Nasi Putih

Dalam hal ini, bukan hanya nasi putih saja yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, namun semua jenis olahan makanan yang berasal dari beras putih juga bisa menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan akan membuat kadar gula dalam darah naik drastis. Dimana tubuh akan mengolah karbohidrat dari beras ini menjadi glukosa, dan saat glukosa melekat pada kolagen, maka kolagen akan menjadi rusak karenanya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi nasi putih maupun makanan olahan dari beras supaya terhindar dari timbulnya jerawat.

  1. Makanan Tinggi Gula
Baca Juga  Cari Kost Ekslusif Jogja Harga Mahasiswa ? Cari di Mamikos Aja

Memang mengonsumsi buah-bauhan asli sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi tidak halnya dengan buah kering yang sudah dipadati oleh karbohidrat/gula tinggi. Selain itu, jika ingin mengonsumsi buah-buahan, maka pilihlah buah-buahan yang segar. Bukang hanya itu, hindari juga mengonsumi makanan yang bisa menyebabkan jerawat seperti jus, pasta, permen, soda, smoothies, kraker, sirup, dan sereal.

  1. Susu Skim

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa nutrisi dan protein susu (whey dan kasein) bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan, pada saat produsen susu menghilangkan lemak susu, biasanya mereka akan menambahkan lebih banyak protein supaya ciata rasa susu menjadi lebih enak dan lezat. Saat protein susu mengikatkan diri ke reseptor saluran pencernaan, maka akan muncul sinyal tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat. Bukan hanya susu skim, namun bubuk whey protein juga bisa berpotensi untuk timbulnya jerawat.

Itulah cara efektif menghilangkan jerawat dan beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat. Dengan mengikuti salah satu cara diatas dan menghindari beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat, maka dijamin kulit wajah akan terbebas dari jerawat.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X